Bagikan :

Wireless yang sering dikaitkan dengan jaringan WiFi lantaran jaringan ini yang bersifat nirkabel atau juga bisa di sebut tanpa kabel, sebagai penghubungnya.

Nah selain itu manfaat dan fungsi dari wireless ini sangat banyak sekali , mulai dari aksesbilitasnya yang sangat mudah dan  tidak memerlukan kabel sebagai konektornya hingga kenyamananya yang dapat digunakan di mana saja. Sekarang kamu akan menuju ke pengertian dari wireless yang sangat jelas dan mudah kamu pahami.

Pengertian Jaringan Wireless

Wireless atau yang bisa di sebut nirkabel adalah telekomunikasi nirkabel yang menggunakan prinsip gelombang elektromagnetik untuk mengirimkan data maupun informasi¸gelombang elektromagnetik itu  akan di pancarkan melalui sebuah pemancar yang ada dan di tangkap hanya oleh alat tertentu, penggunaan itu dapat di temui disetiap kehidupan manusia. Maupun  di kehidupan sehari hari-hari yang menggunakan teknologi yang di sebut dengan wireless. Misalkan remot yang di gunakan pada TV yang juga sudah mengunakan wireless. Wireless juga di kembangkan dan dapat kamu lihat seperti pada telephone seluler yang saat ini banyak sekali yang mengunakan teknologi wireless, dan dengan adanya wireless kamu nisa terhubung dengan jaringan internet .

Pada dasarnya juga wireless dan LAN adalah sama-sama jaringam komputer yang saling terhubung antara satu sama lain, yang membedakan di antara keduanya merupakan media jalur lintas data yang dipakai. Apabaila LAN masih menggunakan kabel yang berperan sebagai lintas data , sedangan wireless yang menggunakan media gelombang radio atau udara. Penerapan dari aplikasi wireless network tersebut antara lain adalah jaringan yang disebut dengan nirkabel di suatu perusahaan , atau mobile communication seperti handphone ,dan juga HT. Adapun penjelasan lain tentang wireless adalah sekumpulan standar yang dipakai untuk jaringan lokal nirkabel ( wireless local area networks- WLAN)

Point to Point

Sekarang kamu akan menuju  kekurangan dan kelebihan pada Point to point, apa kamu masih ingat akan macam-macam topologi? mungkin kamu akan mengenalnya dengan hubungan komputer antara komputer atau perangkat yang terdapat pada satu jaringan serta dapat menguhubungkan komunikasi maupun dalam hal maintenance ataupun perbaikan dalam pemeliharaan perangkat satu jaringan, salah satu topologi sederhana dan dasar dari hubungan jaringan yaitu adalah Point to Point. Dibawah ini adalah gambaran untuk jaringan point to point

pengertian jaringan point to point

Kekurangan point to point :

  • Topologi ini hanya digunakan untuk area kecil.
  • Seluruh jaringan bergantung pada tautan umum dan jika tautan rusak, seluruh jaringan akan
  • Akan ada kelemahan utama dari lainnya dari topologi, yaitu hanya ada dua node, dan jika salah satu node berhenti bekerja, data tidak akan bisa di transfer melalui jaringan tersebut.
  • Semakin banyak mesin yang disharing, semakin akam mempengaruhi kinerja pada komputer.
  • Tingkat keamanan yang rendah.

Kelebihan point to point :

  • Biaya untuk pembelian dan pemasangan kabel sangat murah dan terjangakau.
  • Tidak memakai administarator jaringan .
  • Mengatur supaya AP dapat berfungsi sebagai DHCP.
  • Mengatur akses berdasarkan MAC Address device pengakses.
  • Hub atau Switch yang akan bertindak berfungsi untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan pada wireless.

Kami juga Menyediakan Jasa Pointing Jaringan Wireless, untuk info lebih lanjut anda dapat menghubungi kami disini.

Point to Multi Point

Selain ada Point to Point kita juga akan menjelaskan tentang metode Point to Multi Point. Koneksi point to multi point yang merupakan koneksi antara beberapa perangkat atau lebih dalam satu lingkup jaringan yang digunakan bersama. Penggunaan point to multipoint biasanya dipakai untuk menekan biaya, karena hanya dengan satu radio access point saja kamu sudah bisa mengoneksikan beberapa radio station sekaligus pada antena yang di pakai pada umumnya antena yang juga memiliki sudut pancaran sekitar 45-180 derajat (antena sectoral) dan 360 derajat (antena sectoral). Berikut gambar Jaringan Point to Multi Point

pengertian jaringan point to multi point

Kekurangan point to multipoint

  • Point to multipoint dapat di implementasikan pada jaringan WiFi untuk kebutuhan jaringan secara langsung ke device end user.
  • Tidak efesien untuk di gunakan pada jarak jauh.
  • Bandwith yang dialirkan akan terbagi-bagi dan tergantung banyaknya jumlah pada radio station yang terkoneksi.
  • Tidak bisa maintenance jika terjadi masalah atau interferensi pada satu link, karena proses maintenance akan berimfact ke semua station yang terkoneksi pada access point yang sama.
  • Harganya sangat tidak ramah di kantong dan relative lebih mahal karena radio acceaa point nya hanya bisa dipakai pada satu radio (client).

Kelebihan dari point to multipoint

  • Sangat cocok untuk digunakan pada area yang jaraknya sangat jauh dan umumnya antena ini yang dipakai adalah tipe antena grid yang memiliki sudut pancaran lebih fokus pada satu titik.
  • Harganya juga sangat ramah dan bisa hemat biaya , dengan hanya satu radio acces point kamu bisa menghubungkan dengan banyak radio access yang sama.
  • Penyebaran nya yang sangat lebih praktis, dan sistem nya dapat juga dikembangkan secara mudah dan cepat tanpa resiko gangguan yang minim pada komunitas di lingkungan.
  • Realisasi lebih cepat dan leboh mudah dari pendapatan. Dengan pengembangan cepatnya menggunakan jaringan nirkabel (nirkabel), penyedia layanan internet akan memperoleh peningkatan lebih awal pada keduanya.
  • Jaringan lebih sangat setabil, karena access point hanya akan memancarkan signalnya ke satu station saja, sehingga throughtput yang di hasilkan bisa maksimal.

Kesimpulan

Maupun itu menggunakan point to point atau point to multipoint sama saja karena hanya digunakan sesuai kebutuhan , keduanya juga memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing dalam implementasinya. Dengan penjelasan yang sudah Peta Network berikan semoga materi yang ada pada artikel ini dapat berguna untuk kehidupan sehari-hari.

Artikel Terpopuler

Artikel Lainnya

Artikel Lainnya

Mau Konsultasi?

Kami telah melayani berbagai jenis pekerjaan di berbagai kota di Indonesia, 
tim kami siap untuk membantu memberikan solusi setiap permasalahan IT anda.