Waspada Virus Ransomware, Pelajari Cara Mencegahnya

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
pengertian ransomware

Di zaman kini Komputer sangat berguna untuk membantu pekerjaan sehari hari seperti mengetik, mengedit, hingga membuat sebuah program. Komputer juga memiliki banyak perangkat lunak yang berguna, tapi ada perangkat lunak yang sangat merugikan bagi komputer yaitu Malware

Malware adalah sebuah perangkat lunak yang dimodifikasi untuk memasuki, menyebarkan dan merusak system komputer, jaringan, atau pun server tanpa diketahui oleh pemilik. Malware terdiri dari banyak jenis seperti: SPYWARE, TROJAN, RANSMOWARE, dan yang lainnya.

Dikesempatan kali ini kita hanya akan membahas tentang pengertian Ransomware.

Pengertian Ransomware

Ransomware merupakan sejenis malware yang menginfeksi dan menyerang komputer. Setelah menginfeksi Ransomware akan mengenskripsi data dengan kode rahasia yang hanya diketahui atau hanya bisa dibuka oleh pembuat malware ini atau biasa juga disebut Hacker

Setelah data pemilik komputer di ambil alih oleh Hacker, mereka akan meminta uang tebusan agar data tersebut dapat diakses lagi oleh pemilik komputer,  sesuai dengan nama malware nya Ransom yaitu tebusan. Malware ini sudah banyak memakan korban, mulai dari data pribadi hingga data rahasia milik perusahaan besar seperti: perusahaan pengepak daging di AS dan system email Microsoft Exchange

Jenis-Jenis Ransomware

Ransomware adalah salah satu jenis malware yang mencakup banyak jenis malware. Tetapi mereka punya tujuan yang sama yaitu Mengancam data anda dan meminta tebusan agar data dapat diakses kembali. Setelah mengenal pengertian ransomware sekarang kita akan membahas tentang jenis-jenis virus ransomware. Berikut ini jenis-jenis Ransomware yang perlu diperhatikan:

1.CryptoLocker

Jenis ini merupakan jenis malware Ransomware tertua yang muncul di tahun 2013. Jenis ini akan menyebar dan mencari data pribadi yang sangat penting bagi pemilik komputer. Mereka akan mengumpulkan dokumen-dokumen seperti teks, spreadsheet, gambar, atau pun pdf.Ransomware CryptoLocker merupakan malware yang sangat berbahaya dan dapat merusak system komputer dengan sangat mudah.

Jenis ini juga sangat sulit bahkan bisa dibilang mustahil untuk memulihkan komputer atau file yang terenkripsi oleh CryptoLocker tanpa membayar tebusan. Dan kebanyakan CryptoLocker menuntut sekitar 200 hingga 900 dolar bahkan bisa lebih, sesuai target yang ditujuh. Jika tebusan tidak dibayar kemungkinan data akan dihapus permanen.

2.Wannacry

Wannacry Ransomware merupakan varian Ransomware yang paling dikenal di seluruh dunia. Jenis malware ini pertama kali muncul pada tahun 2017. Wannacry di rilis oleh sekelompok peretas atau Hacker yang berasal dari Amerika Serikat.

Varian Wannacry sendiri telah menginfeksi hampir 127.000 perusahaan besar di lebih 150 negara. Contoh nya seperti:

  • Pemerintahan Negeri bagian India
  • Pemerintahan Dalam Negeri Federasi Rusia
  • RS Harapan Kita dan RS Dharmasi di Indonesia
  • Cambrian College di Kanada

Dan masih banyak lagi. Malware ini telah mendapatkan uang tebusan dari korban-korbannya hingga mencapai 53 triliun

3.Leakware (Doxware)

Jenis ini sangat berbeda dari jenis-jenis Ransomware diatas, mereka tidak akan melakukan pemblokiran akses data ataupun system yan disimpan didalamnya. Tapi mereka akan masuk secara diam-diam dan mengumpulkan data-data sensitive yang disimpan oleh pemilik dan menggunakannya untuk BlackCampaign atau BlackMail kepada korban.

Mereka akan mengancam untuk mempublikaskan informasi sensitive seperti memposting foto dan video jika korban tidak membayar uang tebusan. Malware ini sangat memungkinkan untuk menghancur karir ataupun bisnis korbannya.

4.BadRabbit

Malware jenis ini juga memiliki kesamaan fungsi seperti Wannacry dan CryptoLocker. BadRabbit telah menginfeksi seluruh organisasi Rusia, Ukraina, dan yang lainnya. DItahun 2017 tercatat telah menginfeksi sebuah bandara dan stasiun bawah tanah di Ukraina serta 3 system komputer di Rusia.

BadRabbit akan mengenskripsi data dan meminta uang tebusan sekitar 0,05 bitcoin atau setara 3,8 juta Rupiah.

Bagaimana Ransomware Masuk ke Komputer Anda?

Pertama-tama peretas akan menyisir korban yang dapat membayar uang tebusan dengan harga mahal dan mendapatkan datanya dengan cepat. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir Malware ini telah menginfeksi rumah sakit besar dan Sony Pictures.

Cara pertama yang memungkinkan Ransomware masuk ke komputer anda adalah dengan cara peretas melampirkan Ransomware ke email yang dikirim korban. Sering sekali kita menerima email dari pengirim yang tidak kita kenal. Dan biasanya berisi pesan-pesan yang aneh, pesan-pesan inilah yang biasanya berisikan Ransomware yang menyamar sebagai Trojan.

Cara yang kedua adalah dengan mengeksploitasi celah keamanan komputer. Mereka akan mencari celah atau pintu belakang dari Komputer anda dan menginstal malware tersebut.

Cara Mencegah Serangan Ransomware

  • Selalu mutakhirkan Antivirus, perangkat lunak, serta system-system penting lainnya.
  • Cadangkan data terpenting di perangkat yang terpisah
  • Jangan pernah gunakan flashdisk atau media penyimpanan lainnya untuk mengirimpakan file-file penting
  • Cerdas dalam membuka ataupun mengunduh file di browser

Lalu hindari Website yang mencurigakan, hanya mengunduh perangkat lunak dari website resminya, tidak mengunduh atau membuka email dari pengirim yang tidak dikenal.

Artikel Lainnya

Konfigurasi DHCP Server Mikrotik

Bagi anda pengguna internet pasti tidak asing dengan platform website yang dikhusus kan untuk membuatan konten seperti wordpress, blogspot, dan lain sebagainya. Namun pernah gak kalian menyadari bahwa website konten tersebut adalah salah satu contoh dari pada CMS, lalu apakah CMS itu sebenarnya ? Mari simak penjelasan dari kami dibawah ini !

Read more »

Mau Konsultasi?

Kami telah melayani berbagai jenis pekerjaan di berbagai kota di Indonesia, 
tim kami siap untuk membantu memberikan solusi setiap permasalahan IT anda.