Wifi Terhubung Namun Tidak Ada Koneksi Internet, Begini Solusinya!

Bagikan :

wifi terhubung tidak ada internet

Para pengguna setia Wifi akan merasakan beberapa fasilitas yang diberikan dari provider yang sudah dipilih, banyak beberapa paket yang ditawarkan para internet provider. Lalu apakah kalian pernah merasakan keluhan-keluhan tertentu selama menggunakan internet tersebut? Terutama masalah wifi yang terkadang tidak dapat akses internet, apa saja penyebabnya? Mari kita pelajari artikel berikut ini tentang mengapa Wifi Terhubung Tidak Ada Internet?

Pengertian Singkat Tentang Wifi dan Internet

Internet adalah sebuah bentuk canggih teknologi yang memungkinkan kita dapat terhubung dengan beberapa jaringan dan memungkinkan kita dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya secara real time. Banyak manfaat yang dapat kita dapat dari menggunakan internet seperti, dapat menambahkan ilmu baru karena beberapa search engine menyediakan website-website yang berisi tentang ilmu-ilmu sebagai sarana belajar kita, dan juga internet dapat bermanfaat sebagai media komunikasi kita dengan orang lain bahkan beda negara-pun.

Sedangkan Wifi adalah sebuah teknologi komunikasi internet tanpa kabel atau nirkabel yang menggunakan sinyal untuk mengirim dan menerima jaringan internet yang di distribusikan untuk beberapa perangkat/banyak perangkat.

Cara Kerja Wifi

Sebelum mengenal penyebab wifi terhubung tidak ada internet, kita wajib mengetahui bagaimana wifi dapa menerima akses internet dan menyebarkan ke perangkat-perangkat kita.

Istilahnya wifi adalah jembatan penghubung antara internet dengan perangkat yang Anda gunakan untuk menikmati internet, wifi tidak dapat menghasilkan internet sendiri maka dari itu perlu ada sumber internet yang terhubung dengan perangkat wifi tersebut.

Contohnya seperti internet provider, internet provider akan menyediakan alat (wifi) yang langsung terhubung dengan internet, mengapa seperti itu? Karena internet provider sudah memiliki sumber internet sendiri yang biasanya kita liat pada tiang-tiang disekitar anda dan ada kabel yang melintang menuju tempat yang akan dipasangi internet. Begitu juga di tempat anda pasti ada kabel yang terpasang pada peralatan Wifi, kabel tersebut adalah kabel Fiber Optic yang memiliki akses internet.

Setelah itu internet provider akan membuat konfigurasi khusus pada alat Wifi tersebut sehingga kita dapat langsung menikmati internet melalui handphone bahkan laptop.

Wifi Terhubung Tidak Ada Internet ?

Lalu bagaimana jika wifi kita sudah terhubung namun ada keterangan tidak ada internet? Sebenarnya masalah ini sering kita hadapi dan sebabnya berbagai macam, penjelasan dibawah ini akan menyebutkan beberapa sebab dan cara agar wifi kita dapat kembali terhubung ke internet.

1. Cek Tanggal Pembayaran Tagihan Internet Anda

Kebanyakan kita tidak menyadari bahwa tagihan layanan internet kita sudah melewati jatuh tempo, jadi kami sarankan untuk membayarnya tepat waktu. Kebanyakan internet provider akan memutuskan akses internet jika kita telat membayar tagihan tersebut.

2. Alat Bermasalah

Ada juga penyebab wifi kita tidak ada internetnya yaitu dari alat. Banyak alat-alat akan mengalami hang atau error jika sering mati secara tiba-tiba (listrik mati, atau lonjakan listrik). Ada juga alat yang memang harus diganti baru karena alat sebelumnya sudah lama atau sudah umurnya. Lalu langkah yang harus kita lakukan adalah mencoba restart alat tersebut dengan menekan tombol on/off pada alat atau juga bisa mencabut adaptor dan tunggu selama 5 detik kemudian pasang adaptor kembali.

3. Cek Perkabelan

Biasanya masalah juga bisa terletak pada kabel internet yang disediakan, usahakan kabel yang sudah terpasang jangan sampai rusak maupun terklupas. Jika sudah seperti itu maka kita harus segera menghubungi teknisi yang pernah melakukan instalasi di tempat Anda.

4. Hubungi Call Center

Jika 3 hal tersebut sudah Anda lakukan namun tidak ada titik terangnya, Anda dapat menghubungi call center dari internet provider yang tersedia kemudian menjelaskan permasalahan yang Anda hadapi.

5. Device yang Tidak Support

Hampir semua handphone sudah support menggunakan Wifi. Namun ada beberapa laptop atau komputer yang tidak support, mengapa demikian? Masalah ini biasanya terdapat pada laptop atau komputer lama, kita wajib meng-install driver wifi terlebih dahulu sebelum dapat terhubung dengan wifi. Sedangkan komputer selain menggunakan kabel kita juga dapat menikmati fasilitas wifi dengan menggunakan teknologi dongle.

Kesimpulan

Wifi sangatlah berguna untuk era modern saat ini, banyak pekerjaan maupun kegiatan yang dapat kita lakukan dengan mudah dengan menggunakan wifi dan teknologi modern lainnya. Namun setiap teknologi punya permasalahan-nya masing-masing. Dengan membaca artikel ini Anda mungkin sedikit memahami sebab dan cara mengatasi wifi kita yang sedang bermasalah. Semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya

Pengertian Proxy, Cara Kerja,dan Fungsinya

Dalam ruang lingkup jaringan pasti anda sering jumpa maupun pernah melihat kata-kata proxy, yap proxy adalah sebuah sistem yang bekerja sebagai perantara jaringan. Untuk lebih jelasnya mari kita simak artikel tentang proxy berikut!

Read more »

Mau Konsultasi?

Kami telah melayani berbagai jenis pekerjaan di berbagai kota di Indonesia, 
tim kami siap untuk membantu memberikan solusi setiap permasalahan IT anda.