Macam-Macam Kabel Jaringan Internet

Bagikan :

macam-macam kabel jaringan

Peralatan teknologi pada saat ini tidak dapat terhindar dari adanya kabel, terutama dengan jaringan pasti banyak berhubungan dengan perkabelan walau ada jaringan yang nirkabel (tanpa kabel). Artikel saat ini kita akan membahan tentang macam-macam kabel jaringan internet!

Pengertian Singkat Jaringan Internet

Sederhananya internet adalah sebuah teknologi yang memungkinkan kita dapat terhubung ke platform-platform yang tersebar di internet dan seluruh dunia, banyak manfaat yang kita dapat dalam menggunakan internet. Seperti berkomunikasi dengan orang lain di jarak yang jauh, kita dapat juga berbisnis secara online, serta melakukan kegiatan-kegiatan kantor.

Namun tahukah Anda bahwa untuk menggunakan layanan internet tersebut butuh beberapa peralatan? Contohnya access point, router, switch dan tentu saja yang paling utama adalah kabel.

Macam-Macam Kabel Jaringan

Banyak sekali kabel yang terdapat pada jaringan internet, kabel-kabel tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Dibawah ini adalah contoh-contoh kabel pada jaringan dan masing-masing fungsinya:

1. Kabel Twisted Pair

kabel internet

Kabel Twisted Pair dapat digunakan untuk kabel jaringan, kabel ini banyak sekali digunakan untuk menunjang keperluan internet, komunikasi dan sebagainya. Bermaterial tembaga dan menggunakan arus listrik untuk mentransmisikan data.

Dari jenis kabel twisted pair ini yang paling dikenalan adalah jenis kabel UTP (Unshielded Twisted Pair), pada pasaran kita mengenal kabel ini dengan nama kabel CAT 5, CAT 5E atau CAT6. Jenis kabel ini banyak digunakan untuk keperluan jaringan seperti di kantor, sekolah, maupun tempat-tempat umum lainnya.

Namun kelemahan dari kabel ini hanya dapat mentransimiskan data maksimal 100 meter, lebih dari itu tidak bisa. Disarankan jika jarak yang diperlukan cukup panjang Anda harus menambahkan alat jaringan seperti Hub ataupun Switch.

Sebenarnya ada jenis lain dari kabel Twisted Pair, seperti dibawah ini ada 2 jenis lagi yang perlu kalian ketahui:

FTP (Foiled Twisted Pair)

Bisa disebut juga dengan kabel FTP yang memiliki kelebihan pelindung alumunium foil di bagian luar kabel pair yang dapat menahan interferensi gelombang elektromagnetik. Sehingga kabel ini memiliki harga yang cukup mahal dibandingkan dengan kabel twisted pair biasa.

STP (Shielded Twisted Pair)

Kabel STP hampir sama dengan FTP, yang membedakannya adalah kabel ini dibunggu dengan alumunium foil dan memiliki bungkus sendiri pada setiap kabel tembaga didalamnya. Kabel ini sangat aman dan terhindar dari inteferensi karena memiliki 4 shielded pair alumunium.

2. Kabel Koaksial

Kabel Jaringan Coaxial

Kabel Koaksial hampir memiliki karakteristik seperti twisted pair yaitu material yang terbuat dari tembaga, untuk mentransmisikan data melewati arus listrik. Namun kabel ini lebih cocok digunakan untuk distribusi komunikasi data berbentuk TV Cable dan bisa juga untuk transmisi data CCTV.

Kabel ini memiliki kelebihan dapat di pasang lebih dari 100 meter, namun membutuhkan arus listrik yang besar juga.

 

3. Kabel Fiber Optic

Kabel Fiber Optic

Kabel fiber optic adalah teknologi yang paling canggih dan terbaru pada saat ini, bagaimana tidak canggih karena kabel ini terbuat dari serat kaca yang berukuran sangat kecil kurang lebih 120 mikrometer. Dan keunggulan dari kabel ini adalah dapat mentransmisikan data secara cepat dan dapat membawa data sebanyak 100Gbps dengan jarak yang jauh sampai berkilo-kilo meter.

Kabel ini banyak dipilih oleh Internet Service Provider karena memiliki kecepatan yang sangat tinggi, namun untuk harga kabel ini cukup mahal tapi tidak diragukan lagi kualitasnya sangat baik.

Terdapat banyak jenis-jenis kabel fiber di internet, kita hanya menyesuaikan saja sesuai kebutuhan.

Kesimpulan

Jaringan internet sangat berguna untuk era sekarang, banyak manfaat yang dapat kita dapat untuk memudahkan pekerjaan kita. Namun internet tidak akan ada jika tidak ada kabel yang menghubungkan perangkat-perangkat jaringan, seperti penjelasan diatas tentang macam-macam kabel jaringan. Dengan memahaminya kita dapat membedakan kabel jaringan beserta masing-masing fungsinya.

Artikel Lainnya

ip camera adalah

Perbedaan IP Camera dengan Camera Analog

CCTV adalah salah satu perangkat yang digunakan sebagai pengamat, pengintai maupun perekam dalam bentuk kamera yang dipasang pada sisi-sisi tertentu demi keperluan keamanan. Namun pernahkah anda mengetahui tentang IP Cam? Jika belum mari kita pelajari tentang IP Cam atau IP Camera!

Read more »

Mau Konsultasi?

Kami telah melayani berbagai jenis pekerjaan di berbagai kota di Indonesia, 
tim kami siap untuk membantu memberikan solusi setiap permasalahan IT anda.