Mengenal Kategori Kabel UTP

Bagikan :

kategori kabel utp

Sebelumnya kita pernah membahas tentang macam-macam kabel pada jaringan, mulai dari kabel LAN sampai dengan Fiber Optik. Salah satu dari kabel jaringan tersebut adalah kabel UTP, dari kabel UTP nya sendiri ada beberapa kategori, nah ini yang akan kita pelajari pada artikel kali ini yaitu tentang kategori kabel UTP

Pengertian Kabel UTP

Sebelum mengenal lebih dalam mengenai kategorinya kita harus memahami dulu kabel UTP itu seperti apa, UTP atau Unshielded Twisted Pair sering digunakan pada jaringan-jaringan berskala kecil sampai besar. Memiliki material dari tembaga dan dapat mengirim ataupun menerima data melalui arus listrik, dibandingkan dengan jenis kabel lainnya UTP lebih unggul dari segi instalasi dan harga yang cukup terjangkau.

Namun kelemahan dari kabel UTP ini sendiri adalah memiliki kapasitas sejauh 100 meter untuk mentransfer data, lebih dari itu data tidak akan bisa dikirim secara langsung. Biasanya para teknisi akan menggunakan alat yang disebut Hub atau Switch untuk pendistribusian jaringan lebih jauh lagi.

 

Mengapa Harus Kabel UTP?

manfaat merawat jaringan

Di era teknologi seperti sekarang ini terdapat macam-macam metode yang dapat dilakukan dalam mendistribusikan akses internet ke peralatan kita (Smartphone, atau Komputer). Seperti menggunakan metode dengan kabel maupun tanpa kabel (Wireless), namun setiap metode memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing.

Dibandingkan dengan wireless, menggunakan kabel pada pendistribusian jaringan sangatlah kami sarankan. Dikarenakan wireless memiliki kelemahan pada sinyal yang dipancarkan, kecepatan atau bandwidth yang akan kita terima bergantung dari seberapa dekat jarak kita dengan alat wireless (semakin jauh maka sinyal akan semakin kecil dan bandwidth yang kita terima akan kecil juga).

Dengan menggunakan kabel kita dapat menikmati akses internet dengan kecepatan atau bandwidth yang stabil, namun juga masih bergantung dengan ISP yang kita pakai. Dan tentu saja menggunakan kabel dapat meminimalisir adanya masalah pada jaringan.

 

Kategori Kabel UTP yang Sering Dipakai

Bagaimana apakah sudah paham mengenai kabel UTP dan mengapa kita menyarankan menggunakan kabel untuk distribusi jaringan? Jika paham kita akan beralih ke topik kategori-kategori kabel UTP yang sering dipakai.

UTP CAT1

Kabel CAT1 merupakah kategori kabel dengan kualitas pengiriman data terendah yaitu hanya 1 Mbps saja. Meskipun memiliki kualitas transmisi yang rendah kabel ini dapat mendukung komunikasi suara analog atau bisa disebut telephone, penggunaan kabel CAT1 sudah ada sejak dulu sekitaran tahun 1983 untuk menghubungkan telephone analog.

 

UTP CAT2

Jika Kabel CAT2 memiliki kecepatan transmisi sebesar 4 Mbps, kabel ini sepertinya kurang cocok jika digunakan untuk peralatan modern pada saat ini dikarena hanya dapat mendukung transimis data berupa suara digital saja. Contohnya seperti teknologi Token Ring dari IBM.

 

UTP CAT3

Kabel CAT3 memiliki kecepatan sebesar 10 Mbps, kabel ini tidak jauh beda dengan kategori CAT2 karena hanya mendukung komunikasi data dan suara digital. Bedanya cuman dari kecepatan transmisinya saja.

 

UTP CAT4

Kategori CAT4 memiliki kecepatan 16 Mbps, dapat mendukung jaringan IBM Token Ring dan jaringan Ethernet sederhana.

 

UTP CAT5

Semakin pesatnya teknologi jaringan, kabel UTP juga ikut berkembang ke ero modern. Dengan kecepatan transmisi sebesar 100 Mbps dan dapat menyentuh angka 1 Gbps dengan syarat kabel harus lebih pendek dari 100 meter. Jika kabel CAT5 lebih panjang dari 100 meter maka kecepatan transmisi akan berkurang bahkan sampai tidak bisa mengirim maupun menerima data.

Dan pada saat ini masih banyak yang menggunakan kabel CAT5 untuk distribusi jaringan karena proses instalasi yang cukup mudah dan biaya yang tidak begitu banyak.

 

UTP CAT5e

CAT5e adalah sebuah bentuk pengembangan dari kabel UTP CAT5, bedanya hanya pada kecepatan transmisi hingga 1 Gbps. Sangat kita rekomendasikan menggunakan kabel CAT5e karena cocok untuk penggunaan jaringan Gigabit Ethernet dan harga yang terjangkau dibandingkan dengan CAT6.

 

UTP CAT6

Memiliki kecepatan transmisi yang menyentuh angka 10 Gbps kabel ini banyak diminati karena frekuensi komunikasi yang mencapai 250 Mhz. Namun kabel dengan kategori ini cukup mahal namun kinerja sangatlah baik dibandingkan dengan kategori dibawahnya.

 

UTP CAT6a

Kabel ini bentuk peningkatan dari kabel UTP CAT6 yang memiliki frekuensi komunikasi lebih besar yaitu 500 Mhz, selebihnya sama seperti CAT6.

 

UTP CAT7

Adalah teknologi terbari pada kategori kabel UTP dan memiliki kecepatan transmisi hingga 10 Gbps dengan frekuensi komunikasi 600 Mhz. Mungkin sebagian orang sedikit asing dengan kabel kategori ini karena kalah populer dengan kabel CAT6, namun kabel ini dapat digunakan pada jaringan Gigabit Ethernet dan 10G Ethernet dengan panjang hingga 100 meter.

 

Bagaimana Karakteristik Kabel UTP itu?

Setelah mempelajari kategori kabel UTP diatas kita sekarang akan memahami tentang karakteristik kabel UTP yang harus kita ketahui.

  • Bagian dari kabel UTP adalah tembaga yang dilapisi pelindung yang terdiri dari 8 buah warna yang beberda-beda
  • Proses instalasi menggunakan konektor RJ-45
  • Kecepatan transmisi dapat mencapai 1 Gbps – 10 Gbps
  • Maksimal panjang hanya 100 meter (lebih dari itu transmisi akan bermasalah)

 

Kesimpulan

Salah satu metode pendistribusian jaringan adalah menggunakan kabel UTP, memiliki kualitas transmisi lebih bak daripada teknologi wireless dan menyentuh angka 10 Gbps untuk kecepatan transmisi. Kabel UTP juga memiliki beberapa kategori dan fungsinya masing-masing, namun di era sekarang banyak yang menggunakan kabel kategori CAT5 sampai CAT7.

Dengan mempelajari kabel UTP anda diharapkan dapat paham dan dapat diimplementasikan ke kegiatan yang berhubungan dengan jaringan internet. Semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya

pengertian virtual box

Mengenal Virtual Box, dan Cara Menggunakannya

Singkatnya Virtual Box adalah software virtualisasi. Bagi masyarakat awam pasti sangat asing mendengar atau mengetahui tentang software yang satu ini, biasanya software ini digunakan untuk kita yang ingin mempelajari sebuah Sistem Operasi tertentu.

Read more »

Mau Konsultasi?

Kami telah melayani berbagai jenis pekerjaan di berbagai kota di Indonesia, 
tim kami siap untuk membantu memberikan solusi setiap permasalahan IT anda.