Pengertian Database, Fungsi, dan Contohnya

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
pengertian database

Era digital ini, hampir seluruh umat manusia telah menggunakan perangkat keras seperti handphone, komputer, laptop, dan lainnya. Setiap hari kita selalu mengakses berbagai aplikasi secara online maupun offline. Sebelum itu semua terjadi, tahukah kamu bahwa di balik itu semua terdapat sistem proses penyimpanan data yang biasa disebut dengan database. Database merupakan istilah teknologi jaringan komputer yang memiliki banyak manfaat berupa data.

Terdapat juga fungsi dan jenis-jenis database di bidang teknologi. Supaya lebih jelas, kamu bisa membaca penjelasan singkat dari kami dibawah ini !

Pengertian Database

Database adalah sekumpulan data informasi yang tersimpan dan tersusun rapi pada ruang penyimpanan komputer secara sistematik sehingga mudah saat diakses oleh program komputer untuk mencari keberadaan suatu data. Nantinya data tersebut dapat diperiksa, diproses, atau dimanipulasi oleh program komputer untuk memperoleh informasi dari database. Singkatnya, istilah database ini mengacu pada kumpulan data yang saling terkait satu sama lain, di mana tujuan database digunakan untuk mengelola data secara lebih efektif dan efisien. Adapun cara kerja database ini menggunakan suatu perangkat lunak yang bertugas untuk memanggil query basis data sesuai dengan kebutuhan pengguna yang bernama Database manegemen system (DBMS).

Database merupakan sekumpulan informasi yang saling berkaitan pada suatu subjek tertentu pada tujuan tertentu pula. Database adalah susunan record data operasional lengkap dari suatu organisasi atau perusahaan, yang diorganisir dan disimpan secara terintegrasi dengan menggunakan metode tertentu dalam komputer sehingga mampu memenuhi informasi yang optimal yang dibutuhkan oleh para pengguna.

Dalam pengembangan situs web atau aplikasi sekarang, pendekatan dari pengertian database adalah dengan mengatur web dengan menawarkan cara yang cepat dan otomatis. Tujuannya agar informasi dapat disimpan, dikelola, dihapus atau diambil dengan lebih praktis dan aman.

Contoh Database

Tadi kita sudah mempelajari tentang pengertian database sekarang beralih ke contohnya. Sebagai contoh, kasus dalam sebuah organisasi akademik sebuah kampus, ada objek mahasiswa, dosen, dan mata kuliah. Objek dalam perguruan tinggi dapatkah dikatakan sebagai mahasiswa jika memiliki diimplementasikan dalam bentuk table.

Saat ini ada beberapa jenis aplikasi database server yang terkenal di dunia seperti berikut :

1.MySQL Server

Dikembangkan secara profesional oleh perusahaan MYSQL AB. MYSQL merupakan tipe Relational Database managemen system (RDBMS) di bawah lisensi GPL (General Public License) sehingga bersifat open source dan dapat dimodifikasi. MySQL server mampu berjalan pada OS berbasis windows maupaun Linux.

2.Firebird

Firebird merupakan salah satu jenis database server dengan menggunakan server menajemen database rasional dengan standar ANSI SQL 99 dan SQL 2003 yang mampu berjalan pada OS windos maupun Linux.

Fungsi Database

Kita sudah mempelajari tentang pengertian database dan fungsinya sekarang mari kita memahami apasih fungsi database itu ?. Database memiliki fungsi dan spesifikasi yang berbeda-beda. Inilah beberapa fungsi database yang perlu kamu ketahui:

  • Mengelompokkan data dan informasi agar mempermudah dalam proses identifikasi data. Database akan menampilkan data sesuai dengan permintaan dari user tentang suatu informasi dengan proses yang cepat dengan bantuan software database management system (DBMS).
  • Mencegah inkonsistensi data dan duplikasi data. Database akan memberikan notif secara langsung jika terjadi duplikasi data. Duplikasi dalam database ini sangat dimungkinkan sekali karena dari banyaknya jumlah data yang diinput. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menerapkan sistem kata kunci atau primary key.
  • Menyederhanakan proses menyimpan, mengakses, memperbarui, dan menghapus data. Admin akan lebih mudah dalam mengelola semua kegiatan tersebut diatas walaupun jumlah datanya cukup besar.
  • Menjaga kualitas data dan informasi yang dimasukkan. Di sini peran software sangat penting terutama mengkondisikan agar data tersimpan tetap aman sampai data dibutuhkan.
  • Membantu proses data dengan kapasitas besar. Hal ini juga menjadi solusi terbaik dari penggunaan kertas sebagai media penyimpanan yang kurang efektif serta mengatasi masalah data konvensional yang memerlukan ruang yang besar dan memakan biaya banyak. Dengan adanya database maka file dapat disimpan secara digital.
  • Meningkatkan kinerja aplikasi/software yang membutuhkan data. Suatu database juga dapat menjadi alternatif lain terkait masalah penyimpanan ruang dalam suatu aplikasi. Hal ini dikarenakan keterbatasan dari media penyimpanan oleh kebanyakan aplikasi komputer.
  • Kemudahan akses data, dengan adanya database kamu dapat mempermudah dalam mengakses dan memperoleh data karena semua data telah tertata dengan baik.

Cara Kerja Database Server

Client server bisa diartikan sebagai model dari system yang telah membagi proses antara server pengelolah database dengan client sebagai pihak yang mengoperasikan suatu aplikasi. Adanya database server ini dapat meminimalisir akses data client dalam server. Dimana database bisa diakses beberapa client dengan bersamaan.

Server ini diakses dengan baik lewan front end yang beroperasi di PC pengguna dengan menampilkan berbagai data sesuai permintaan atu back end pada server serta menangani berbagai macem tugas, baik penyimanan data maupun analisis data.

Database dapat diakses  oleh beberapa klien secara bersamaan dimana yang diakses atu diubah berasal dari satu sumber yaitu databse pada server. Server tersebut diakses baik melalui suatu frontend yang berjalan di computer pengguna menampilkan yang di minta atu backend yang berjalan pada server dan menangani tugas-tugas seperti analisis dan penyimpanan.

Kami Juga Menyediakan Jasa Instalasi Data Center

Artikel Lainnya

Mau Konsultasi?

Kami telah melayani berbagai jenis pekerjaan di berbagai kota di Indonesia, 
tim kami siap untuk membantu memberikan solusi setiap permasalahan IT anda.