Pengertian Proxy, Cara Kerja,dan Fungsinya

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Pada saat ini hampir semua orang mengakses internet, saat kita mengakses internet data kita pasti bakal terpublish seperti alamat dan data privasi lainnya. Oleh karena itu setiap perusahaan selalu menggunakan proxy, Karena jika Tanpa perlindungan Proxy maka IP Address Anda terlihat jelas dan melalui IP seseorang berpotensi menggunakannya untuk hal yang kurang baik. 

Nah untuk mencegah hal tersebut salah satu caranya yang bisa diterapkan yaitu Anda bisa memakai Proxy. Apa yang dimaksud proxy ? pasti anda memikirkan itu, oleh karena itu tak perlu khawatir di artikel ini saya akan mejelaskan tentang proxy, fungsi proxy dan contoh proxy.

Apa itu proxy ?

 Proxy adalah sebuah sistem yang bekerja sebagai perantara jaringan. Proxy  ini memiliki tugas untuk menjembatani dan mengendalikan aktivitas dari lalu lintas paket data yang melewatinya. Dengan adanya proxy setiap aplikasi client bisa dimonitor dan juga dikendalikan oleh proxy server.

Pada pengguna proxy biasanya digunakan untuk mempercepat koneksi jaringan internet dan lebih stabil dari pada koneksi  jaringan internet biasanya.

Setelah mengetahui apa itu proxy sekarang kita akan melanjutkan ke cara kerjanya .

Cara Kerja Proxy

Proxy adalah sistem komputer yang menawarkan layanan yang bertindak sebagai perantara antara dua pihak yang berkomunikasi antara client dan server. Jadi tidak ada komunikasi antara client dan server secara langsung.Sebagai gantinya, client terhubung ke server proxy dan mengirimkan permintaan sumber daya seperti dokumen , data dan lain sebagainya yang berada di server jauh.

Sudah tau cara kerja nya kan ? pasti kamu penasaran dengan fungsi proxy ,simak baik baik artikel berikut ini.

Fungsi Proxy

Fungsi Proxy adalah untuk meningkatkan proteksi perangkat pengguna ketika mengakses internet, selain itu proxy memeliki 3 fungsi utama yaitu :

– Connection sharing

Berfungsi sebagai gateway yang menjadi batas antara jaringan lokal dan jaringan luar.

– Filtering

Berfungsi sebagai Firewall ( dinding api ) paket filtering yang digunakan untuk melindungi jaringan lokal terhadap gangguan atau serangan  dari jaringan luar. Sehingga dapat menolak situs web tertentu pada waktu waktu tertentu juga.

– Caching

Proxy memiliki mekanisme penyimpanan obyek-obyek yang sudah diminta dari server-server di internet. Untuk mekanisme caching akan menyimpan obyek-obyek yang merupakan permintaan dari para pengguna yang diperoleh dari internet.

Itu tadi merupakan fungsi fungsi dari proxy , sekarang kita akan melanjutkan ke contoh proxy.

Contoh Proxy

Contoh proxy adalah sebagai berikut :

1.Socks Proxy

Jenis proxy ini menyediakan koneksi ke server tertentu, Tergantung pada protokol socks. SOCKS Proxy biasanya digunakan dengan menginstalnya sebagai ekstensi browser atau mengonfigurasi klien torrent untuk menggunakan server proxy penyedia VPN. SOCKS Proxy bekerja dengan menyalurkan lalu lintas kalian melalui server proxy ,yang kemudian meneruskan informasi tersebut ke tujuan yang dituju. Protokol SOCKS mencapai ini dengan terlebih dahulu membuat koneksi TCP dengan server proxy. Kemudian, komputer kalian dapat mengirim data ke server proxy, yang kemudian meneruskan data ke tujuannya.

2.FTP Proxy

Jenis proxy ini cache lalu lintas permintaan FTP dan menggunakan konsep relaying. FTP atau File Transfer Protocol merupakan protokol internet yang digunakan untuk urusan pengiriman data dalam jaringan

3.HTTP Proxy

Proxy ini digunakan untuk memproses permintaan satu arah ke halaman web menggunakan protokol HTTP. Cara kerja HTTPS dengan HTTP sebenarnya tidak jauh berbeda. Hanya pada bagian validasi HTTPS yang digunakan pada website apakah valid atau tidak (proses ini dinamakan SSL Handshake).

Apabila valid website akan menampilkan HTTPS:// dengan gembok hijau atau nama perusahaan website. Apabila tidak valid akan ada peringatan situs tidak aman.

4.SSL Proxy

SSL Proxy disebut juga dengan HTTPS proxy, yakni tipe proxy yang menggunakan protokol SSL. Jenis ini digunakan dalam protokol proxy SOCKS untuk memungkinkan permintaan Halaman Web. Jenis ini juga menggunakan konsep TCP relaying.

Contoh diatas merupakan beberapa contoh proxy server, nah sekarang kita lanjut ke cara meggunakan proxy di browser.

Cara Menggunakan Proxy di Browser

Bagaimana caranya ? cara memakai proxy  adalah seperti langkah langkah dibawah ini

1.Pertama klik  ፧dimenu browser

2.Lalu klik settings

3.Cari kata kunci “ proxy “

4.Pilih “Open your computer’s proxy settings”

5.Centang “ use a proxy server “

6.Lalu ip address yang anda gunakan

7.Lalu “save”

Kurang lebih caranya seperti itu , karena semua cara hampir sama.

Kesimpulan

Jadi, Apa Itu Proxy?

Sederhananya, proxy adalah jembatan yang berada di tengah-tengah antara perangkat Anda dengan internet. Jadi, proxy lah yang nantinya akan berkomunikasi dengan web server, termasuk mengirimkan request atas nama Anda.

Nah itulah pembahasan tentang pengertian proxy server, cara kerja proxy server, fungsi proxy, jenis – jenis proxy dan cara menggunakan proxy pada browser Anda. Proxy saat ini sangat penting untuk Anda saat menjelajahi jaringan internet, karena dengan menggunakan proxy salah satu manfaatnya yaitu identitas Anda tidak mudah langsung diketahui oleh pengguna internet lain sehingga Anda lebih leluasa untuk menjelajahi internet secara pribadi.

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Artikel Lainnya

Konfigurasi DHCP Server Mikrotik

Bagi anda pengguna internet pasti tidak asing dengan platform website yang dikhusus kan untuk membuatan konten seperti wordpress, blogspot, dan lain sebagainya. Namun pernah gak kalian menyadari bahwa website konten tersebut adalah salah satu contoh dari pada CMS, lalu apakah CMS itu sebenarnya ? Mari simak penjelasan dari kami dibawah ini !

Read more »
pengertian-cms

Pengertian CMS, Fungsi, dan Contohnya.

Bagi anda pengguna internet pasti tidak asing dengan platform website yang dikhusus kan untuk membuatan konten seperti wordpress, blogspot, dan lain sebagainya. Namun pernah gak kalian menyadari bahwa website konten tersebut adalah salah satu contoh dari pada CMS, lalu apakah CMS itu sebenarnya ? Mari simak penjelasan dari kami dibawah ini !

Read more »

Mau Konsultasi?

Kami telah melayani berbagai jenis pekerjaan di berbagai kota di Indonesia, 
tim kami siap untuk membantu memberikan solusi setiap permasalahan IT anda.