Teknik Instalasi Jaringan dengan Memperhatikan Kerapian dan Kebersihan

Bagikan :

teknik instalasi jaringan

Pada artikel sebelumnya kita sudah mempelajari bagaimana cara instalasi dan perawatan jaringan lama, namun Peta Network rasa masih kurang cukup dikarenakan ada beberapa tata cara atau teknik instalasi jaringan yang perlu kalian ketahui. Artikel kalin membahas tentang tata cara melakukan instalasi jaringan dengan memperhatikan kerapian dan kebersihan, simak baik-baik!

 

Teori Mengenai Jaringan Komputer

Jaringan Komputer merupakan sistem yang terdiri dari dua atau lebih perangkat jaringan yang saling berhubungan melalui media transmisi sehingga kita sebagai user dapat mendapatkan akses internet dan dapat terhubung dengan perangkat lainnya, hal ini memungkinkan kita dapat saling berbagi data dengan pengguna lainnya melalui perangkat keras maupun aplikasi.

 

Seberapa Penting Jaringan dan Manfaat dari Jaringan

Pentingkah Jaringan Komputer bagi tempat umum maupun tempat usaha? Di era modern seperti saat ini manusia tidak lepas dengan koneksi internet, semua kegiatan perusahaan maupun berbisnis sangat memerlukan koneksi internet. Contohnya bisnis-bisnis besar di Indonesia rata-rata menggunakan koneksi internet untuk mempromosikan segala bentu produk yang akan dijual, termasuk juga perusahaan yang ingin membagikan informasi mengenai perusahaan nya dengan menggunakan media internet.

Tentu saja banyak manfaat dalam menggunakan fasilitas internet, seperti menambah pemasukan dan nilai produktivitas pada perusahaan. Namun ada yang perlu kita perhatikan yaitu tata cara atau teknik instalasi jaringan yang baik agar Infrakstruktur Jaringan di perusahaan kita juga semakin aman dan nyaman untuk digunakan.

 

Teknik Instalasi Jaringan dengan Memperhatikan Kerapian dan Kebersihan

kebutuhan server

Kita sebagai orang awam melihat teknisi yang sedang melakukan instalasi jaringan di lapangan pasti berpikir kalau jaringan dipasang dengan apa adanya, namun hal tersebut adalah salah. Instalasi jaringan bukan hanya melakukan instalasi dan konfigurasi saja namun kita sebagai teknisi juga wajib mengetahui teknik-teknik dalam melakukan instalasi agar infrastruktur jaringan ditempat tersebut tidak semrawut.

Peta Network Memperhatikan Kepuasan Pelanggan dengan cara melakukan instalasi yang baik dan mengutamakan kerapian dan kebersihan. Peta Network dengan senang hati memberikan teknik-teknik yang sering digunakan pada saat melakukan instalasi jaringan, antara lain sebagai berikut:

 

1. Evaluasi Topologi Agar Lebih Terpusat dan Menyeluruh

Sebelum kita melakukan instalasi jaringan yang terpenting adalah memperhatikan topologi terlebih dahulu, jika memungkinkan kita juga harus mengubah topologi yang ada dengan topologi baru yang lebih terpusat dan menyeluruh. Hal utama ini harus kita lakukan agar proses instalasi dan perapian lebih efektif dan efisien.

 

2. Menentukan Letak Peralatan Jaringan dan Perlengkapannya

Setelah melakukan sebuah survei pada tempat yang akan dilakukan pemasangan jaringan, kita akan menentukan tempat peralatan jaringan yang akan dipasang. Alat tersebut meliputi Jalur Kabel, Switch, Access Point, dan lain sebagainya. Hal lain seperti perlengkapan dari peralatan jaringan tersebut juga harus kita perhatikan seperti Rackmount, Rack Server, Bracket, dan lain-lain.

Perlengkapan jaringan berfungsi sebagai pengaman peralatan yang akan kita pasang agar terhindar dari masalah diluar jaringan seperti (kondisi alam, suhu, kerusakan peralatan yang disebabkan oleh hewan).

 

3. Perapian Tata Letak Kabel

Tentu saja pada jaringan kita tidak luput dengan kabel, sedikit maupun banyak kabel yang digunakan kita wajib melakukan perapian. Mengapa demikian? Untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pada kabel yang dapat mengganggu jaringan kita, masalah tersebut terjadi secara tidak terduga. Peta Network biasanya menggunakan Duct, Pipa, dan Spiral Protector untuk perapian pada kabel.

Namun semua bergantung pada medan dan kondisi tempat yang akan dilakukan pemasangan jaringan.

 

4. Menggunakan Peralatan Instalasi yang Baik

Mungkin sepele, setiap kegiatan instalasi jaringan kita juga harus menggunakan peralatan yang memadai seperti bor listrik, bor baterai, dan peralatan lainnya. Jika medan yang kita akan lakukan instalasi adalah bangunan yang sangat tinggi, kita harus menyediakan tangga sendiri agar memudahkan proses intalasi.

Peralatan instalasi lainnya seperti Tang Crimping, LAN Tester, Splicer, OPM & OLS, OTDR juga harus kita sediakan ketikan melakukan instalasi jaringan. Masih banyak peralatan yang harus kita siapkan namun semua bergantung dengan kebutuhan dan medan instalasi jaringan.

 

Kesimpulan

Kegiatan instalasi jaringan bukan sekedar memasang peralatan tanpa memperhatikan aspek lainnya, kita juga harus memperhatikan kerapian dan kebersihan tempat yang akan kita lakukan instalasi jaringan. Hal ini tentu saja sebagai nilai tambah bagi perusahaan kita dan dapat meningkatkan nilai produktivitas perusahaan kita.

Artikel Lainnya

Konfigurasi DHCP Server Mikrotik

Bagi anda pengguna internet pasti tidak asing dengan platform website yang dikhusus kan untuk membuatan konten seperti wordpress, blogspot, dan lain sebagainya. Namun pernah gak kalian menyadari bahwa website konten tersebut adalah salah satu contoh dari pada CMS, lalu apakah CMS itu sebenarnya ? Mari simak penjelasan dari kami dibawah ini !

Read more »

Mau Konsultasi?

Kami telah melayani berbagai jenis pekerjaan di berbagai kota di Indonesia, 
tim kami siap untuk membantu memberikan solusi setiap permasalahan IT anda.