Penjelasan dan Pengertian Bandwidth dalam Suatu Jaringan

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
bandwidth adalah

Apa itu Bandwith?

Bandwith-   Berbicara soal internet pasti kalian sering dengar tentang “Bandwith”, Bandwith kerap kali dikaitkan dengan kecepatan internet.  Itu karena semakin besar bandwith yang dimiliki maka semakin cepat pula  performa transmisi data, dalam mengupload dan mendownload audio, video, gambar.  Tak hanya itu, bandwith juga erat hubunganya dengan throughput. Lantas apa itu bandwith? Tenang saja Di kesempatan kali ini saya akan menjelaskan semua informasi  tentang bandwith mulai dari pengertian bandwith hingga jens-jenisya. Markica! Mari Kita Baca!

Pengertian Bandwith

Apa itu bandwith? Secara harfiah Bandwith berarti lebar pita, merupakan lebar atau luas cakupan frekuensi yang dipakai sinyal dalam media transmisi dari satu titik ke titk lainya pada satu waktu tertentu. Banyak pendapat yang mengatakan pengertian bandwith adalah jumlah maksimal dari besarnya transfer di dalam suatu proses pertukaran data. Selain itu, Pengertian bandwith adalah lebar dari cakupan frekuensi, biasanya  digunakan sinyal dalam medium transmisi.

Jadi inti pengertian bandwith adalah kapasitas dalam transfer data, biasanya dihitung dalam suatu satuan kecepatan akses internet adalah satuan bit per detik (bps), misalnya seperti 100Mbps untuk menjelaskan kecepatan  data 100.000.000 bit (megabit) per detik.

Bandwith sering dianalogikan seperti Pipa

Jika dianalogikan bandwith adalah sebuah pipa ,ya karena semakin lebar diameter pipa maka semakin cepat volume air yang dapat melewati pipa tersebut pada waktu itu.  Kecepatan air akan berkurang ,jika pipa dibagi lagi menjadi beberapa cabang. Ini ada hubunganya dengan bandwith. pipa air sebagai bandwith, volume air yang mengalir sebagai aktivitas internet kita, cabang pipa sebagai kecepatan. Kesimpulan dari analogi tersebut adalah semakin banyak cabang pipa semakin menurun kecepatan bandwith.

Jenis- jenis Bandwith

Kebanyakan dari kita tahu bahwa Bandwith cuma digunakan  dalam teknologi internet, ternyata teknologi elektronika juga menggunakan bandwith lho, untuk apakah itu? Nah berhubung dengan itu, Secara umum Jenis badwith dibagi menjadi dua, yakni  Bandwith Digital dan Bandwith Analog. Berikut Pengertianya:

Bandwith Digital

Digital bandwith adalah suatu jumlah atau  banyaknya data serta dapat ditransmisikan melalui sebuah saluran komunikasi baik saluran kabel maupun nirkabel dengan satuan kecepatan akses internet adalah dalam satuan bit per detik atau (bps) tanpa adanya distorsi. Bandwith jenis ini sering digunakan oleh ISP.

Bandwith Analog

Analog  bandwith adalah rentang antara frekuensi yang terendah dengan frekuensi tertinggi yang digunakan dalam transmisi sinyal radio dan diukur dalam Hertz (Hz). Bandwith tipe ini banyak digunakan  oleh ilmu elektronika untuk mengukur tinggi dan rendahnya sinyal radio.

Fungsi dan Cara Kerja Bandwith

Cara kerja bandwith sendiri tergantung pada fungsinya masing-masing,simak  pada bandwith berdasarkan fungsinya dibawah ini!

Media pengirim data

Fungsi utama bandwith adalah sebagai ukuran media transfer suatu data dari satu lokasi ke lokasi lainya. Proses transmsi data tersebut ditransmisikan melalui kabel LAN yang saling terhubung antar koneksi LAN dengan perangkat computer. Ukuran Bandwith juga berpengaruh pada kelancaran pertukaran data dalam koneksi internet.

Pembagi kecepatan transfer data

Fungsi bandwith lainya adalah sebagai pembagi kecepatan data pada suatu jaringan.Pembagian itu dilakukan, agar sebuah koneksi atau jaringan dapat didistribusikan secara merata ke seluruh user. Jika tidak diatur, bisa saja seluruh bandwith terpusat saat digunakan satu user, sehingga user yang lain tidak kebagian.

Pengatur besaran data saat dikirim

Dengan fungsi ini kita  dapat membatasi besarnya data yang bisa diakses. Tujuan utama dari fungsi ini adalah untuk mengurangi trafik tinggi dalam jangka waktu yang lama. Kenapa? Karena dalam jangka waktu yang lama dapat menganggu stabilitas jaringan, hal ini nantinya akan berpengaruh terhadap kapasitas bandwith.

Berapa jumlah dari bandwith yang kita perlukan?

Kembali lagi pada kebutuhan kita akan internet,untuk aktivitas internet seperti apa?misal jika untuk streaming film  bandwith dengan kecepatan rendah akan fine-fine saja. Akan tetapi jika kamu punya beberapa TV untuk streaming,computer,smarthphone, tablet serta perangkat yang lainya. Lalu berapa yang orang yang menggunkanya? Karena setiap orang berbeda-beda kebutuhanya  jika begitu tentu kamu perlu menambah kapasitas lebih besar pada bandwith. Yang jelas, kian besar bandwith tersedia, semakin lancer aktivitasmu. Intinya sesuaikan dengan kebutuhan kita ya.

Hubungan Bandwith dengan Throughput 

Ternyata konsep dari bandwith tidak cukup untuk menjelaskan tentang kecepatan jaringan. Sehingga munculah konsep throughput. Berbicara tentang kecepatan internet, pasti yang terlintas dibenak kita adalah bandwith. Iya kita sering menganggap besar ukuran bandwith dapat mempengaruhi kecepatan akinternet kita. Padahal , yang bertugas mengukur kecepatan adalah throughput. Throughput adalah bandwith aktual atau bandwith sebenarnya yang diukur dalam satuan waktu tertentu. Jika diumpamakan sebagai ekspedisi pengiriman jumlah bandwith menentukan  paket yang dapat dikirim dan diterima antar perangkat sekaligus, sedangkan thoughput memberi tahu anda berapa banyak paket yang tiba di tujuan atau  ditranmisikan. Pengertian lain throughput adalah jumlah data   benar-benar yang  terkirim, sedangkan pengertian bandwith merepresentasikan kapasitas.

Berikut perbedaan bandwith dan Throughput

  • Bandwith merupakan kapasitas, sedangkan
  • Throughput adalah representasi dari total kapasitas bandwidth yang sebenarnya terpakai.

Intinya throughput adalah besar atau jumlah bandwith sebenarnya

Faktor-faktor yang mempengaruhi Bandwith dan throughput

Antara lain:

  • Tipe data yang ditransfer
  • Spesifikasi komputer client
  • Spesifikasi komputer server
  • Induksi listrik maupun cuaca
  • Banyaknya pengguna jaringan
  • Topologi jaringan yang dipilih
  • Perangkat jaringan yang dipakai

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini kita jadi tahu apa pengertian bandwith,fungsi dan jenis-jenisnya. Semoga dengan membaca artikel ini  dapat menambah wawasanmu tentang dunia jaringan. Sekian dan Sampai jumpa!

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Artikel Lainnya

Konfigurasi DHCP Server Mikrotik

Bagi anda pengguna internet pasti tidak asing dengan platform website yang dikhusus kan untuk membuatan konten seperti wordpress, blogspot, dan lain sebagainya. Namun pernah gak kalian menyadari bahwa website konten tersebut adalah salah satu contoh dari pada CMS, lalu apakah CMS itu sebenarnya ? Mari simak penjelasan dari kami dibawah ini !

Read more »
pengertian-cms

Pengertian CMS, Fungsi, dan Contohnya.

Bagi anda pengguna internet pasti tidak asing dengan platform website yang dikhusus kan untuk membuatan konten seperti wordpress, blogspot, dan lain sebagainya. Namun pernah gak kalian menyadari bahwa website konten tersebut adalah salah satu contoh dari pada CMS, lalu apakah CMS itu sebenarnya ? Mari simak penjelasan dari kami dibawah ini !

Read more »

Mau Konsultasi?

Kami telah melayani berbagai jenis pekerjaan di berbagai kota di Indonesia, 
tim kami siap untuk membantu memberikan solusi setiap permasalahan IT anda.