Mengenal Pengertian Hosting dan Jenis-Jenisnya

Bagikan :

pengertian hosting

Bagi sebagian orang pasti pernah mengenal kata-kata hosting, mungkin anda yang pernah membuat sebuah blog atau website pasti mengetahui apa itu hosting. Disini kita akan menjelaskan tentang pengertian hosting dan peran hosting dalam website.

Tentu saja sebuah website yang berjalan akan ada ikatannya dengan hosting, selain hosting kita juga membutuhkan domain yang membuat website mudah untuk dikenali. Bagi kebutuhan bisnis atau perusahaan pasti membutuhkan hosting untuk dapat mengelola website dengan baik.

Pengertian Hosting

Singkatnya pengertian hosting adalah sebuah layanan online yang memungkinkan pengguna dapat membagikan atau mempublikasi sebuah website atau aplikasi berbasi web pada internet. Hosting memiliki tugas sebagai penyimpan data agar website kita bisa berjalan dengan baik dan menjamin perawatan website dengan baik, namun tidak semua hosting dapat mudah didapat apalagi gratis kita perlu menyewa sebuah hosting.

Tanpa sebuah hosting website anda tidak akan berjalan secara baik dikarenakan mereka bedua tidak bisa dipisahkan dan saling berkaitan. Jika hosting bertugas penyimpan data website kita maka domain sangatlah berbeda dengan hosting, pasalnya domain memiliki tugas sebagai pengubah alamat web tersebut untuk memudahkan kita mengingat nama website yang kita buat. Contohnya : .com, .org, .gov, .sch.id, dan masih banyak lagi yang bisa dijumpai pada internet.

Fungsi Hosting

Setelah mengenal pengertian hosting, sekarang saatnya anda mengetahui apa saja fungsi hosting. Selain sebagai penyimpan data website hosting juga memiliki fungsi lainnya, mari kita simak penjelasan dibawah:

1.Membuat Website

Fungsi utama hosting adalah memungkinkan pengguna membuat sebuah website dan menyimpan data-data dan informasi website tersebut pada hosting. Sehingga dengan hosting yang tersedia di internet kita dapat menyewa dan website yang kita buat bisa ditampilan pada search engine google agar dapat diakses oleh semua orang.

2.Membuat E-Mail

Fungsi kedua selain dapat membuat sebuah website, hosting juga dapat membuat sebuah email profesional seperti email perusahaan atau instansi dengan menggunakan nama domain sendiri atau nama yang anda inginkan. Contohnya seperti email Peta Network: info@peta­-­­network.com.

3.Memberikan Keamanan Ekstra

Terakhir fungsi hosting juga dapat memberikan keamanan ekstra website kita agar terhindar dari serangan malware, virus, ataupun serangan hacker seperti DDoS maupun spam. Dengan hosting website anda akan dipasang sebuat sertifikat SSL (Secure Socket Layer) supaya website kita aman dan berjalan dengan baik.

Jenis-Jenis Hosting

Pada saat ini banyak sekali jenis-jenis hosting yang perlu anda ketahui, jika anda ingin membuat sebuah website mari simak jenis-jenis hosting agar anda lebih bijak dalam memilih sebuah hosting yang cocok dengan kebutuhan anda.

1.Shared Hosting

Pada urutan pertama kami menyarankan menggunakan shared hosting, shared hosting sangatlah populer dikalangan web developer dan cocok untuk pemula. Hosting ini sangatlah cocok digunakan untuk website baru dan tidak terlalu banyak traffic, harga nya pun cukup murah sehingga tidak akan berat dikantong.

Namun kekurangannya hosting ini mengharuskan kamu untuk berbagi server hosting dengan user lain, jadi jika traffic pada server tersebut tinggi maka akan berpengaruh dengan performa website kita.

2.Cloud Based Hosting

Hosting ini menggunakan teknologi cukup baru dikarenakan hosting ini menggunakan banyak sekali server bekerja bersamaan namun terlihat seperti satu server saja. Sehingga hosting ini banyak diminati oleh developer karena tidak memiliki downtime, bayangkan saja jika salah satu server sedang sibuk maka traffic akan dipindahkan ke server lain dalam satu lingkup yang sama.

3.VPS Hosting

VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server adalah hosting yang berada di titik tengah antara dedicated hosting dan cloud based hosting. Pasalnya pengguna dapat menggunakan fitur dari dedicated dengan range harga yang sama seperti cloud based hosting. Kelebihan hosting ini adalah jika traffic website kita tinggi maka tidak akan berpengaruh ke website lainnya yang masih dalam satu lingkungan yang sama.

4.Wordpress Hosting

Hosting ini adalah jenis lain dari shared hosting, mengapa demikian? Karena website ini difungsikan untuk para pengguna website dari wordpress. WordPress Hosting memberikan layanan seperti pembaruan instalasi wordpress untuk membantu website kita agar tidak mudah diretas dan memperkuat keamanan website kita. Jenis hosting ini sangat cocok untuk para pemula karena harganya yang termasuk murah dibandingkan hosting lainnya, dan penggunaan wordpress yang sangat mudah.

Cara Kerja Hosting

Kami akan menjelaskan secara singkat bagaimana hosting dapat bekerja. Pertama dimulai dari perusahaan hosting yang membuat sebuah server yang digunakan untuk menyimpan data-data dari website internet agar dapat di akses oleh siapapun. Kita sebagai client atau pengguna akan menyewa sebuah paket hosting yang disediakan oleh perusahaan layanan hosting, istilahnya kita akan menyewa sebuah server fisik yang bertugas sebagai penyimpan data.

Setelah kita menyewa maka kita akan otomatis diberi sebuah fitur yang bernama CPanel yang memiliki fungsi sebagai pengunggah data atau file ke server tersebut. Lalu ketika kita sudah memiliki sebuah website yang berdomain tinggi maka secara otomatis hosting akan memilih server terbaik agar website kita dapat berjalan dengan baik walau traffic cukup tinggi.

Lalu, website yang kita buat akan mudah terlihat di search engine google sehingga para peselancar internet dapat melihat website kita.

Demikian penjelasan dari kita tentang pengertian hosting dan jenis-jenisnya, bagaimana apa setelah membaca artikel ini anda berminat untuk membeli sebuah hosting dan membuat website sendiri ? Semoga bermanfaat dan nantikan artikel kita selanjutnya.

Artikel Lainnya

ip camera adalah

Perbedaan IP Camera dengan Camera Analog

CCTV adalah salah satu perangkat yang digunakan sebagai pengamat, pengintai maupun perekam dalam bentuk kamera yang dipasang pada sisi-sisi tertentu demi keperluan keamanan. Namun pernahkah anda mengetahui tentang IP Cam? Jika belum mari kita pelajari tentang IP Cam atau IP Camera!

Read more »

Mau Konsultasi?

Kami telah melayani berbagai jenis pekerjaan di berbagai kota di Indonesia, 
tim kami siap untuk membantu memberikan solusi setiap permasalahan IT anda.