6 Tips Mudah, Agar Komputer Kita Terhindar dari Virus

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Tips Menghindari Virus

Apakah komputer Anda lemot dan performanya menurun? Kemungkinan besar komputer Anda terdapat virus-virus yang berbahaya dan jarang terdeteksi. Lalu bagaimana cara mengamankan komputer kita agar terhindar dari virus, yuk simak artikel dibawah ini yang membahas tentang tips menghindari virus di komputer kita.

Pengertian Virus

Pengertian virus sendiri dalam komputer ialah, sebuah program yang  dapat menghilangkan atau merusak suatu file yang ada dalam komputer kita. Virus biasanya dapat masuk ke komputer kita melalui sebuah file yang kita download pada situs web yang tidak aman atau bisa dikatakan ilegal.

Oleh karena itu, kita harus dapat pintar-pintar memilih situs web dikala kita mau mendownload sebuah file yang kita inginkan. Virus komputer juga dapat kita hilangkan dengan menginstal sebuah program anti virus dalam komputer kita.

Berikut beberapa contoh virus yang sering sekali ada di dalam sebuah komputer:

Ransomware

Ransomware adalah serangan malware yang menggunakan metode enkripsi untuk menyimpan dan menyembunyikan informasi korban sebagai tahanan. Malware ransomware akan mengenkripsi data penting dan perangkat korban dengan kunci yang hanya dimiliki oleh pelaku kejahatan siber itu. Dengan begini kita jadi tidak dapat membuka file yang terenskripsi tersebut.

 

Trojan

Trojan adalah malware yang mampu menyamar untuk memasuki komputer hingga menyerang server website. Virus ini biasa kita dapati dari situs ilegal yang biasa di gunakan untuk phising.

 

Tips Menghindari Virus pada Komputer Kita

1. Install dan Gunakan Antivirus

Ada berbagai merek anti virus yang dapat kita instal pada komputer kita. Tapi saya pribadi merekomendasikan anti virus avast. Avast merupakan salah satu program anti virus yang dapat kita instal secara gratis di website resminya. 

 

2. Lakukan scan anti virus secara berkala

Dengan melakukan scan anti virus secara berkala dapat menurunkan risiko komputer kita terkena virus. Dengan melakukan scanning kita juga dapat mengetahui bila ada suatu virus di komputer kita, dan dapat menghapus virus tersebut.

 

3. Aktifkan firewall pada windows

Pada dasarnya firewall merupakan sebuah program yang dapat mencegah suatu program ilegal masuk ke dalam jaringan komputer pribadi kita. Firewall juga dapat didefinisikan sebagai tembok pembatas bagi program ilegal atau sebuah virus untuk dapat memasuki komputer kita. Oleh karena itu firewall juga berperan penting untuk menghalau komputer kita dimasuki virus.

 

4. Hindari sembarangan menginstall aplikasi

Aplikasi merupakan sebuah software yang dapat kita jalankan pada suatu komputer. Tetapi bila kita sembarangan menginstal aplikasi, komputer kita akan jadi sangat rentan terhadap serangan virus. Itu dapat terjadi karena bisa saja terdapat sebuah virus dalam aplikasi tersebut. Dengan kita menjalankan aplikasi tersebut mungkin kita juga mengaktifkan virus tersebut. 

 

5. Hindari menginstall sembarang file

Virus juga dapat menyusup kedalam sebuah file yang kita download dari website tidak resmi atau ilegal. Dengan kita menghindari mendownload file dari website yang tidak jelas, kita juga dapat menurunkan risiko komputer kita dimasuki sebuah virus. Kita juga harus berhati-hati di saat kita akan mendownload sebuah file di internet. Pastikan firewall kita menyala agar kita dapat terhindarkan dari kemasukan virus pada komputer kita. Contoh file yang berbahaya adalah file cheat untuk sebuah game, atau beberapa file skrip yang sering terdapat pada internet.

 

6. Selalu Update Windows/Sistem Operasi yang Anda Pakai

Kita juga harus selalu mengupdate windows atau os apapun yang kita pakai. Bila Anda saat ini masih memakai windows atau os apapun versi lama, segeralah kita mengupdate os tersebut agar kita dapat menurunkan risiko komputer kita terkena virus.

 

Kesimpulan

Dengan kita melakukan tips menghindari virus di atas, kita dapat menghindarkan komputer kita dari jangkauan virus apapun itu. Kita harus selalu agar komputer kita terhindar dari berbagai macam virus agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan contohnya adalah, kita dapat kehilangan sebuah file yang mungkin sangat penting bagi kita. Oleh karena itu marilah kita memperkuat pertahanan komputer kita dari virus-virus tersebut.

Artikel Lainnya

Pengertian Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat, dan Jenis – Jenisnya

Mungkin anda pernah mendengar kata LAN,WAN, dan MAN. Setelah mendengar kata itu pasti anda bertanya tanya, apa itu MAN LAN dan WAN ? , tahukah anda apabila mereka jaringan komputer? Jika anda belum tahu simak artikel ini baik baik karena akan membahas tentang pengertian jaringan komputer, manfaat jaringan komputer , macam macam jaringan komputer, dan contoh jaringan komputer.

Read more »

Mau Konsultasi?

Kami telah melayani berbagai jenis pekerjaan di berbagai kota di Indonesia, 
tim kami siap untuk membantu memberikan solusi setiap permasalahan IT anda.