Bagikan :

Sebelumnya kita sudah pernah membahas tentang cloud hosting dan vps hosting, yup ternyata banyak sekali jenis-jenis hosting yang belum kita ketahui. Selanjutnya kita akan membahas tentang pengertian shared hosting, apa itu shared hosting? Tanpa basa-basi kita langsung saja menuju ke materi yang sudah Peta Network sediakan.

Pengertian Shared Hosting

Jika diartikan Shared memiliki arti “bersama”, jadi shared hosting adalah salah satu layanan hosting dimana sebuah akun dari pengguna hosting diletakkan bersama dengan akun pengguna lainnya dalam satu server hosting. Dalam satu server terdapat beberapa akun hosting yang saling berbagi kapasitas penyimpanan, RAM dan processor yang sama.

Banyaknya user yang menggunakan satu server saja, jelas akan mempengaruhi kinerja dari website kita. Permasalahan yang sering dirasakan oleh pengguna Shared Hosting adalah seringnya terjadi down. Namun para penyedia Shared Hosting juga menyediakan fitur tersendiri seperti “Shared Unlimited”, paket hosting tersebut memungkinkan kita mendapat hosting yang tidak memiliki batasan bandwidth namun batasan ruang penyimpanan akan tetap ada.

Lalu, sebenarnya apa saja sih kelebihan dari Shared Hosting sendiri? Mari simak materi dibawah ini!

Kelebihan Shared Hosting Dibandingkan Hosting Lainnya

Setelah memahami tentang pengertian shared hosting, sekarang kita akan memahami kelebihan yang disediakan shared hosting.

1.Hemat di Biaya

Kelebihan pertama yang disediakan oleh shared hosting adalah biayanya yang murah. Dibandingkan dengan jenis hosting lainnya, shared hosting menjadi pilihan yang tepat untuk para pengguna baru atau pemula. Namun untuk pengelolaan shared hosting akan sepenuhnya dipegang oleh penyedia layanan hosting.

Tidak perlu khawatir karena semua yang berhubungan dengan hosting akan di kelola oleh penyedia, kita hanya fokus dengan project atau situs yang kita buat. Namun keterbatasan ruang dan sumber daya server akan dibagi dengan pengguna yang lainnya.

2.Mempermudah Pengguna

Seperti yang sudah kita jelaskan diatas, shared hosting sangat mempermudah penggunanya karena operasional server akan dilakukan sepenuhnya oleh penyedia layanan hosting. Cocok sekali untuk para pemula, namun jika kita menggunakan shared hosting dan traffic dari situs yang kita miliki semakin banyak, kami sarankan untuk berganti ke layanan hosting dedicated atau VPS hosting.

Hal tersebut penting dilakukan karena kebutuhan dari situs kita akan semakin besar, sehingga kita harus segera berganti ke layanan hosting lainnya untuk meminimalisir adanya down dan permasalahan lainnya.

3.Cocok Untuk Website Berskala Kecil

Shared hosting sangat cocok untuk website maupun blog berskala kecil karena terdapat batasan ruang penyimpanan dan bandwidth. Namun untuk fitur-fitur yang disediakan shared hosting tidak kalah baik dengan hosting lainnya, pengguna dapat sepenuhnya menggunakan fitur yang disediakan.

Kekurangan dari Shared Hosting

Bagaimana apakah kalian sudah paham dengan penjelasan dari kami tentang kelebihan shared hosting? Lalu bagaimana dengan kekurangannya? Shared hosting sendiri tidak memiliki banyak kekurangan, sehingga tetap nyaman digunakan oleh penggun. Yuk simak!

1.Terbatasnya Kontrol pada Server

Para penyedia layanan shared hosting tentu saja tidak memberikan banyak ruang untuk akses server, hal tersebut disebabkan karena akses penuh server dikuasi oleh penyedia layanan hosting, jadi pengelolahan seluruhnya diambil alih oleh penyedia layanan hosting.

2.Keamanan Kurang Baik

Dari segi keamanan shared hosting terbilang kurang baik. Mengapa demikian? Karena shared hosting memberikan resource yang bersifat sharing/shared, jadi tidak memungkinkan pengguna lain dapat illegal mengakses data-data kita.

3.Resource yang Terbatas

Penyedia layanan shared hosting akan memberikan paket-paket yang tentu saja ada batasan resource dan bandwidth apalagi semua akan bersifat shared. Sehingga tidak direkomendasikan untuk kalian yang memiliki website dengan traffic yang tinggi.

Kesimpulan

Yup, bagaimana apakah kalian paham dengan penjelasan yang sudah Peta Network berikan? Jadi Shared Hosting bersifat sharing, karena resource yang disediakan terbatas dan akan dibagi dengan pengguna-pengguna lainnya. Namun Shared Hosting sendiri memiliki kelebihan di biaya dan mempermudah para penggunanya.

Namun perlu ditekan-kan lagi bahwa pemilihan layanan hosting itu sangatlah penting, sebelum kita memilih layanan hosting kita harus memahami dahulu tentang jenis-jenis hosting yang disediakan. Karena kebutuhan website atau situs yang kita buat berbeda-beda, kita harus memilih layanan hosting dengan bijak.

Salam dari kami Peta Network, dan Selamat Tahun Baru 2022!

Artikel Terpopuler

Artikel Lainnya

Artikel Lainnya

Mau Konsultasi?

Kami telah melayani berbagai jenis pekerjaan di berbagai kota di Indonesia, 
tim kami siap untuk membantu memberikan solusi setiap permasalahan IT anda.