Bagikan :

Sebelumnya kita pernah membahas tentang web server namun yang kita bahas dulu adalah web server apache. Nah pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan tentang web server selain apache, yaitu Nginx. Bagi yang belum menyimak artikel tentang web server apache kalian bisa mempelajarinya disini.

Lalu, apa pengertian dari Nginx ? Nginx adalah salah satu dari sekian banyak web server, banyak developer yang menggunakan nginx. Unik juga ya nama dari web server yang satu ini, Nginx sebenarnya dibaca ( Engine – Ex ), tentu saja web server ini punya kelebihannya tersendiri.

Yuk kita simak pengertian nginx dan kelebihannya !

Pengertian Nginx

Pengertian Nginx adalah sebuah web server yang bersifat open-source sehingga para pengguna bebas untuk menggunakan semua fitur yang disediakan oleh nginx. Web server ini juga memiliki peforma yang sangat baik sehingga mampu dalam membuat website yang powerful dan canggih.

Tahukah Anda ? Bahwa Nginx diproduksi oleh perusahaan Nginx, Inc dan perusahaan ini didirikan oleh orang Rusia yang bernama Igor Sysoev pada tahun 2011.

Dulu nya nginx hanya bisa digunakaan untuk server HTTP. Namun seiring berkembangnya teknologi sekarang nginx bisa digunakan sebagai Load Balancer website yang sedang berjalan, HTTP Cache, dan Server Proxy.

Bagaimana Cara Kerja Nginx ?

Setelah mempelajari tentang pengertian nginx, kali ini kita akan mempelajari cara kerja nginx itu sendiri. Penasaran ? Yuk simak dengan seksama.

Nginx memiliki kapasitas memori yang kecil sehingga performanya akan semakin tinggi, nginx juga dapat melakukan pekerjaan saat melakukan pekerjaan lain secara bersamaan dikarenakan nginx menggunakan asynchronous dan event driven. Hal itu yang dapat menarik web developer sehingga banyak yang beralih ke web server nginx.

Lalu bagaimana semua fitur tersebut dapat bekerja ? Jika kita menggunakan nginx maka akan satu proses utama yang dapat mengontrol berbagai proses lainnya. Jadi proses utama ini akan tetap melakukan pekerjaannya sambil mengontrol proses yang lainnya tanpa terganggu sedikit pun. Cukup praktis bukan ?

Kelebihan Nginx dibandingkan Web Server lainnya

Nginx sudah terbukti sangatlah bagus dikalangan web developer, banyak yang sudah mencobanya dan memberi respon baik. Dan dibawah ini adalah kelebihan dari nginx yang membuat para web developer betah menggunakan fitur-fiturnya.

1.Pengganti Software atau Hardware Load Balancer

Sebuah website berskala besar contohnya Google, memiliki traffic jaringan yang sangat tinggi dikarenakan penggunanya yang banyak. Google pasti memerlukan sebuah hardware dan software load balancer kualitas premium untuk membantu staf mengelola traffic jaringan yang ada.

Dengan menggunakan nginx anda tidak perlu membeli hardware atau software load balancer premium untuk mengelola traffic website Anda. Nginx dapat menjadi load balancer untuk website anda dengan harga murah dan mudah digunakan.

2.Memiliki berbagai macam Tools yang dapat digunakan

Selain pengganti software load balancer, nginx juga memiliki banyak tools yang dapat dinikmati oleh pengguna contohnya seperti cache konten dan server proxy. Dan seluruh konfigurasi ini terpusat dalam satu aplikasi saja, sehingga mempermudah penggunanya dalam pemantauan dan meminimalisir jumlah tool yang anda kelola.

3.Tersedia Dokumentasi yang Lengkap

Untuk pengguna baru atau masih awam dengan webserver nginx tentu saja nginx menyediakan dokumentasi yang lengkap seperti tutorial, webinar dan dokumen yang dapat anda pelajari. Jika anda masih bingung menggunakan nginx anda dapat menggunakan Nginx Plus yang memiliki fasilitas customer service, jadi anda dapat berkomunikasi langsung dengan staf tentang masalah yang anda hadapi ketika menggunakan nginx.

4.Nginx Masih Berkembang Hingga Saat Ini

Hingga saat ini nginx terus berkembang, seiring perkembangan website modern nginx terus mengembangkan berbagai macam fitur baru sehingga tidak ada pengiriman data yang corrupt atau cacat. Nginx juga berencana akan mengimplementasikan Javascript yang disesuaikan dan dukungan module-module yang dinamis.

Kesimpulan

Nginx adalah sebuah webserver yang memiliki performa jauh lebih baik dibandingkan dengan webserver lain. Nginx memilliki berbagai macam fitur atau tools yang bebas digunakan oleh pengguna, contohnya : sebagai load balancer, http cache, dan server proxy.

Banyak web developer dan pengguna lainnya membuktikan kehebatan nginx sehingga banyak forum yang membahas tentang kelebihan yang dimiliki nginx. Lalu, nginx juga memiliki dokumentasi yang sangat lengkap seperti tutorial, webinar, dan dokumen-dokumen sehingga kita para pemula atau awam dapat mempelajari dan memahmi nginx lebih dalam. Selain itu nginx memiliki pilihan Nginx Plus yang memberikan layanan customer service sehingga kita dapat terhubung langsung dengan tim dari Nginx untuk menanyakan perihal masalah yang kita alami ketika menggunakan nginx.

Bagaimana apa sudah jelas tentang pengertian nginx serta kelebihannya ? Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Nantikan artikel selanjutnya yang akan membahas lebih dalam ilmu-ilmu di dunia jaringan.

Artikel Terpopuler

Artikel Lainnya

Artikel Lainnya

Mau Konsultasi?

Kami telah melayani berbagai jenis pekerjaan di berbagai kota di Indonesia, 
tim kami siap untuk membantu memberikan solusi setiap permasalahan IT anda.