Bagikan :

Mungkin bagi kalian tidak asing mendengar maupun melihat kata PHP. Pada dunia internet PHP memiliki arti yang berbeda seperti anda kenal, kali ini kita akan membahas tentang salah satu bahasa pemrograman yang di gunakan untuk web development maupun pembuatan aplikasi/program. Yuk simak secara seksama !

Pengertian PHP

Pengertian PHP adalah salah satu bahasa pemrograman yang wajb dipelajari dalam hal pengembangan website. Karena, PHP adalah bagian yang dapat membuat website Anda menjadi lebih dinamis. Tidak hanya itu, PHP merupakan salah satu bahasa pemrograman yang dapat berinteraksi langsung dengan database.

PHP adalah singkatan rekursif untuk “PHP: Hypertext Preprocessor”, yaitu bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk penanganan pembuatan dan pengembangan sebuah situs web dan bisa digunakan bersamaan dengan HTML.

PHP adalah bagian dari bahasa skrip, seperti JavaScript dan Phyton. Mengutip modul Dasar-Dasar PHP dari dinus.ac.id, PHP merupakan bahasa script yang dijalankan pada sisi server (SSS: Server Side Scripting). Database yang didukung PHP antara lain: MySQL, Informix, Oracle, Sybase, Solid, PostgreSQL, Generic ODBC. PHP adalah software Open Source, bebas untuk diunduh dan digunakan.

Pengertian PHP Menurut Para Ahli

Menurut Arief (2011)

PHP adalah bahasa sever-side-scripting yang menyatu dengan HTML untuk membuat halaman web yang dinamis. Karena PHP merupakan server-side-scripting maka sintaks dan perintah-perintah PHP akan diesksekusi deserver kemudian hasilnya akan dikirimkan ke browser dengan format HTML.

Dengan demikian kode program yang ditulis dalam PHP tidak akan terlihat oleh user sehingga keamanan halaman web lebih terjamin. PHP dirancang untuk membuat halaman web yang dinamis, yaitu halaman web yang dapat membentuk suatu tampilan berdasarkan permintaan terkini, seperti menampilkan isi basis data ke halaman web.

Menurut Nugroho (2006)

PHP atau singkatan dari personal home page merupakan bahasa skrip yang tertanam dalam HTML untuk dieksekusi bersifat server side. PHP termasuk dalam open source product, sehingga source code PHP dapat diubah dan didistribusikan secara bebas. Versi terbaru PHP dapat diunduh secara gratis melalui situs resmi PHP:  http://www.php.net.

PHP mempunyai koneksitas yang baik dengan beberapa DBMS seperti Oracle, Sybase, mSQL, MySQL, Microsoft SQL Server, Solid, PostgreSQL, Adabas, FilePro, Velocis, dBase, Unix dbm, dan tidak terkecuali semua database ber-interface ODBC.

Hampir seluruh aplikasi berbasis web dapat dibuat dengan PHP. Namun kekuatan utama adalah konektivitas basis data dengan web. Dengan kemampuan ini kita akan mempunyai suatu sistem basis data yang dapat diakses.

Menurut Tim EMS (2016)

PHP adalah singkatan dari PHP Hypertext Preprocessing. Merupakan bahasa scripting untuk wab yang cukup popular. Dengan PHP, anda bisa membuat web dinamis dimana kode PHP diselipkan diantara script kode-kode HTML yang merupakan bahasa markup standar untuk dinia web.

Menurut Kustiyaningsih (2011)

PHP adalah skrip bersifat server-side yang ditambahkan ke halaman HTML. Skrip ini akan membuat suatu aplikasi dapat di integrasikan ke dalam HTML sehingga suatu halaman web tidak lagi bersifat statis, namun menjadi dinamis. Sifat server side berarti pengerjaan kode program dilakukan di server, baru kemudian hasilnya dikirimkam ke browser.

Fungsi PHP pada Pemrograman Web

Fungsi PHP adalah membuat atau mengembangkan situs web statis atu situs web dinamis atau aplikasi web. Walaupun sebenarnya bukan hanya PHP bahasa pemrogaman yang bisa digunakan untuk memuat website.

PHP digunakan karena untuk membuat website dinamis bisa digunakan untuk menyimpan data kedalam database, membuat halaman yang dapat berubah-ubah sesua dengan input user, memproses from, dll.

Dalam membuat file PHP dapat digabung menggunakan tag HTML, Dan ketika tanpa menggunakan tag HTML ada pun disebut file PHP Murni. Server menginterprestasikan kode PHP dan mengeluarkan hasilnya sebagai kode HTML ke browser web. Agar server mengidentifikasi kode PHP dari kode HTML, kita harus selalu menyertakan kode PHP dalam tag PHP.

Kelebihan dan Kekurangan PHP

PHP merupakan sebuah bahasa scripting yang terpasang pada HTML. Sebagian besar syntaxnya serupa dengan bahasa pemrograman C, Java, asp dan Perl, ditambah lagi dengan beberapa fungsi PHP yang spesifik dan mudah untuk dipahami.

Kelebiahan PHP

  • Dapat membuat Web menjadi lebih Dinamis.
  • PHP sifatnya Open Source yang artinya bisa digunakan oleh siapa saja secara gratis.
  • Program yang dibuat dengan PHP dapat digunakna atau dijalankan oleh Semua Sistem Operasi karena PHP berjalan secara Web Base yang berarti semua Sistem Operasi bahkan HP yang memiliki Web Browser bisa menggunakan program PHP.
  • Aplikasi PHP lebih cepat dan mudah jika dibandingkan dengan ASP dan Java.
  • Mendukung beberapa paket Database seperti MySQL, Oracle, PostgrSQL, dan lain-lain.
  • Bahasa pemrograman PHP tidak membutuhkan Kompilasi / Compile dalam penggunaannya.
  • Banyak Web Server yang mendukung PHP seperti Apache, Lighttpd, IIS dan yang lainnya.
  • Dalam pengembangan Aplikasi PHP mudah karena banyak Dokumentasi, Refrensi &Developer yang mendukung dalam pengembangannya.
  • Banyak bertebaran Aplikasi dan Program PHP yang Gratis &Siap pakai seperti PrestaShop, WordPress, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kekurangan PHP

  • Tidak ideal jika untuk pengembangan skala besar.
  • Tidak mempunyai sistem pemrograman berorientasi objek yang sesungguhnya.
  • Tidak dapat memisahkan antara tampilan dengan logik dengan baik (Meskipun penggunaan template bisa memperbaikinya)
  • PHP mempunyai kelemahan security tertentu yang mana jika programmer tidak jeli dalam melakukan pemrograman dan kurang memperhatikan isu dan konfigurasi PHP
  • Kode PHP bisa dibaca semua orang, dan kompilasi hanya bisa dilakukan dengan tool yang mahal dari Zend ($2000).

Pelajari juga : Bahasa Pemrograman CSS

Artikel Terpopuler

Artikel Lainnya

Artikel Lainnya

Mau Konsultasi?

Kami telah melayani berbagai jenis pekerjaan di berbagai kota di Indonesia, 
tim kami siap untuk membantu memberikan solusi setiap permasalahan IT anda.