FTP Server: Pengenalan, Fungsi dan Contohnya

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Kali ini saya akan menjelaskan mengenai FTP Server mulai dari Pengenalan FTP  , Sejarah FTP , Fungsi FTP ,  Kelebihan dan Kekurangan FTP  , Cara menggunakan FTP , Contoh FTP . Yuk simak artikel ini dengan baik baik agar anda lebih mengerti tentang FTP.

PENGENALAN FTP

File Transfer Protocol atau FTP adalah protokol internet yang digunakan untuk urusan pengiriman data dalam jaringan. Jika anda mengunduh atau mengunggah sesuatu itu merupakan bantuan dari FTP server.

FTP memiliki 2 hal penting yaitu :

– FTP Server

Server yang menjalankan software untuk melayani permintaan dari FTP Client.

– FTP Client

 Device yang kamu gunakan untuk melalukan berbagai aktivitas , akan tetapi device kamu harus terhubung ke FTP server terlebih dahulu agar bisa melakukan aktivitas seperti mengunduh ,  mengunggah , delete , dan sebagainya.

FUNGSI FTP

Lalu, apa saja fungsi FTP? File Transfer Protocol ternyata memiliki banyak fungsi yang tentunya sangat bermanfaat untuk pengguna komputer. Fungsi ftp adalah :

– Mencadangkan data dengan mudah

FTP sangat menguntungkan bagi pengguna akun website, karena pengguna dapat membuat cadangan data website mereka dengan langkah yang mudah.

– Memudahkan user untuk bertukar informasi atau data

Pengguna komputer bisa melakukan pertukaran informasi maupun file antar komputer dengan langkah yang mudah meski ukuran file yang ditukar sangat besar sekalipun.

– Pengiriman data lebih efisien

Data yang ditransfer menggunakan FTP dapat berjalan dengan lebih efisien. Ini dikarenakan pengguna komputer tidak perlu melakukan langkah-langkah yang rumit.

udah jelas tentang fungsi ftp kan ? sekarang lanju ke kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan dan Kekurangan FTP

Selain memiliki fungsi yang banyak , FTP  juga memiliki keunggulan dan kekurangan yang banyak. Apa saja keunggulan dan kekurangannya itu ? yuk baca artikel dibawah ini…..

Kelebihan FTP

– Transfer Data melalui FTP sangat mudah dan efisien

– Meski menggunakannya memerlukan verifikasi, namun sudah ada software yang membantumu melakukannya, beserta dengan petunjuk verifikasi. Tambahan informasi, verifikasi menggunakan FTP ini hanya ada dua langkah saja.

– Bisa digunakan sebagai indirect computer atau implicit remote computer.

– Bisa digunakan untuk mem-backup data atau file.

– Sistem keamanan yang digunakan dalam FTP ini enkripsi pada jaringan agar tidak khawatir akan peretasan data pribadi.

Selain mengenal kelebihan dari FTP , ada juga kekurangan dari FTP antar lain

Kekurangan FTP

– Sangat bergantung pada sistem keamanan enkripsi. Tanpa sistem enkripsi, FTP tidak aman.

– susahnya memahami informasi pada saat diterima karena sering terjadi kesalahan dalam menyampaikan informasi.

– Desain yang tidak terlalu kuat.

Setelah mengetahui keunggulan dan kekurangannya pasti kamu berpikir bagaimana cara kerja ftp? Oleh karena itu simak lanjutan artikel berikut ini.

CARA MENGGUNAKAN FTP

Cara kerja FTP terbilang sangat mudah ,  karena cara kerjanya lumayan simple dan mudah di hafal lhooo. Secara umum cara menggunakan FTP adalah sebagai berikut,

1.FTP Client akan meminta koneksi pada FTP Server.

2.Jika sudah terhubung, FTP dapat digunakan untuk menukar data.

3.FTP dapat dilakukan dalam mode aktif dan pasif juga lhoo.

4.Diantara kedua mode, client bisa membuat kontrol TCP dari Port N menuju FTP server port 21.

Hal diatas merupakan cara kerja FTP yang secara umum. Sekarang kita lanjut contohnya, emanga contoh ftp apa aja sih ?

CONTOH FTP

Berikut ini merupakan contoh ftp adalah sebagai berikut ini,

1.Filezilla

FileZilla adalah salah satu contoh FTP Client yang paling banyak digunakan, kelebihannya adalah bisa menangani transmisi simultan (transfer multithreaded), support SFTP dan FTPS. Selain itu bisa dipakai untuk semua sistem operasi baik windows, MacOSX ataupun Linux.

2.Classic FTP

Classic FTP adalah contoh FTP client yang gratis untuk pemakaian non-komersial. Aplikasi ini mempunyai antarmuka yang sederhana, yang memiliki kelebihan karena mudah digunakan. Tersedia untuk Windows dan MacOSX.

3.WINSCP

WinSCP merupakan aplikasi yang juga cukup populer meskipun tidak sepopuler Filezilla. Beberapa protokol yang dapat ditangani oleh WinSCP adalah SFTP, SCP, FTP, dan WebDev.  Memiliki kelebihan dukungan SSH Password, Public key, dan sebagainnya.Sayangnya, aplikasi FTP ini hanya bisa digunakan di Windows saja.

Itulah penjelasan tentang FTP mulai dari Pengenalan FTP  , Sejarah FTP , Fungsi FTP ,  Kelebihan dan Kekurangan FTP , Cara menggunakan FTP , Contoh FTP . semoga dapat bermanfaat untuk kalian. Terimakasih telah mengunjungi website kami dan jangan lupa untuk mengunjungi artikel lainnya.

 

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Artikel Lainnya

Mau Konsultasi?

Kami telah melayani berbagai jenis pekerjaan di berbagai kota di Indonesia, 
tim kami siap untuk membantu memberikan solusi setiap permasalahan IT anda.