Perbedaan GUI dan CLI, dan Masing-Masing Kelebihannya

Bagikan :

perbedaan gui dan cli

Didunia komputer banyak istilah-istilah yang pernah anda dengarkan, pasti tidak asing dengan UI atau kepanjangannya User Interfaces. Istilah ini dibuat untuk memudahkan para pengguna dalam melakukan kegiatan yang berhubungan dengan teknologi seperti komputer. Lalu GUI dan hubungannya dengan CLI itu apa? Disini kita akan mempelajari pengertian dan perbedaan GUI dan CLI!

Pengertian GUI

Pertama-tama kita akan mempelajari tentang GUI dahulu, kepanjangan dari GUI sendiri adalah Graphics User Interfaces yang memungkinkan kita sebagai manusia atau pengguna teknologi menikmati elemen-elemen grafis yang sudah tersedia pada komputer kita. GUI memiliki peran penting dalam memudahkan pengguna teknologi, grafis-grafis tersebut berupa windows, button (tombol), scrollbar, ikon-ikon dan masih banyak lagi.

GUI dapat menampilkan berbagai macam informasi dalam bentu teks maupun gambar, bahkan seorang pemula dalam teknologi dapat mudah memahami informasi-informasi tersebut karena kita dapat langsung berinteraksi dengan elemen yang disediakan.

Ada beberapa kelebihan dari GUI sendiri yaitu seperti dibawah ini:

Kelebihan GUI

  • Manusia atau pengguna dapat mengubah informasi yang disediakan seperti elemen teks maupun gambar)
  • Berbasis grafis, sehingga pengguna dapat cepat belajar
  • Memiliki tampilan yang sangat bagus dan mudah dipahami atau bisa disebut User Friendly
  • Penggunaan fitur-fitur atau elemen dalam menjalanankan sistem cukup mudah dibandingkan CLI

Kekurangan GUI

  • Tentu saja semakin banyak elemen semakin memakan penyimpanan memori, butuh penyimpanan yang cukup besar untuk memuat elemen-elemen
  • Kebanyakan teknologi berbasi GUI atau sistem operasi berbasi GUI bersifat premium dan membutuhkan biaya lebih untuk mengaksesnya
  • Ada spesifikasi perangkat tertentu untuk menjalankan program berbasi GUI
  • Pengoperasian lebih berat dibandingkan CLI

 

Pengertian CLI

CLI atau bisa disebut dengan Command Line Interfaces adalah sistem antarmuka sama dengan GUI namun memiliki cara pengoperasion yang khusus, menggunakan masukan-masukan atau perintah yang kita ketik untuk menjalankan tugas-tugas tertentu.

Kita sebagai pengguna harus memiliki pemahaman yang luas mengenai bahasa pemrograman untuk menggunakan sistem operasi berbasis CLI, karena banyak perintah-perintah yang harus kita masukkan demi menjalankan sebuah tugas.

Memang butuh waktu yang lama untuk mampu menjalankan sistem atau program berbasis CLI dibandingkan dengan GUI terutama pengguna baru yang bahkan tidak mengetahui tentang CLI. Contoh singkatnya kita sebagai pengguna akan menulis code-code tertentu kemudian kita akan menekan tombol Enter, maka terminal akan menerjemahkan code tersebut untuk menampilan respon dari code yang kita masukkan tadi.

Sistem operasi yang mendukung CLI sendiri cukup sedikit seperti Linux, Ubuntu Server dan UNIX, sedangkan sistem operasi umum yang kita gunakan seperti Windows juga mendukung CLI namun lebih banyak pengguna menggunakan GUI.

Namun ada beberapa keunggulan tersendiri dari CLI ini, dibawah ini kita akan menyebutkan beberapa kelebihan dan kekurangan dari CLI:

Kelebihan CLI

  • Tidak membutuhkan spesifikasi perangkat yang terlalu tinggi untuk mengoperasikan CLI
  • Pengoperasian, Eksekusi jauh lebih cepat dan efisien
  • Membutuhkan sedikit penyimpanan karena kita hanya mengandalkan teks dan perintah-perintah saja

Kekurangan CLI

  • Untuk orang awam pengoperasian CLI sangatlah sulit, kita harus memahami lebih dalam tentang perinta-perintah yang digunakan pada CLI agar program berjalan dengan baik.
  • Pengguna harus menghafal setiap perintah dasar dari sistem operasi CLI.
  • Untuk tampilannya sendiri kurang menarik dan tidak user friendly karena hanya berupa teks panjang yang kita harus baca untuk memahaminya.

 

Perbedaan GUI dan CLI

Setelah mempelajari pengertian serta kelebihan kekurangan dari GUI dan CLI, kita sekarang akan mempelajari tentang perbedaan GUI dan CLI.

Dari Segi Fungsi

Sistem GUI dapat menjalankan atau mengoperasikan beberapa program seperti Word, Chrome dan program lainnya secara bersamaan karena dapat disebut multi-fungsi. Sedangkan CLI sendiri memang dimungkinkan untuk dapat menjalankan fungsi-fungsi secara bersamaan namun lebih sulit pengoperasiannya.

Dari Segi Adaptasi

Kita sebagai pengguna pasti lebih memilih yang lebih mudah seperti GUI, pengguna dapat cepat beradaptasi karena tampilan yang menarik dan user friendly. Sedangkan CLI sangat susah karena hanya berupa teks-teks dan perintah yang rumit.

Dari Segi Interaksi

CLI memungkinkan pengguna dapat berinteraksi hanya menggunaka keyboard saja, sedangkan GUI pengguna dapat berinteraksi dengan beberapa perangkat komputer seperti keyboard, mouse, dan peralatan lainnya.

Dari Segi Konektivitas

Dalam GUI kita diberi kemudahan untuk terhubung dengan perangkat lain di satu jaringan yang sama, sedangkan CLI sendiri lebih rumit karena kita perlu menulis beberapa perintah yang memberikan izin untuk mengakses perangkat kita dan perangkat lainnya.

Dari Segi Eksekusi

Dalam hal tampilan saja CLI hanya dapat menampilan teks-teks yang banyak sedangkan GUI menyediakan elemen-elemen yang dapat kita coba secara langsung dan tentu saja lebih menarik tidak hanya teks saja. Namun CLI lebih unggul dari GUI karena kita lebih leluasi dalam meng-explore beberapa program yang kita operasikan.

 

Kesimpulan

Setiap sistem operasi yang berbasis GUI dan CLI memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, banyak orang menyebutkan CLI lebih sulit ketimbang GUI karena proses eksekusi yang rumit dan harus menghafalkan beberapa perintah. Namun semua bergantung kepada kita, jika memiliki basic pengetahuan tentang bahasa pemrograman di CLI kita dapat menjalankannya dengan mudah.

Semua bergantung kepada kenyamanan pengguna, namun demi menambahkan pengetahuin dibidang teknolog dan informasi kita dapat belajar tentang CLI dan coba menjalankan sistem operasi berbasi CLI.

Mungkin artikel diatas dapat memberikan gambaran kepada Anda tentang GUI dan CLI, semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya

Mail Server: Pengertian, Protokol, dan Cara Kerjanya

Pada masa modern seperti ini alat komunikasi sangatlah beraneka ragam, dengan menggunakan jaringan internet anda dapat berkomunikasi dengan cepat dan mudah. Contohnya berkomunikasi melalui e-Mail lantas bagaimana alat komunikasi e-mail tersebut bisa bekerja ? Mari kita simak !

Read more »
Pengertian Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat, dan Jenis – Jenisnya

Mungkin anda pernah mendengar kata LAN,WAN, dan MAN. Setelah mendengar kata itu pasti anda bertanya tanya, apa itu MAN LAN dan WAN ? , tahukah anda apabila mereka jaringan komputer? Jika anda belum tahu simak artikel ini baik baik karena akan membahas tentang pengertian jaringan komputer, manfaat jaringan komputer , macam macam jaringan komputer, dan contoh jaringan komputer.

Read more »

Mau Konsultasi?

Kami telah melayani berbagai jenis pekerjaan di berbagai kota di Indonesia, 
tim kami siap untuk membantu memberikan solusi setiap permasalahan IT anda.