Membahas Tentang Komunikasi Daring

Bagikan :

komunikasi daring

Komunikasi adalah suatu aktivitas penting yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia sebagai makhluk sosial. Dengan berkomunikasi, manusia dapat saling berhubungan satu sama lain, baik dalam kehiduapan sehari-hari di rumah tangga, di tempat pekerjaan, di pasar, dalam masyarakat, atau dimana saja manusia berada.

Namun, di kondisi pandemi seperti sekarang ini kita harus membatasi untuk bertemu dengan orang lain. Maka dari itu kita melakukan komunikasi tetapi secara online atau yang biasa disebut komunikasi daring.

Pengertian Komunikasi Daring

Komunikasi dalam jaringan atau yang biasa disingkat dengan komunikasi daring merupakan suatau aktivitas komunikasi yang dilakukan melalu internet. Komunikasi yang terjadi di dunia semu disebut dengan komunikasi di dunia maya atau cyberspace.

Kelebihan Menggunakan Komunikasi Daring

Setelah kita mengetahaui pengertiannya, kita juga harus mengetahui apa saja kelebihannya. Berikut ini merupakan kelebihannya:

  • Dapat dikalukan di mana saja
  • Lebih menghemat waktu dan biaya
  • Menciptakan lapangan pekekerjaan di bidang IT
  • Memudahkan komunikasi jarak jauh
  • Media hiburan yang cukup ineraktif

Manfaat Menggunakan Komunikasi Daring

  • Efisiensi biaya. Berbeda dengan komunikasi konvensional, komunikasi daring tidak memerlukan pihak yang berkomunikasi untuk bertemu tatap muka
  • Efisiensi waktu. Komunikasi dapat dilakukan dengan cepat tanpa harus membuang waktu dengan melakukan perjalanan.
  • Meningkatkan intensitas berkomunikasi. Komunikasi daring mendorong orang yang biasanya pendiam di dunia nyata, menjadi aktif saat berkomunikasi di dunia maya.
  • Meningkatkan partisipasi. Dengan terbukanya jalur komunikasi, akan semakin banyak orang yang dapat berpartisipasi dalam diskusi.
  • Dapat dilakukan kapan saja di mana saja. Dengan ini, setiap pengguna dapat melakukan komunikasi di mana saja dan kapan saja, dengan syarat terkoneksi dengan jaringan internet dan memiliki sarana yang mencukupi.

Jenis Komunikasi Daring

Komunikasi daring dibedakan menjadi dua yaitu, komunikasi sinkron dan asinkron. Apa saja perbedaan dari keduanya? Berikut pengertian dan beberapa contohnya.

1. Komunikasi Daring Sinkron

komunikasi sinkron adalah komunikasi menggunakan komputer sebagai media yang terjadi secara serempak, waktu nyata (realtime). Contoh komunikasi sinkron antara lain sebagai berikut.

Text Messaging

Text chat adalah sebuah fitur, aplikasi, atau program dalam jaringan  Internet untuk berkomunikasi dan bersosialisasi secara langsung ke sesama pemakai Internet yang sedang online

Komunikasi teks berupa pengiriman pesan melalui teks ke orang lain yang sedang aktif. Kemudian orang yang dituju membalas pesan dengan teks, demikian seterusnya. Itulah proses terjadinya text chatting.

Beberapa contoh dari text messaging diantaranya, Inbox Facebook, DM Instagram, Whatsapp, Telegram, dan lainnya.

Video Chat

Video chat merupakan teknologi untuk melakukan interaksi audio dan video secara real time antara pengguna di lokasi yang berbeda. Aktivitas ini biasanya dilakukan melalui perangkat komputer maupun tablet atau smartphone (juga disebut telepon video call).

Video chatting dapat berupa interaksi point-to-point seperti FaceTime dan Skype. Atau interaksi multipoint seperti dalam Google+ Hangouts. Fitu obrolan video sering disalahartikan dengan video conference.

Fitur video chatting merujuk pada komunikasi video di antara dua orang individu, sedangkan video conference mengacu pada komunikasi video di antara tiga pihak atau lebih.

2. Komunikasi Asinkron

Komunikasi Asinkron atau tak serempak adalah komunikasi menggunakan perangkat komputer dan dilakukan secara tertunda. Contoh komunikasi asinkron adalah email, forum, blog, jejaring sosial, situs web, dan vlog di platform YouTube

Kesimpulan

Jadi, Komunikasi Daring adalah cara berkomunikasi dimana penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan atau melalui jaringan internet. Komunikasi daring dibedakan menjadi dua yaitu, komumikasi sinkron dan asinkron.

Artikel Lainnya

Pengertian Proxy, Cara Kerja,dan Fungsinya

Dalam ruang lingkup jaringan pasti anda sering jumpa maupun pernah melihat kata-kata proxy, yap proxy adalah sebuah sistem yang bekerja sebagai perantara jaringan. Untuk lebih jelasnya mari kita simak artikel tentang proxy berikut!

Read more »

Mau Konsultasi?

Kami telah melayani berbagai jenis pekerjaan di berbagai kota di Indonesia, 
tim kami siap untuk membantu memberikan solusi setiap permasalahan IT anda.