Repeater, Penguat Sinyal Wifi

Bagikan :

pengertian repeater

Repeater biasanya disebut sebagai wifi extender. Repetaer memiliki fungsi sebagai penguat sinyal wifi. Kita mungkin telah mengetahui bentuk dari perangkat ini dalam kehidupan kita. Namun apakah kalian tau apa itu repeater? Bagaimana pengakat repeater ini bekerja? Dalam artikel ini akan kita bahas pengertian repeater, fungsi dari repeater, dan cara kerja repeater.

Pengertian Repeater

Repeater diambil dari kata “repeat” yang memiliki arti ulang. Sedangkan pengertian Repeater adalah alat yang berfungsi untuk memperluas jangkauan sinyal wifi yang lemah dari wifi utama. Bisa dibilang repeater adalah pengulang/penguat sinyal wifi. Repeater adalah perangkat yang menerima sinyal kemudian memancarkan kembali sinyal yang identik dengan sinyal asal, tetapi dengan cara yang berbeda.

Repeater umumnya digunakan pada topologi bus, di sinyal hanya diperkuat dari satu segmen kabel lainnya saja. Repeater disebut juga wifi extender karena manfaatnya yang bisa memperluas jangkauan wifi.

Fungsi-fungsi Repeater

Umumnya repeater berfungsi sebagai penguat sinyal. Namun, repeater memiliki fungsi lainnya. Fungsi-fungsi dari repeater akan kami bahas dibawah ini :

  • Memperluas Jangkauan Internet
    Perangkat repeater berfungsi memperluas jangkauan internet. Alat ini menaikkan transfer data jaringan internet, kemudian menghasilkan koneksi jaringan yang maksimal serta memperluas daya jangkuan sinyal.

 

  • Mengoptimalkan Sinyal Wifi.
    Repeater juga berfungsi sebagai pengoptimal sinyal wifi. Repeater akan menerapkan metode pengulangan transfer data. Pengulangan data internet ini akan terlakasana dengan menangkap serta menambahkan sinyal ke akses jaringan internet yang sudah terpasang ke alat ini.

 

  • Mempercepat Pengiriman serta Penerimaan Data.
    Fungsi repeater yang kain yakni menaikkan pengiriman serta penerimaamn data jaringan internet. Artinya, jika seseorang ingin mengunduh atau mengunggah dokumen tidak akan mendapat hambatan karena repeater mampu memperlancar jaringan sehingga menjadi lebih cepat.

 

  • Mengurangi Penggunaan Kabel
    Repeater berfungsi sebagai pengganti kabel jaringan yang biasanya mamakan biaya besar. Dengan repeater, daerah yang sebelumnya menggunakan kabel untuk saling terkoneksi, kini tidak perlu kabel jaringan itu lagi.

 

  • Menjadi Alternatif Router yang Rusak.
    Repeater juga berfungsi sebagai pengganti alternatif dari router yang rusak. Repeater  mampu menjadi alternatif fungsi access point sebuah router.

Cara Kerja Repeater

Fungsi utama repeater adalah memperluas jangkauan jaringan wifi. Hal ini dilakukan dengan cara menerima sinyal data dan kemudian dipancarkan kembali. Sebelum dipancarakan, sinyal yang telah masuk ke perangkat repeater akan diperkuat terlebih dahulu.

Pada dasarnya repeater memiliki dua jenis komponen didalamnya. Komponen yang pertama bertugas menerima data sinyal dari transmitter. Sedangkan komponen yang kedua bertugas untuk memancarkan kembali sinyal data tersebut. Sebelum dipancarakan kembali, perangkat repeater ini akan melakukan pengubahan freakuensi sehingga sinyal data yang dipancarkan akan menjadi lebih kuat dan luas. Dengan demikian titik yang mendapat sinyal data yang lemah akan mendapat sinyal yang kuat.

apa itu repeater

Di dalam pemrosesan sinyal data yang masuk ke dalam repeater ada 2 sistem yang digunakan papa umumnya. Sistem tersebut adalah sistem analog repeater dan sistem digital repeater. Pada sisstem analog repeater, sinyal data akan dikirimkan dalam bentuk data analog. Daya lisrik yang digunakan pada sistem analog berbanding lurus dengan amplitudo atau besarnya sinyal yang dikirimkan. Sedangkan pada sistem digital repeater akan mengirimkan sinyal data dalam bentuk digital. Data digital akan dikirimkan dalam bentuk angka binary, yaitu data yang diwakili oleh angka 1 dan 0. selain itu repeater juga melakukan proses tambahan pada data sinyal yang diproses.

Demikian ulasan mengenai pengertian, fungsi, dan cara kerja dari repeater. Semoga artikel ini bisa menambah pemahaman kalian mengenai repeater dan bisa memaksimalkan kalian dalam pengguanaan repeater dalam kehidupan.

Artikel Lainnya

Mail Server: Pengertian, Protokol, dan Cara Kerjanya

Pada masa modern seperti ini alat komunikasi sangatlah beraneka ragam, dengan menggunakan jaringan internet anda dapat berkomunikasi dengan cepat dan mudah. Contohnya berkomunikasi melalui e-Mail lantas bagaimana alat komunikasi e-mail tersebut bisa bekerja ? Mari kita simak !

Read more »

Mau Konsultasi?

Kami telah melayani berbagai jenis pekerjaan di berbagai kota di Indonesia, 
tim kami siap untuk membantu memberikan solusi setiap permasalahan IT anda.