Pengertian RAM & Jenis-Jenis RAM yang Belum Kalian Ketahui

Bagikan :

pengertian ram

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah RAM, saat kita akan membeli perangkat elektronik pasti yang kita perhatikan pertama kali adalah RAM itu sendiri. Namun, apasih RAM itu? yuk kenali apa itu pengertian RAM dan jenis – jenisnya!

Pengertian RAM

Untuk pengertian RAM atau Random Access Memory adalah penyimpanan sementara yang terdapat pada perangkat elektronik seperti komputer, laptop dan smartphone. Namun, kenapa RAM disebut penyimpanan sementara? Karena RAM hanya digunakan pada saat perangkat bekerja atau beroperasi, jadi saat perangkat itu dimatikan data – data yang disimpan RAM akan hilang. Kapasitas RAM akan sangat berpengaruh pada suatu perangkat, semakin besar kapasitas RAM akan semakin optimal perangkat dalam memproses data.

Jenis-Jenis RAM

Sebenernya ada beragam jenis RAM dan masing masing memiliki fungsi dan keunggulan yang berbeda. Kali ini kita  akan membahas beberapa jenis RAM yang sering digunakan beserta fungsi – fungsinya.

1. DRAM

Dynamic Random Access Memory merupakan jenis RAM yang secara berkala disegarkan atau refresh oleh Central Processing Unit (CPU) agar data yang ada di dalam RAM tidak hilang.

Keuntungan dari DRAM adalah strukturnya yang sederhana hanya satu transistor yang diperlukan per bit. Namun, salah satu kelemahan DRAM adalah konsumsi daya yang relatif tinggi dari yang lain.

2. SDRAM

Synchronous Dynamic Random Access Memory adalah jenis RAM yang dapat mengimbangi clock yang ada di processor. Jika clock yang terdapat pada RAM dan processor itu sama, maka sistem komputer akan berjalan seimbang.

SDRAM memiliki kecepatan transfer data berkisar antara 100Mhz -133Mhz atau lebih cepat dari DRAM yang umumnya berkecepatan (4,7 mhz – 40 Mhz).

3. RDRAM

Rambus Dynamic Random Access Memory atau RDRAM diperkenalkan pada tahun 1999 oleh perusahaan Rambus. RDRAM memiliki kecepatan transfer yang lebih cepat daripada model memori yang lebih lama. Contohnya seperti SDRAM yang memiliki kecepatan transfer data mencapai 133Mhz, sedangkan kecepatan transfer data RDRAM bisa mencapai 1Ghz atau lebih. Namun, tidak semua motherboard dapat memanfaatkan kecepatan RDRAM yang sangat cepat.

4. SRAM

Static Random Access Memory adalah jenis RAM yang menyimpan data menggunakan metode statis. SRAM dapat menyimpan data di dalamnya tanpa harus ada penyegaran atau refresh dari CPU. Karena SRAM menyimpan data secara statis,  memori dapat berjalan lebih cepat dan membutuhkan daya yang lebih kecil daripada DRAM

SRAM umumnya digunakan dalam aplikasi kecil, seperti memori cache CPU dan buffer hard drive. SRAM juga digunakan dalam barang elektronik lainnya dari yang berukuran besar hingga yang berukuran kecil seperti mainan anak – anak.

Ciri – Ciri RAM yang Rusak

Adapun beberapa ciri – ciri RAM yang mengalami kerusakan antara lain :

Komputer mendadak mati

Ada 2 kemungkinan jika komputer mendadak mati, bisa jadi RAM yang mulai mengalami kerusakan atau pada Power Supply.

RAM tidak terdeteksi di BIOS

Ketika RAM tidak terdeteksi pada BIOS, maka kemungkinan besar tidak lama lagi RAM akan rusak dan mati, atau bisa juga slotnya yang bermasalah.

 

Komputer hanya menampilkan layar hitam

Saat komputer dihidupkan dan monitor hanya menampilkan layar hitam saja, kemungkinan VGA atau RAM anda bermasalah.

Komputer menjadi sangat lambat

Tanda berikut ini komputer dapat dihidupkan dengan normal namun, saat komputer digunakan akan terasa sangat lambat dan sulit untuk kembali ke kondisi normal.

Ingin bertanya mengenai komponen PC atau Laptop? Atau ingin berkonsultasi masalah PC yang anda pakai? Anda dapat menghubungi kami disini!

Kesimpulan

RAM adalah sebuah perangkat yang berfungsi sebagai penyimpanan sementara yang terdapat pada alat elektronik seperti Komputer, Laptop, bahkan Handphone.

Kenapa disebut penyimpanan sementara, hal ini disebabkan karena RAM akan menghapus semua data yang disimpan ketika perangkat yang kita pakai itu dalam keadaan mati atau off. Dan kapasitas atau besar kecilnya ram ini sangatlah berpengaruh pada tingkat keoptimalan perangkat dalam memproses data.

Jangan lupa untuk sesekali mengecek keadaan RAM PC atau Laptop anda, karea jika RAM yang kita pakai rusak maka kinerja perangkat yang anda pakai akan semakin menurun.

Artikel Lainnya

pengertian virtual box

Mengenal Virtual Box, dan Cara Menggunakannya

Singkatnya Virtual Box adalah software virtualisasi. Bagi masyarakat awam pasti sangat asing mendengar atau mengetahui tentang software yang satu ini, biasanya software ini digunakan untuk kita yang ingin mempelajari sebuah Sistem Operasi tertentu.

Read more »

Mau Konsultasi?

Kami telah melayani berbagai jenis pekerjaan di berbagai kota di Indonesia, 
tim kami siap untuk membantu memberikan solusi setiap permasalahan IT anda.