Bagikan :

Kantor atau perusahaan biasanya menggunakan perangkat yang dapat menerima data dari komputer satu dan diteruskan ke komputer lainnya. Perangkat tersebut bernama Hub atau biasa dikenal dengan istilah Network Hub. Kali ini kita akan mengenal apa pengertian Hub, apa saja fungsinya, dan bagaimana cara kerja Hub.

Pengertian Hub

Hub atau biasa dikenal dengan Network Hub adalah perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan komputer satu ke komputer lainnya yang masih dalam satu lingkup jaringan. Komputer atau perangkat yang terhubung dengan Hub ini dapat saling bertukar informasi satu sama lain.

Pada umumnya Hub ini memiliki banyak port ethernet yang tentunya berfungsi untuk menghubungkan perangkat satu ke perangkat lainnya. Semua perangkat yang terhubung melalui port ini akan terhubung dalam jaringan LAN, yang pada akhirnya bisa melakukan antar perangkat untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kinerja masing – masing perangkat.

Sistem kerja Hub memiliki kemiripan dengan sistem kerja dari switch. Hanya saja jika pada switch, data yang ditransfer akan diteruskan ke port spesifik atau port yang memang menjadi tujuannya. Sementara Hub, data yang diterima akan dikirim ke semua perangkat yang terhubung dalam port tersebut.

Fungsi Hub

Hub memiliki fungsi untuk saling menghubungkan perangkat satu dengan perangkat lainnya, sekaligus juga dapat berbagi mengenai berbagai macam informasi seperti dokumen dan file lainnya. Dengan demikian komputer yang terhubung dengan Hub dapat saling bertukar data. Biasanya Hub ini digunakan pada sistem jaringan LAN kecil yang tidak terlalu rumit. Secara umum Hub dibagi menjadi 3 jenis, yaitu :

  • Passive Hub
    Hub ini dapat menerima dan mengirimkan data dari satu perangkat ke perangkat lain yang terhubung dengan hub.

 

  • Active Hub
    Active Hub adalah Hub yang menerima data dari perangkat yang terhubung dengan Hub ini. Kemudian mempunyai kemampuan memperkuat data sebelum dikirim ke perangkat lain yang terhubung dengan Hub tersebut.

 

  • Intelligent Hub
    Dapat melakukan pengaturan dam pengawasan pada arus pergerakan data merupakan salah satu fungsi Hub ini.

 

Cara Kerja Hub

hub adalah

Menerima data dari perangkat yang terhubung ke dalam port-nya dan mengirimkan ke perangkat lain yang terhubung ke port merupakan cara kerja Hub. Hub tidak memiliki fitur untuk mendeteksi tujuan pengiriman data, jadi Hub akan mengirimkan data ke semua perangkat yang terhubung.

Karena tidak dapat memilih tujuan pengiriman data, Hub dirasa kurang efisien jika digunakan untuk mengirimkan data secara pribadi. Hal ini dikarenakan Hub secara otomatis mengirimkan data ke semua port yang sedang aktif secara bersamaan, sehingga membuat penggunaan bandwidth jaringan meningkat. Maka tidak heran saat kita menggunakan Hub sering kali koneksi komputer akan menjadi lambat.

Nah, itu tadi penjelasan singkat tentang pengertian Hub beserta fungsi dan cara kerjanya. Meskipun Hub sendiri sudah agak kuno dan cara kerjanya tidak seefisien Switch. Namun, beberapa orang masih betah menggunakan perangkat jaringan ini.

Artikel Terpopuler

Artikel Lainnya

Artikel Lainnya

Mau Konsultasi?

Kami telah melayani berbagai jenis pekerjaan di berbagai kota di Indonesia, 
tim kami siap untuk membantu memberikan solusi setiap permasalahan IT anda.