Bagikan :

Setelah kita mempelajari tentang peralatan dan istilah-istilah lainnya pada ruang lingkup jaringan, sekarang kita juga wajib mengetahui prosedur apa saja yang harus kita lakukan sebelum melaksanakan instalasi jaringan dan keamanan yang perlu kita perhatikan. Artikel kali ini yaitu membahas tentang pengertian K3LH dan tujuan dibuatnya prosedur K3LH, simak secara baik-baik!

 

Pengertian K3LH

K3LH sendiri memiliki kepanjangan Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Lingkungan. Mungkin sedikit asing bagi kita yang awam padahal sebelum melakukan pekerjaan kita harus memperhatikan K3LH, bahkan mungkin jika kita hiraukan K3LH maka akan terjadi kesalahan yang berakibat fatal pada diri kita.

Kita akan menggaris bawahi tentang Keselamatan Kerja dan Kesehatan Kerja, masing-masing memiliki arti yang berbeda yaitu:

Keselamatan Kerja adalah suatu usaha yang menjaminkan kita pada kondisi kerja yang aman dan sehat, mencegah terjadinya kecelakaan kerja yang dapat menyebabkan cacat bahkan sampai kematian.

Kesehatan Kerja adalah suatu kondisi para pekerja yang menunjukkan keadaan yang fit dan sehat dalam melakukan suatu kegiatan kerja agar penyelesaian pekerjaan lebih aman dan efektif.

 

Tujuan K3LH

  • Melindungi keselamatan tenaga kerja dalam melakukan pekerjaan demi kesejahteraan hidup sang pekerja dan meningkatkan produktivitas perusahaan
  • Menjamin keselamatan setiap orang yang berada dalam lingkungan pekerjaan seperti tamu dan masyarakat lainnya
  • Sebagai pemeliharaan sumber produksi perusahaan agar dapat digunakan secara aman dan efisien
  • Pemilihan perangkat dan peralatan kerja dengan baik sehingga meminimalisir kecelakaan
  • Jaminan pemeliharaan dan peningkatan kesehatan pekerja

 

Penerapan K3LH

Demi mencapai tujuan K3LH pada perusahaan diupayakan untuk melakukan upaya yang kami sebutkan dibawah ini untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman.

Menurut para ahli ada beberapa hal yang diperlukan perusahaan untuk mencapai tujuan K3LH tersebut, antara lain sebagai berikut:

  1. Menyediakan alat pelindung diri atau APD di lokasi pekerjaan
  2. Menyediakan buku petunjuk penggunaan masing-masing alat kerja
  3. Menyediakan panduan rambu-rambu atau isyarat bahaya
  4. Menyediakan peraturan tugas dan tanggung jawab untuk masing-masing pekerja sesuai bidangnya
  5. Menyediakan tempat pekerjaan yang aman sesuai standart syarat-syarat lingkungan kerja (SSLK)
  6. Menyediakan penunjang kesehatan jasmani dan rohani di tempat pekerjaan
  7. Menyediakan sarana dan prasarana yang lengkap dan baik di tempat pekerjaan
  8. Diwajibkan memiliki kesadaran dalam menjaga keselamatan dan kesehatan kerja

 

Mempelajari K3LH Sejak Dini

Kita sebagai orang awam juga harus memahami beberapa aspek K3LH sehingga dikemudian hari kita dapat menerapkannya secara langsung, apa saja yang perlu kita ketahui? Simak beberapa point dibawah ini!

Istilah-Istilah Bahaya

Pada lingkungan bekerja pasti akan sering menemui istilah-istilah bahaya yang meliputi beberapa hal sebagai berikut:

  • HAZARD, yaitu suatau keadaan yang dapat menimbulkan kecelakaan, penyakit, kerusakan atau menghambat kemampuan pekerja
  • DANGER, dalam segi bahas danger berarti bahaya. Istilah ini biasanya ada pada lokasi dimana peluang terjadinya bahaya sudah nampak namun dapat dicegah dengan tindakan yang preventif
  • RISK, adalah resiko terjadinya bahaya dalam waktu-waktu tertentu
  • INCIDENT, terjadinya kejadian yang dapat membahayakan pekerja (namun tidak terduga atau tidak kita inginkan)
  • ACCIDENT, terjadinya bahaya yang disertai dengan adanya korban jiwa atau kerugian pada korban dalam bentuk (manusia atau benda)

Istilah tersebut harus kita pahami dalam lingkungan kerja karena demi meminimalisir terjadinya bahaya yang tidak kita inginkan.

Alat Pelindung Diri

Adapun alat pelindung diri yang wajib kita pahami dan gunakan pada saat melakukan pekerjaan yang beresiko terjadi bahaya. Semua ini bertujuan untuk menjaga keselamatan diri kita sendiri maupun pekerja yang lain. Alat-alat tersebut meliputi:

1. Safety Helmet

pengertian k3lh

Perlengkapan ini berfungsi sebagai pelindung kepala agar terhindar dari benda-benda yang dapat melukai bagian kepala kita.

 

2. Safety Belt

k3lh keselamatan kerja

Biasanya alat ini digunakan pada pekerja yang posisinya ditempat tinggi, berfungsi sebagai alat pengaman agar tidak terjadi kecelakaan saat ditempat tinggi atau alat transportasi berat.

 

3. Penutup Telinga

k3lh kesehatan kerja

Perlengkapan ini mungkin sepele bagi beberapa pekerja namun perlu diwajibkan menggunakan penutup telinga ketika berada pada lingkungan atau tempat kerja yang bising, untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pada alat pendengaran.

 

4. Kacamata Pengaman

keselamatan kerja

Berfungsi sebagai pengaman alat penglihatan kita agar terhindar dari percikan-percikan yang dapat membahayakan mata kita.

 

5. Pelindung Wajah

Memiliki fungsi sebagai pelindung wajah kita agar terhindar dari benda-benda jatuh atau percikan.

 

6. Masker

Berfungsi sebagai penyaring udara ditempat yang kualitas udaranya kurang bagus atau berhubungan dengan gas berbahaya.

 

Dasar Hukum K3LH

Dasar Hukum dari K3LH sudah diatur dalam UU No.1 Tahun 1970 tentang Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Yang diatur dalam UU tersebut adalah segala tempat kerja baik didarat, tanah, air, permukaan air, maupun udara yang berada diwilayah kekuasaan hukum RI.

 

Kesimpulan

K3LH adalah sebuah program yang ditujukan untuk melindungi para pekerja pada sebuah perusahaan yang berfokus pada kesehatan kerja, keselamatan kerja dan lingkungan kerja yang baik. Seperti pada penjelasan kami diatas banyak penerapan K3LH, dan penerapan tersebut sangat bermanfaat bagi para pekerja sehingga menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman.

Kita juga wajib mengetahui pengertian K3LH sejak dini sebelum memasuki dunia kerja, karena untuk meminimalisir terjadinya bahaya yang dapat merugikan diri kita sendiri dan orang lain.

Artikel Terpopuler

Artikel Lainnya

Artikel Lainnya

Mau Konsultasi?

Kami telah melayani berbagai jenis pekerjaan di berbagai kota di Indonesia, 
tim kami siap untuk membantu memberikan solusi setiap permasalahan IT anda.