Kebutuhan Peralatan Instalasi Jaringan

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
peralatan instalasi jaringan

Kebutuhan Peralatan Instalasi Jaringan

Perkembangan teknologi membuat segala bidang membutuhkan koneksi internet. Tidak terkecuali di dunia kerja. Setiap karyawan dalam perusahaan akan membutuhkan koneksi internet. Koneksi internet yang lancar dan stabil menjadi sebuah kewajiban dalam sebuah perusahaan. Ketika terdapat gangguan pada koneksi internet kemungkinan besar akan menyebabkan produktivitas terganggu.

Untuk menjaga kelancaran koneksi internet, tentunya dibutuhkan tenaga khusus IT untuk selalu menjaga dan mengawasi koneksi tersebut. Tenaga IT ini juga harus didukung dengan peralatan instalasi jaringan yang lengkap dan memenuhi standar kebutuhan dan keamanan kerja. Berikut ini adalah daftar kebutuhan peralatan yang dibutuhkan dalam instalasi maupun maintenance jaringan komputer.

Contoh Peralatan Instalasi Jaringan

Dibawah ini adalah standart peralatan yang dibutuhkan tenaga IT untuk melakukan instalasi jaringan ataupun maintenance. Kami juga akan menjelaskan secara singkat fungsi dari masing-masing peralatannya.

1.Tang Crimping

Alat utama yang digunakan dalam instalasi jaringan adalah tang crimping. Alat ini berfunsi untuk memotong, mengupas dan menjepit kabel UTP, selain itu tang crimping adalah alat utama yang digunakan untuk memasang konektor RJ45 ke UTP.

2.LAN Tester

Kedua adalah LAN Tester, alat ini berfungsi sebagai pengecek koneksi RJ45 biasanya juga untuk RJ11. Kabel UTP yang sudah kita crimping bisa di cek menggunakan LAN Tester, baik tidak nya kabel bisa terlihat melalui indikator yang ada.

3.Tang Potong

Selain tang crimping untuk memotong kabel juga bisa menggunakan tang potong, alat ini lebih baik daripada tang crimping dalam hal memotong.

4.Palu dan Klem

Tentu saja kedua alat ini sangatlah penting dalam hal perapian kabel, dengan menggunakan klem kita dapat merapikan kabel di dinding dengan fleksibel.

5.Bor Listrik

Bor Listrik mungkin bisa digunakan untuk mempermudah membuat jalur kabel jika medannya sulit, dan mempersingkat waktu dalam instalasi dan perapian kabel.

6.Obeng 1 Set

Untuk alat yang satu ini mungkin sedikit sepele namun alat ini sangat befungsi untuk mempermudah saat maintenance jaringan.

7.Tangga

Tangga sangat dibutuhkan ketika instalasi jaringan apalagi medan yang cukup tinggi, kita dapat menjangkau bagian-bagian yang sulit untuk dijangkau.

8.Body Harness

Mungkin alat ini sedikit asing bagi kalian namun alat ini sangat berguna ketika instalasi jaringan di medan yang cukup sulit, alat ini biasanya digunakan saat instalasi jaringan wireless, point to point, dan pemasangan tower. Alat ini berfungsi sebagai pengaman tubuh kita untuk meminimalisir kecelakaan saat pengerjaan.

9.Avo Meter

Alat ini berfungsi untuk mengukur hambatan, tegangan dan arus listrik. Fungsi dari alat ini sangat sering digunakan teknisi untuk mengukur tegangan saat pekerjaan instalasi jaringan seperti CCTV maupun instalasi kelistrikan.

10.Splicer Fiber Optik

Biasanya alat ini digunakan untuk instalasi jaringan fiber optik, berfungsi sebagai penyambung ujung fiber optik. Selain untuk menyambungkan kabel fiber optik alat ini juga digunakan saat melakukan perbaikan kabel fiber optik yang terputus.

11.OPM

OPM singkatan dari Optical Power Meter berfungsi sebagai penerima sinyal kabel optik, dan mengubah sinyal optik menjadi sinyal elektrik serta diukur mengguanakan skala dBm.

12.OLS

Sedangkan OLS (Optical Light Source), berfungsi sebagai pemancar sinyal optik berupa sinar laser.

Kesimpulan

Seluruh kebutuhan peralatan instalasi jaringan tersebut harus disiapkan perusahaan jika perusahaan hendak membuat dan mengelola jaringan internetnya sendiri.

Peta Network hadir menjadi solusi bagi perusahaan untuk membuat dan mengelola jaringan internetnya. Dengan menjalin kerjasama dengan Peta Network, perusahaan sudah tidak membutuhkan peralatan tersebut diatas karena sudah disiapkan semua oleh Peta Network. Perusahaan tinggal menghubungi Peta Network dan seluruh kebutuhan perusahaan yang berhubungan dengan jaringan internet akan langsung teratasi.

Silahkan menghubungi Peta Network untuk perusahaan yang membutuhkan jasa instalasi jaringan internet. Baik itu melalui kabel UTP maupun instalasi fiber optik. Peta Network juga melayani  perusahaan untuk menjaga dan mengelola jaringan internet agar selalu berjalan optimal.

Artikel Lainnya

Mau Konsultasi?

Kami telah melayani berbagai jenis pekerjaan di berbagai kota di Indonesia, 
tim kami siap untuk membantu memberikan solusi setiap permasalahan IT anda.