Membahas Internet Service Provider, dan Layanannya

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
internet service provider

Sejak hadirnya internet di tengah kehidupan manusia, kehidupan menjadi lebih praktis dan mudah. Hal-hal yang tadinya terasa sulit sekarang bisa dilakukan dengan mudah.

Namun, apakah anda pernah bertanya-tanya bagaimana anda bisa tersambung ke koneksi internet?. Nah, disitulah ISP berperan. Singkatnya, ISP adalah singkatan dari Internet Service Provider. Mungkin ada sebagian orang yang masih belum tau apa itu ISP. Maka dari itu kita akan membahas sedikit tentang apa itu ISP, fungsi ISP, layanan apa saja yang diberikan ISP, dan contoh-contoh ISP yang ada di Indonesia. Berikut penjelasannya.

 

Pengertian Internet Service Provider (ISP)

Sesuai dengan namanya, Internet Service Provider (ISP)  adalah perusahaan yang menyediakan koneksi dan layanan internet untuk individu dan organisasi. Setiap ISP menyediakan layanan yang berbeda-beda kepada pelangganya. Tidak hanya menyediakan koneksi internet tetapi juga meliputi pemeliharaan dan instalasi.

Biasanya, ISP adalah perusahaan kabel atau telepon seluler yang menawarkan layanan internet subscription beserta dengan TV kabel dan juga telepon seluler. Jaringan yang ditawarkan oleh perusahaan ISP biasanya mencakup koneksi domestik dan internasional. Karena itu, pengguna ISP bisa dengan mudah terhubung ke jaringan global.

Untuk terhubung ke ISP, kita membutuhkan modem dan akun aktif. Saat menghubungkan modem ke telepon atau kabel outlet di rumah, berarti kita melakukan komunikasi dengan ISP. ISP memverifikasi akun kita dan memberikan alamat IP ke modem kita. Setelah kita mendapatkan alamat IP, kita akan terhubung ke internet.

Kita juga bisa menggunakan router (berupa perangkat terpisah atau terintegrasi dalam modem) untuk memungkinkan beberapa perangkat sekaligus terhubung ke internet. Jika beberapa perangkat dirutekan melalui modem yang sama maka akan memiliki alamat IP publik yang sama sesuai yang di tetapkan oleh ISP.

ISP bertindak sebagai hub di internet karena sering terhubung langsung ke tulang punggung internet. Akibat besarnya jumlah lalu lintas yang ditangani, ISP memerlukan koneksi bandwitch tinggi ke internet. Untuk mencegah gangguan akses ineternet, ISP harus menambahkan lebih banyak bandwitch ke koneksi tulang punggung internetnya. Caranya dengan  meningkatkan jalur yang ada atau menambahkan jalur yang baru.

Dan tentunya, jaringan ISP tidak bisa didapatkan secara gratis. Anda diharuskan untuk membayar setiap bulannya untuk bisa menikmati koneksi internet dengan kuota yang ditentukan oleh provider. Tanpa adanya perusahaan ISP, anda tidak akan bisa mengakses internet melalui perangkat elektronik manapun. Lantas apa fungsi dari ISP itu sendiri?

 

Fungsi Internet Service Provider

ISP berfungsi untuk memverifikasi alamat IP (Internet Protocol) di modem agar bisa dialiri dengan koneksi internet, sehingga bisa menyebarkan koneksi tersebut ke perangkat lain seperti laptop atau ponsel.

ISP bisa dianologikan seperti jalan raya, yang berfungsi untuk menghubungkan berbagai layanan di ineternet dari satu titikakses poin ke titik lainnya, dengan perangkat telekomunikasi yang kompleks.

Perangkat telekomunikasi yang biasa dipakai ISP tersebut terdiri dari berbagai macam jenis, berdasar layanan koneksi internetnya, seperti Dial Up, DSL, dan sebagainya. Berikut penjelasannya.

 

Layanan-Layanan yang Diberikan Internet Service Provider

1. Dial-Up

Layanan akses internet jenis ini dilakukan melalui kabel telepon sehingga anda membutuhkan dial up modem.

Pada umumnya jenis layanan Dial-Up ada dua macam yaitu layanan personal dan layanan profesional (corporate). Layanan personal yakni layanan untuk individu atau rumah yang biasanya hanya beberapa jam saja melakukan akses internet. Sedangkan layanan profesional yakni layanan yang digunakan untuk perusahaan besar yang membutuhkan layanan akses internet dalam skala besar.

 

2. Dedicated Connenction

Dedicate Connection yaitu salah satu jenis koneksi yang sifatnya tetap dalam 24 jam dan kebanyakan digunakan oleh perusahaan-perusahaan atau tempat-tempat yang banyak menggunkan suatu kebutuhan koneksi internet dan digunakan oleh banyak komputer.

 

3. HotSPot

Istilah HotSpot ditujukan untuk menamai sebuah tempat yang ada saluran internet sehingga anda bisa terhubung ke jeringan ineternet. Anda bisa menggunakan layanan ini melalui laptop, netbook atau smartphone atau peralatan lain yang mendukung aplikasi Wifi. Layanan HotSpot biasanya terdapat di tempat-tempat seperti cafe, mall, Universitas, taman kota dan bandara.

 

4. Mobile Access

Layanan akses internet ini sangat mudah dan praktis. Pada umumnya digunakan oleh mahasiswa, online shop atau UKM (Usaha Kecil Menengah). Anda cukup memerlukan telepon seluler ataua modem mobile akses baik yang bertipe GSM atau CDMA untuk bisa menggunakan layanan ini. Pada umumnya pembayaran dilakukan melalui pulsa yang pengisiannya sangat mudah. Namaun layanan ini memiliki beberapa kekurangan antara lain: hanya bisa dinikmati diwilayah yang terdapat sinyal dari provider, menggunakan batasan kuota akses dan kondisi cuaca dapat mempengaruhi sinyal sehingga berdampak pada kecepatam akses.

 

5. Fiber Optik

Layanan internet fiber optik menggunakan kabel fiber optik sehingga mampu mentransfer data dengan kecepatan sangat tinggi, mencapai 1 Gbps. Biasanya yang menggunakan layanan ini adalah perusahaan besar ataua instansi pemerintahan.

 

 6. Wireless

Wireless adalah jika dari arti katanya dapat diartikan “tanpa kabel”, yaitu melakukan suatu hubungan telekomunikasi menggunakan gelombang eletromagnetik sebagai pengganti media kabel. Saat ini teknologi wireless sudah berkembang pesat, buktinya dapat dilihat dengan semakin banyaknya yang menggunakan telepon sellular, selain itu berkembang juga teknologi wireless yang dipakai untuk mengakses ineternet.

Di Indonesia sendiri sudah banyak perusahaan yang menyediakan layanan internet, berikut beberapa contoh ISP yang ada di Indonesia.

 

Contoh ISP yang Ada Di Indonesia

Ini adalah beberapa contoh ISP yang ada di Indonesia, mungkin sebagian ada yang anda kenali atau anda gunakan pada saat ini:

1. Biznet

2. Telkom Indonesia

3. First Media

4. MNC Play

5. D-Net

6. GMedia

7. PadiNet

 

Kesimpulan

Masalah mengenai ISP tersebut terkadang tidak bisa dihindari, tetapi anda dapat meminimalisirnya dengan menggunakan layanan ISP yang terpercaya. Untuk menentukan apakah ISP tersebut terpercaya atau tidak terdapat kiat-kiat yang perlu diperhatikan seperti memilih ISP yang memiliki kecepatan tinggi dalam hal transfer data. Selanjutnya adalah dekat dengan lokasi dimana anda berada. Hal ini dikarenakan semakin jauh lokasi ISP maka akan berpengaruh terhadap koneksi.

Sekian penjelasan singkat menganai ISP semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya

ip camera adalah

Perbedaan IP Camera dengan Camera Analog

CCTV adalah salah satu perangkat yang digunakan sebagai pengamat, pengintai maupun perekam dalam bentuk kamera yang dipasang pada sisi-sisi tertentu demi keperluan keamanan. Namun pernahkah anda mengetahui tentang IP Cam? Jika belum mari kita pelajari tentang IP Cam atau IP Camera!

Read more »

Mau Konsultasi?

Kami telah melayani berbagai jenis pekerjaan di berbagai kota di Indonesia, 
tim kami siap untuk membantu memberikan solusi setiap permasalahan IT anda.