Bagikan :

Jika kamu sering mendengar kata perangkat keras pada umumnya seperti komputer atau server dan masih banyak lagi,dan pastinya kamu tahu apa itu motherboard. Salah satu unit perangkat keras ini juga atau yang di maksud dengan mainboard adalah komponen salah satu dari komputer.

Tugas utama yang di kerjakan oleh motherboard yaitu untuk papan utama yang menghubungkan berbagai komponen-komponen elektronik pada perangkat keras.

Nah maka dari itu ,jika kamu ingin tahu lebih dalam tentang apa itu motherboard atau mainboard silahkan kamu baca penjelasan di bawah ini :

Apa Itu Motherboard ?

Motherboard atau yang di sebut dengan mainboard adalah sebuah perangkat keras dan papan sirkuit yang ada dalam sebuah casing sebuah komputer dan dimana komponen komputer terhubung dengan motherboard.

Motherboard juga menyediakan beberapa komponen perangkat keras agar terkoneksi dengan komputer yaitu seperti prosessor (CPU), Memori (RAM), Hard drive, dan Kartu Video.

Lebih jelasnya,motherboard adalah sebuah (PCB) atau yang di sebut dengan printed circuit board yang bertindak untuk tulang belakang pada sebuah komputer,karena motherboard menyediakan sebuah konektivitas elektrik yang disebut juga dengan bus sehingga komponen yang ada pada motherboard agar dapat terhubung.

Dan juga bisa di bilang ,pada bagian motherboard atau mainboard adalah inti dalam komponen itu sendiri.

Jika kamu ingin tahu lebih jelas ,kamu bisa membongkar pasang pada bagian ini agar komponen pada motherboard berjalan dengan sangat baik.

Fungsi dari Motherboard

Setelah kamu membaca tentang pengertian dari Motherboard atau mainboard, selanjutnya kamu harus memahami fungsi-fungsi dari main board.

Fungsi dari motherboard adalah sebagai pusat penghubung antara perangkat keras dengan perangkat keras lainya. Antara lain yaitu, Motherboard bertugas untuk menghubungkan bahasa kode antar perangkat keras untuk disenergikan dalam sebuah aktivitas kerja seperti halnya cara kerja komputer tersebut.

Contoh, Motherboard berfungsi menghubungkan beberapa perangkat keras yaitu seperti Prosessor, RAM, Harddisk, Power Supply,dan masih banyak lagi.

Dengan  kita tahu fungsinya seperti itu, maka wajar Motherboard memang merupakan salah satu komponen penting di dalam setiap sistem komputer.

Komponen  Motherboard

Khususnya Motherboard yang ada di dalam komputer  di susun juga atas berbagai komponen yang di perlukan untuk membantu membangun dalam sebuah system computer, dan komponen – komponen umumnya dalam sebuah Motherboard yaitu :

1. Socket Prossesor (CPU socket)

Socket yang berguna sebagai penyimpan Prosessor yang merupakan otak dari Central Processor Unit.

Komponen tersebut berada di bagian pertama Motherboard yang harus sesuai dengan penempatanya agar dapat berfungsi, jika tidak tidak akan berfungsi.

2. Bios

Bios atau yang di sebut dengan chipset atau Basic Input Output System yang artinya yaitu sebuah chip berguna untuk mengontrol sebuah hardware yang terpasang dan juga yang sudah terkoneksi pada Motherboard. Bios ini terletak pada komponen kedua pada bagian Motherboard, alat ini juga untuk pengecekan hardware pada Motherboard apakah sudah terpasang dengan baik dan benar.

3. Slot Memory

Slot Memory bagian ketiga dalam Motherboard yang digunakan untuk meletakan memory RAM atau Slot Memory. Secara fisik juga slot memory bentuknya memanjang dan ada pengait di dalam slot memory tersebut, gunanya agar posisi RAM dapat mengunci dengan baik letaknya berada dekat dengan sebuah Socket Prosessor. Slot Memory terletak pada komponen ketiga pada bagian Motherboard.

4. Slot IDE dan Slot SATA

Slot IDE dan Slot SATA adalah bagian ke empat dalam Motherboard yang di gunakan juga menghubungkan sebuah CD-ROM ataupun Hard Disk. Bentuk keduanya memang berbeda tapi fungsi yang di dalam keduanya sama saja. Slot IDE biasanya terdapat pada Motherboard tetapi keluaran lama, dan sedangkan SATA adalah keluaran baru yang masih menyimpan atau menyisipkan Slot IDE.

5. Slot AGP dan PCI

Slot AGP yang terletak pada komponen bagian kelima yang berguna untuk meletakan bagian hardware tambahan yaitu seperti Video card,Lan card,maupun Sound card. Atau yang lebih jelasnya berfungsi sebagai tempat VGA dalam menyalurkan kode menjadi sebuah gambar atau yang di sebut dengan gambar di sebuah monitor.

Sedangkan PCI yaitu slot yang berfungsi sebagai tempat LAN Card agar terhubung dengan internet.

6. Baterai CMOS

Baterai CMOS atau yang di sebut dengan Complimentary Metal Oxide Semiconduktor merupakan baterai yang fungsinya yaitu  memberikan daya untuk Bios agar dia mampu menyimpan semua pada Bios . Bentuk dari Baterai CMOS kecil melingkar seperti baterai jam tangan namun ukuranya berbeda dan lebih sedikit besar jika baterai tersebut di ambil atau di cabut maka BIOS akan Kembali pada setingan dari pabrik.

7. Konektor Daya

Konektor daya yang terdapat pada komponen ketujuh berguna untuk menghubungkan Power supply  dan Mother board sehingga motherboard juga akan teraliri arus liatrik konektor power atau disebut dengan konektor daya biasanya terdiri dari 24 pin atau lubang yang berbentuk kotak kotak yang mengikuti  Panjang Atau banyak kabel Power Connector.

8. Konektor Drive penyimpanan

Konektor yang berhubungan dengan motherboard dengan perangkat penyimpanan yaitu Hardisk,optical drive.SSD dan lain-lain.

9. Port I/0 /panel belakang atau Input Output ports

Pot I/0/panel belakang atau yang di maksut dengan input output ports yang terletak pada komponen yang mengubungkan bagian perangkat dengan perangkat lainya seperti monitor,mouse,keyboard,audio atau pengeras suara dan lain – lain.letaknya ada pada pinggir motherboard.

10. Panel depan

Pin – pin kecil tersebut adalah sebagai tempat umtuk penghubungan antar kabel Power,Restart,LED HDD,dan LED power.

Itulah komponen yang ada terdapat di Motherboard dan sekarang kamu harus mengetahui tentang apa jenis – jenis dari Mother board itu.

Jenis Motherboard

Setelah kamu memahami tentang penjelasan Motherboard,Fungsi Motherboard dan Komponen tentang Motherboard,selanjutnya kamu disini akan memelajari jenis – jenis dari motherboard

Papan Utama AT atau Motherboard AT Baby/AT

Papan utama AT atau Motherboard AT Baby/AT  ini adalah Jenis Motherboard  keluaran pertama tetapi saat ini sudah tidak di gunakan lagi . Pada tahun 90 an ada jenis perangkat keras yang BernamaMobo ini digunakan sebagai  prosessor pentum2. Dan ukuran Motherboard satu ini yang terbilang cukup besar dan mudah memanas. Dan lebih tepatnya Motherboard ini mengunakan format 386 – 486 kemudian di ubah menjadi tipe ATX yang bertujuan memberi udara yang lebih baik.

Papan Utama ATX atau Motherboard ATX

Papan Utama ATX  atau Motherboard ATX ini dapat juga di ubah menjadi AT baby jika kamu ingin memudahkan dalam cara pengerjaan ,kamu dapat memasukan perangkat priperal yaitu seperti konektor IDE yang terletak pada samping disk. Ada beberapa jenis ATX yaitu:

  • Standar ATX
  • Micro ATX
  • Mini ATX
  • Nano ATX
  • Pico ATX

Papan Utama BTX atau Motherboard BTX

Papan utama BTX atau Motherboard BTx ini adalah jenis kompatibep dari produk intel dan di desain untuk mengoptimalkan sirkulasi udara ,serta juga pengendalian panas terhadap Motherboard BTX.Pengunaan Mobo atau disebut dengan jenis puan juga memiliki daya sama seperti dengan daya yang di pakai dengan mobo ATX.

Papan Utama ITX atau Motherboard ITX

Papan utama ITX atau Motherboard ITX ini  yaitu jenis tipe mobo yang mengunakan mini PC maupun PC tablet, dimana juga Motherboard ITX ini sangatlah kompatibel dengan mengunakan format VIA dan sehingga sangat cocok untuk digunakan  mobo jenis Papan utama ITX ini sama persis dengan mini-ITX atau pun nano ITX.

Itu lah penjelasan tentang Motherboard dan beberapa komponen,fungsi  serta jenis yang seperti penjelasan di atas semoga dapat membantu dan bermanfaat.

Artikel Terpopuler

Artikel Lainnya

Artikel Lainnya

Mau Konsultasi?

Kami telah melayani berbagai jenis pekerjaan di berbagai kota di Indonesia, 
tim kami siap untuk membantu memberikan solusi setiap permasalahan IT anda.