Mengenal Cloud Storage, Media Penyimpanan Berbasis Online

Bagikan :

pengertian cloud storage

Cloud mungkin bagi orang awam mengganggapnya sebagai bahasa inggris dari awan. Namun pada jaringan, Cloud memiliki arti sebagai media yang memiliki fungsi banyak dengan menggunakan teknologi internet. Lalu untuk pengertian cloud storage sendiri apa? Mari kita baca artikel dibawah ini.

 

Pengertian Cloud Storage

Untuk cloud nya sendiri sudah kita jelaskan diatas, lalu apa arti storage? Storage adalah sebuah media penyimpanan contoh nya seperti local storage atau penyimpanan lokal, dimana penyimpanan lokal itu sendiri? Penyimpanan lokal terdapat pada media penyimpanan yang Anda gunakan seperti saat ini seperti Harddisk, USB, maupun SDCard/MicroSD.

Lalu Cloud Storage sendiri memiliki arti seperti apa? Cloud Storage adalah sebuah media penyimpanan file berbasis online, jika Anda menggunakan Cloud Storage Anda dapat mengupload data Anda dalam Cloud itu sendiri, dan Anda dapa mendownloadnya sewaktu-waktu. Namun Cloud Storage sangat mengandalkan koneksi internet, ya siap siap untuk menggunakan akses internet berkecepatan yang baik untuk mengupload file atau data yang berukuran besar.

 

Cara Kerja Cloud Storage

Penyimapanan pada cloud storage sendiri dapat diartikan seperti Anda memberikan salinan data/file ke penyedia layanan Cloud Storage melewati jaringan internet.

Selanjutnya server atau penyedia Cloud Storage memberikan akses kepada Anda untuk dapat mendownload file-file tersebut, serta membuka semua file yang sudah Anda kirim ke Cloud Storage.

Tentu saja Cloud Storage tidak memerlukan proses instalasi karena Cloud Storage bergerak pada media internet.

 

Keuntungan Menggunakan Cloud Storage

Setelah mempelajari Pengertian Cloud Storage dan Carakerjanya bagaimana apakah Anda sudah memiliki gambaran tentang fungsi utama dari Cloud Storage? Sekarang Peta Network akan memberitahu Anda keuntungan apa saja yang kita dapatkan ketika menggunakan Cloud Storage.

1. Menyimpan Dan Berbagi Data

Tentu saja fungsi dari storage adalah menyimpan sebuah data namun dengan Cloud Storage kita dapat berbagi data dengan orang lain melalui jaringan internet, dan data tersebut dapat diakses oleh orang lain. Namun Cloud Storage tidak sembarangan mengabaikan privasi, jadi hanya orang-orang yang Anda beri hak akses saja yang dapat mengakses data yang Anda bagi.

2. Bisa Diakses Dimana Saja

Yap cloud storage diakses dimanapun dan kapanpun, Anda dapat menggunakan fitur dari Cloud Storage melalui smartphone Anda. Bagaimana semakin praktis dan nyaman bukan?

3. Data Aman dan Terhindar Dari Virus

Cloud Storage pastinya menyediakan antivirus tersendiri dan tentu saja antivirus tersebut akan selalu di update sehingga data-data yang disimpan terhindar dari segala macam virus. Dan setiap data yang kita simpan di cloud storage akan di backup pada server lain juga jadi tidak usah risau jika data kita akan hilang.

4. Privasi Lebih Terjamin

Cloud Storage tidak segampang itu dalam mengabaikan privasi, kita akan diarahkan untuk membuat akun dengan username dan password sesuai keinginan kita guna menjaga data-data kita agar tidak dapat diakses orang lain secara bebas.

 

Kelemahan Cloud Storage

Namun dari banyaknya keuntungan yang kita dapat tentu saja ada beberapa kelemahan namun tidak berarti, tapi perlu kita perhatikan agar berhati-hati memilih platform Cloud Storage yang aman.

1. Bergantung Pada Koneksi Internet

Karena berbasis online maka semua kegiatan yang kita lakukan pada Cloud Storage wajib menggunakan internet, kita juga harus mengecek koneksi internet kita sebelum melakukan kegiatan pada Cloud Storage. Kecepatan Internet yang kita gunakan juga mempengaruhi kecepatan upload atau download data.

2. Rentan Dibajak

Bagaimana bisa seperti itu? Kemungkinan besar penyebabnya kita yang kurang hati-hati dalam membuat akun atau melakukan kegiatan di Cloud Storage. Usahakan Anda jangan memberikan akses file kepada siapapun kecuali orang yang terpercaya, di Internet banyak modus-modus penipuan dari oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mengambil semua data Anda.

3. Human Error

Mungkin ini sering terjadi kepada pengguna, diharapkan pengguna lebih memperhatikan kegiatan pada Cloud Storage. Kita harus mengecek secara berkala username dan password kita karena banyak kasus lupa password akun yang sudah kita buat, kemudian kita wajib mengetahui masing-masing fitur pada Cloud Storage.

 

Rekomendasi Platform Cloud Storage

Peta Network juga memiliki rekomendasi platform cloud storage untuk Anda, bijaklah dalam memilih karena setiap platform memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing semua bergantung pada Anda sendiri.

  • Google Drive
  • Dropbox
  • OneDrive
  • iCloud
  • Mega

 

Kesimpulan

Cloud Storage adalah media penyimpanan berbasis online, sehingga memungkinkan kita untuk menyimpan maupun mengupload data-data yang kita miliki dimanapun dan kapanpun. Karena Cloud Storage sangat mengandalkan koneksi internet maka Anda harus menyiapkan koneksi internet yang memiliki kecepatan cukup baik.

Dengan mempelajari pengertian dari cloud storage diharapkan Anda dapat memahmi fungsi-fungsi dari Cloud Storage, banyak platform yang tersedia di internet untuk Cloud Storage. Setiap Cloud Storage memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri, namun kita jika harus bijak dalam memilih serta menggunakannya.

Artikel Lainnya

Pengertian Proxy, Cara Kerja,dan Fungsinya

Dalam ruang lingkup jaringan pasti anda sering jumpa maupun pernah melihat kata-kata proxy, yap proxy adalah sebuah sistem yang bekerja sebagai perantara jaringan. Untuk lebih jelasnya mari kita simak artikel tentang proxy berikut!

Read more »

Mau Konsultasi?

Kami telah melayani berbagai jenis pekerjaan di berbagai kota di Indonesia, 
tim kami siap untuk membantu memberikan solusi setiap permasalahan IT anda.