Membahas VPS dan Fungsi-Fungsinya

Bagikan :

pengertian vps

Pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang pengertian VPS dengan fungsinya dan perbadingan VPS dengan web hosting lainnya, terutama dalam menjalankan sebuah website. VPS hosting merupakan pilihan yang lebih aman dan stabil daripada shared hosting, di mana Anda sama sekali tidak menggunakan ruang server yang dedicated. Akan tetapi, shared hosting lebih murah daripada Anda harus menyewa atau membeli seluruh ruang server. Maka dari itu mari simak pengertian VPS berikut ini.

Apa itu VPS ?

Pengertian VPS atau Virtual Private Server adalah jenis web hosting yang biasa digunakan untuk layanan pembuatan website. Tipe server ini menerapkan resource dedicated yang artinya penggunaanya yang dikelola sendiri dan tidak dipengaruhi pengguna lain. Karena penggunaannya oleh satu pengguna saja, maka pengguna dapat secara penuh mengelola konfigurasi yang ada di dalamnya. Server ini jenisnya virtual dengan hardware server fisik yang akan dibagi menjadi beberapa sumber resource yang berbeda. Teknologi virtual ini yang menjadikan satu buah server fisik bisa memiliki beberapa virtual server yang dijalankan.

Apa Fungsi VPS ?

Setelah mengenal pengertian vps, selanjutnya kita akan mempelajari apa saja fungsi dari VPS setelah kita mengetahui pengertian VPS. Berikut ini beberapa fungsi VPS yang akan saya bahas didalam artikel ini.

1.Sebagai Web Hosting

Sama hal nya web hosting lainnya, VPS digunakan untuk mengeksekusi halaman website atau disebut juga sebagai layanan web hosting. Pengguna akan menggunakan VPS di saat mereka membutuhkan resource yang lebih tinggi. Traffic website yang tinggi merupakan salah satu alasan menggunakan web hosting ini. Sebagian besar pengguna yang menggunakan VPS adalah para developer yang memiliki klien atau perusahaan dengan load tinggi.

2.Sebagai File Hosting

Selain file halaman website, VPS juga menyimpan file-file pribadi pengguna agar dapat diakses menggunakan jaringan internet di mana saja. Besarnya kapasitas penyimpanan pada VPS tergantung pada paket yang digunakan pengguna. Semakin besar disk space, maka akan semakin mahal biaya berlangganan per bulannya.

3.Sebagai Remote Desktop

VPS juga memungkinkan pengguna untuk mengakses dan menggunakan komputer atau server untuk akses remote. Pengguna memiliki kontrol penuh terhadap server tanpa dibatasi lokasi dan bisa mengontrol server di manapun dia berada.

4.Digunakan untuk VPN

VPS juga dapat digunakan sebagai VPN atau Virtual Private Network secara singkat VPN adalah jaringan – jaringan yang terhubung internet, tetapi hanya bisa diakses orang tertentu saja. Biasanya fungsi ini dimanfaatkan oleh perusahaan yang membutuhkan jaringan private untuk karyawan atau anggotanya saja.

5.Sebagai Hosting Aplikasi

Terkadang developer melakukan pengembangan dan pengetesan aplikasi yang sedang dikembangkannya menggunakan VPS yang dimanfaatkan sebagai hosting aplikasi. Hal ini sangat bermanfaat dalam uji coba pembuatan aplikasi bagi para developer.

6.Backup Server Utama

Dengan fungsi ini pengguna akan sedikit waspada,sebab semua server rentan terhadap kehilangan data. Hal itu bisa terjadi karena adanya kesalahan konfigurasi bahkan pembobolan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Tujuan ditambahkannya backup server adalah untuk menyimpan data terakhir server secara update Sehingga ketika terjadi masalah yang tidak diinginkan pada server utama, akan ada backup server yang bisa di backup kapan saja dibutuhkan.

Jenis – Jenis VPS

Kemudian kita akan membahas tentang jenis-jenis VPS, setiap VPS memiliki kelebihannya dan kekurangannya masing-masing jadi disini kami merekomendasikan VPS yang cocok untuk anda gunakan, dan kami mengingatkan untuk bijak dalam memilih VPS.

1.Open Vz

VPS ini paling banyak dijual saat ini dengan pengunaan sistem operasi yang bekerja pada shared kernel server. Jenis VPS ini hanya mendukung pengunaan sistem operasi berbasis Linux saja.

2.KVM

Jenis VPS yang kedua adalah Kernel Based Virtual Machine. Keunggulan VPS KVM ini adalah kemampuan untuk melakukan komunikasi dan terhubung dengan hardware.

3.HVM

Jenis VPS ini cocok digunakan untuk website – website besar, untuk virtualisasinya berada pada tingkat kernel. Hardware Virtual Machine atau HVM ini memerikan kebebasan kepada penggunanya dan cocok untuk website toko online.

4.Microsoft Hyper V

Jenis VPS server yang terakhir yaitu Microsoft Hyper V. Kelebihan dari VPS Hyper V ini adalah kemudahan dalam pengunaan karena semua panel sudah menggunakan GUI. Tetapi dari segi biaya jatuhnya lebih mahal dari VPS Linux karena Anda perlu membeli lisensi Windows.

Perbadingan VPS Dengan Web Hosting Lainnya

1.Virtual Private Server

VPS memiliki resource yang lebih kecil dibanding Dedicated Server, VPS merupakan hasil dari pembagian dedicated server menggunakan teknologi virtualisasi. Kamu juga bisa menggunakan sepenuhnya virtual server kamu untuk kebutuhaan kamu.

Untuk harganya jauh lebih murah dibanding dedicated server, Virtual server cocok digunakan untuk bisnis menengah yang mulai berkembang. Saat kamu membeli VPS kamu dapat kendali penuh untuk mengontrol server kamu.

2.Dedicated Server

Dedicated Server adalah sebuah server dengan resource dan spesifikasi yang besar. Dedicated server digunakan untuk situs yang memiliki trafik yang sangat tinggi, Misalnya toko online sekelas, Tokopedia, bukalapak, shopee, dll.Karena memiliki performa yang tinggi harga layanan ini tidaklah murah, Bahkan untuk spesifikasi yang cukup rendah untuk sekelas dedicated hosting memilih harga diatas 2 juta perbulannya.

Artikel Lainnya

Pengertian Proxy, Cara Kerja,dan Fungsinya

Dalam ruang lingkup jaringan pasti anda sering jumpa maupun pernah melihat kata-kata proxy, yap proxy adalah sebuah sistem yang bekerja sebagai perantara jaringan. Untuk lebih jelasnya mari kita simak artikel tentang proxy berikut!

Read more »

Mau Konsultasi?

Kami telah melayani berbagai jenis pekerjaan di berbagai kota di Indonesia, 
tim kami siap untuk membantu memberikan solusi setiap permasalahan IT anda.