Bagaimana Cara Mengecek Kecepatan Internet Kita?

Bagikan :

mengecek kecepatan internet

Anda pasti sekarang sedang menikmati layanan internet ditempat Anda, bagaimana apakah Anda sadar dengan kecepatan internet yang sedang Anda gunakan pada saat ini? Pada Jaringan kecepatan internet tersebut biasa disebut dengan Bandwidth, para penyedia layanan internet (ISP) menyediakan layanan beraneka ragam batasan bandwidth. Lalu mengapa harus ada bandwidth? Dan bagaimana cara mengecek kecepatan internet pada jaringan kita? Mari kita simak artikel dibawah ini.

Pengertian Bandwidth Internet

  Saat kita membahas tentang jaringan internet kita pasti mendapati sebuah kalimat yaitu bandwidth. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang bandwidth internet. Sebelum menuju intinya kita akan membahas dulu apa itu bandwidhth. Apa itu bandwidth? Bandwidth  merupakan sebuah batas maksimum saat kita melakukan transfer data pada satu waktu. Singkatnya bandwidth merupakan kecepatan internet kita pada saat kita mengaksesnya.

Kenapa Harus Ada Bandwidth pada Jaringan Internet?

Berikut ini adalah beberapa fungsi bandwidth yang sangat dibutuhkan oleh jaringan internet:

Sebagai jalur transfer data dalam jaringan internet

Dalam jaringan internet bandwidth dibutuhkan juga sebagai jalur untuk mentransfer data. Bandwidth dapat dijadikan sebuah jalur untuk mentransfer data dari perangkat satu ke perangkat yang lain, agar dapat dilakukan transfer data.

Contoh: kita mengunakan perangkat router atau modem untuk memancarkan jaringan internet melalui wifi ke komputer. Didalamnya terdapat bandwidth sebagai jalur agar komputer dapat mengakses internet.

Membatasi transfer data

Fungsi bandwidth yang kedua dalam internet adalah untuk membatasi besar atau kecepatan dalam transfer data internet. Fungsi ini sering di gunakan oleh administrator data, agar dapat mengoptimalkan kecepatan koneksi internet.

Cara Mengecek Kecepatan Internet

Berikut ini adalah beberapa website yang menyediakan pengukuran kecepatan data maksimal:

1. Speedtest.net

mengecek bandwidth

Speedtest.net adalah salah satu dari beberapa website yang menyediakan pengukuran kecepatan transfer data. Disini kita jadi dapat tahu berapa PING kita, kecepatan unduh kita dalam satuan MBPS, begitu juga kita jadi dapat mengetahui kecepatan unduh kita. Selain kedua poin utama tadi, kita juga dapat mengetahui merek asal provider kita. Dan kita juga dapat mengetahui kita berada di server mana.

(Pada gambar di atas hasil pengukurannya adalah 58.57 Mbps di kecepatan unduh, dan 5,81 Mbps di kecepatan upload)

2. Fast.com

mengecek internet lambat

Berbeda dengan speedtest.net, fast.com memiliki tampilan yang sangat sederhana. Yaitu kecepatan internet kita saat melakukan pengetesan.

(Dalam gambar di atas hasil pengukuran kecepatannya adalah 47 Mbps.)

3. cbn.id atau cbnspeedtest.

cek koneksi internet

Pada website pengukuran yang satu ini tampilanya hampir mirip dengan website speedtest.net. Di website kali ini selain kita dapat mengetahui batas kecepatan unduh dan upload, kita juga dapat mengetahui provider mana yang kita pakai saat ini.

4. Melalui Command Prompt / CMD

melihat koneksi internet

Kita juga dapat mengecek kecepatan internet kita melalui program bawaan Windows yaitu Command Prompt atau CMD. Dengan membuka CMD maka anda diharuskan untuk mengetik perintah seperti: ping 8.8.8.8 -t -l 1000

Setelah itu anda klik enter maka akan muncul tampilan seperti pada gambar diatas. Pada tulisan tersebut tertera “time”, jika time semakin besar maka kecepatan internet anda semakin lambat. Begitu juga sebalikan jika time anda kecil maka kecepatan internet anda sangatlah baik.

Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat kita ambil dalam artikel ini adalah bandwidth di internet dapat berfungsi sebagai jalur lewatnya koneksi internet tersebut. Dengan fungsi tersebut kita juga dapat mengatur besar kecepatan transfer data pada satu waktu dengan bandwidth, lalu kita juga dapat mengecek kecepatan internet kita dengan beberapa cara yang sudah Peta Network sampaikan diatas.

Artikel Lainnya

Konfigurasi DHCP Server Mikrotik

Bagi anda pengguna internet pasti tidak asing dengan platform website yang dikhusus kan untuk membuatan konten seperti wordpress, blogspot, dan lain sebagainya. Namun pernah gak kalian menyadari bahwa website konten tersebut adalah salah satu contoh dari pada CMS, lalu apakah CMS itu sebenarnya ? Mari simak penjelasan dari kami dibawah ini !

Read more »

Mau Konsultasi?

Kami telah melayani berbagai jenis pekerjaan di berbagai kota di Indonesia, 
tim kami siap untuk membantu memberikan solusi setiap permasalahan IT anda.