Pengertian CMS, Fungsi, dan Contohnya.

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
pengertian cms

Bagi anda pengguna internet pasti tidak asing dengan platform website dikhusus kan untuk membuatan konten seperti wordpress, blogspot, dan lain sebagainya. Namun pernah gak kalian menyadari bahwa website konten tersebut adalah contoh dari pada CMS, lalu apakah CMS itu sebenarnya ? Mari simak penjelasan dari kami tentang Pengertian CMS dibawah ini !

Pengertian CMS

CMS adalah singkatan dari Content Management System adalah software yang digunakan untuk mengatur dan memanajemen konten pada website itu sendiri. Biasanya website tersebut berupa company profile, blog, maupun page yang dikhusus kan untuk konten-konten tertentu.

Dalam CMS itu sendiri terdiri dari 2 komponen yaitu , Content Management Appliaction ( CMA ) & Content Delivery Application ( CDA ). Komponen tersebut memiliki fungsi nya sendiri-sendiri seperti CMA ( Content Management Application ) memiliki fungsi sebagai GUI yang memungkinkan pengguna dapat mengedit, menambahkan, maupun menghapus tampilan dari website tersebut. Sedangkan CDA ( Content Delivery Application ) memiliki fungsi sebagai penghimpun informas-informasi yang sebelum nya telah ditambah, dihapus maupun di edit untuk pemilik website saat memperbaharui situs web tersebut.

Aplikasi CMS

aplikasi cms

Nah itu penjelasan singkat tentang pengertian CMS, kemudian kita beralih ke contoh-contoh aplikasi CMS terbaik yang sering digunakan :

1.Wordpress

Mungkin kalian juga tidak asing dengan nama CMS yang satu ini dikarenakan CMS ini sangatlah populer. WordPress sangat populer dikarenakan kemudahannya dalam menggunakan sehingga para pengguna bisa lebih leluasa dalam membuat konten. Tersedia berbagai macam plugin gratis yang dapat di akses para pengguna dan pilihan tema yang sangat menarik menjadikan wordpress sangatlah nyaman digunakan dari segi UI maupun fungsi.

2.Joomla!

Yup joomla adalah cms yang terbaik setelah wordpress, namun joomla sedikit lebih susah daripada wordpress namun tidak juga sepi peminat. Untuk kamu yang ingin membuat website namun tidak sepenuhnya berfokus pada konten teks joomla adalah tempat yang cocok, keunggulan dari joomla adalah menyediakan support multibahasa sehingga anda tidak perlu menginstall plugin dulu untuk menggunakan fitur multibahasa.

3.Drupal

Drupal adalah cms terbaik setelah joomla, mengapa kami taruh di urutan ke 3 ? Ya mungkin karena anda juga jarang mendengar nama dari cms ini namun Drupal bukan berarti tidak direkomendasikan ya ! Drupal juga memiliki keunggulan yang tidak kalah bagus dengan cms lainnya, memiliki fitur multi bahasa dan yang paling baik daripada yang lain yaitu menawarkan manajemen user dan permissionnya tingkat lanjut sehingga Drupal memiliki keamanan yang sangat-sangat baik.

Untuk contoh aplikasi CMS atau platform diatas adalah rekomendasi dari kami, dikarenakan tingkat kemudahan dan fitur-fitur yang baik dibandingkan yang lain-nya. Yuk kita belajar memanajemen content dengan menggunakan aplikasi CMS yg sudah kami rekomendasikan !

Fungsi CMS

Setelah mengenal pengertian cms dan contoh aplikasi-aplikasinya sekarang kita memahami fungsi cms sebenarnya itu, fungsinya yaitu sebagai platform yang memungkinkan pengguna dapat mengembangankan dan mengelola konten secara fleksibel dan mudah.

Pada CMS kita dapat menikmati kemudahan dalam menyortir sebuah artikel maupun blog yang sudah kita tulis sehingga anda hanya perlu berfokus kepada pembuatan konten saja, selain itu fungsi CMS juga memudahkan anda dalam mengatur layout sendiri maupun menggunakan layout default dari CMS tersebut.

Hal itu memungkinkan kita dalam menjaga kualitas tampilan dan desain di website yang kita miliki, dengan kata lain kita dapat menarik pengunjung dengan menyediakan tampilan website menarik dan informatif.

Selain itu fungsi CMS juga menyediakan layanan keamanan yang sangat baik dikarenakan sebagian CMS memiliki fitur sebagai administrator yang mengatur dan mengelola isi dari website yang anda buat.

Manfaat CMS

Kali ini kita akan membahas manfaat CMS dalam bidang bisnis, jika anda memiliki bisnis maupun usaha pasti kalian akan bingung mencari tempat dimana untuk memasarkan bisnis anda untuk menarik para client. CMS adalah salah satu solusi dari permasalahan tersebut dikarenakan anda akan mudah dalam membuat konten yang berisi tentang usaha maupun bisnis anda. Dengan membuat website maka semua orang yang menggunakan internet akan tertarik untuk mengunjungi dan melihat konten yang sudah anda sediakan.

1.Membantu Proses Bisnis

Di jaman modern seperti ini pasti sebagian orang akan mencari informasi-informasi yang mereka inginkan di website maupun sosial media, jadi untuk anda yang memiliki usaha maupun bisnis bisa memanfaatkan konten manajemen untuk memasarkan bisnis atau usaha anda. Dengan membuat website anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak karena anda dapat membuat konten pemasaran anda sendiri secara cepat dan mudah.

2.Mengoptimalkan fungsi kerja website

CMS dapat mengoptimasi fungsi kerja website anda dilihat dari pengecekan kecapatan website, SEO maupun konten manajemen anda. Dengan ada nya berbagai macam plugin yang disediakan anda dapat memanfaatkannya secara gratis dalam mengoptimalkan website.

3.Memudahkan anda dalam manajemen konten

Tentu saja ini adalah fungsi utama CMS, memudahkan anda dalam memanajemen konten. Banyak platform CMS yang user friendly sehingga para pengguna dapat cepat memahami fungsi dari masing-masing fitur yang di sediakan oleh platform CMS tersebut.

Sekian penjelasan dari kami tentang pengertian CMS, jadi untuk anda yang sudah membaca artikel ini apakah berminat untuk mencoba konten manajemen untuk pribadi maupun bisnis yang anda miliki ?

Lalu bagaimana CMS bisa bekerja ? Tentu saja memerlukan server, mari kita memahami juga tentang Server.

Artikel Lainnya

Mau Konsultasi?

Kami telah melayani berbagai jenis pekerjaan di berbagai kota di Indonesia, 
tim kami siap untuk membantu memberikan solusi setiap permasalahan IT anda.