Mengikuti Perkembangan Jaringan 5G

Bagikan :

perkembangan jaringan 5g

Bagi masyarakat awam jaringan pada ponsel pinter hanya dipahami sebagai sumber internet untuk ponsel mereka saja. Ternyata banyak tipe-tipe jaringan pada ponsel pintar saat ini, contohnya Jaringan CDMA, GSM, 4G, 4G LTE dan yang terbaru saat ini adalah Jaringan 5G. Bagaimana jaringan tersebut dapat berkembang? Simak penjelasan dari kami tentang Perkembangan Jaringan 5G.

Perkembangan Jaringan 5G

Teknologi jaringan seluler ini adalah generasi ke5 ( fifth generation ) dengan kecepatan internet yang lebih tinggi dan lebih cepat dari generasi sebelum nya kecepatan nya tersebut hingga 20 kali lebih cepat. Jaringan 5G menjanjikan kecepatannya dapat membuat pengguna internet seluler setara dengan wi-fi. Teknologi jaringan ini sudah resmi tersedia di indonesia mulai akhir bulan mei 2021 lalu.

Tokoh penting yang menemukan teknologi 5G adalah michael lemke yang berasal dari jerman. Michael lemke atau di sebut bapak dari jaringan 5G merupakan ahli yang sudah menggeluti dunia telekomunikasi selama 24 tahun.

Walaupun penem Teknologi jaringan 5G berasal dari jerman namun jaringan ini pertama kali diterapkan di swedia dan norwegia pada tahun 2009 dengan standar Long Term Evolution (LTE) 4G.

Kelebihan dan Kekurangan Jaringan 5G

E-Learning with abstract woman using a laptop at home on digital interface. Online education, innovation, icon and media information on network connection, futuristic technology.[/caption]

Kelemahan dari jaringan 5G

Jaringan 5G mempunyai daya tembus sangat minim, tidak sama dengan yang lain yang bisa menembus beberapa penghalang contoh nya tembok dan beton, jaringan 5G sangat kurang optimal untuk menembus penghalang.

Keuntungan jaringan 5G

  • Koneksi internetnya sangat cepat di bandingkan dengan generasi sebelum nya
  • Latensinya juga rendah
  • Kecepatan tranmisinya juga lebih baik
  • Kapasitas jaringan nya jugalebih banyak
  • Mampu menghubungkan lebih banyak perangkat

Kalian dapat menggunakan jaringan 5G yang terdapat di beberapa kartu, kartu apa saja yang sudah 5G?

  • Operator pertama kali yang menawarkan layanan 5G pada bulan 2021 lalu adalah telkosel.
  • Indosat oredoo hutchison (IOH)
  • XL Axiata

Teknologi jaringan 5G belum merata di indonesia, kominfo menargetkan 5G akan merata di indonesia tahun 2024 hingga 2025 kelak.

Jaringan 5G tidak hanya terdapat di internet jaringan seluler, jaringan ini juga sudah dapat di gunakan menggunakan wi-fi, layanan indihome sudah menyediakan jaringan internet 5G di sejumlah wilayah indonesia.

Memangnya berapasih kecepatan 5G di indonesia? Kecapatan jaringan 5G mampu mengenai kecepatan rata-rata, indonesia kini sudah mencatat setidaknya 64,3 Mbps untuk mengunduh dan 19,6 Mbps untuk rata- rata kecepatan unggah.

Apakah jaringan 5G lebih baik daripada 4G?

Telkomsel mengeklaim layanan 5G jauh lebih baik di bandingkan 4G.

Dari segi kecepatan, contohnya kecepatan mendownload 5G dapat mencapai 20 Gbps atau 20 kali lebih cepat.

Teknologi jaringan 5G lebih cepat di bandingkan dengan generasi sebelum nya karena teknologi ini kelanjutan teknologi jaringan wireles atau nirkabel yang menumpang pita frekuensi tinggi pada spektrum nirkabel atara 30 GHz dan 300 GHz. Pita frekuensi ini yang memungkinkan jaringan 5G mentransmisikan data lebih besar dan cepat dibanding pendahuluan nya.

Berikut 5 lokasi yang sudah terdapat jaringan 5G

  • Labuan bajo ( NTT )
  • Mandalika ( NTB )
  • Danau toba ( sumut )
  • Likupang ( sulut )
  • Borobudur ( jawa tengah )

Jaringan 5G di rencakan akan dapat di nikmati di seluruh wilayah pada 2024 mendatang.

Jaringan 5G sangat berpengaruh penting, jaringan 5G memudahkan penggunanya untuk melakukan aktivitas di smartphone nya saat beraktivitas di luar atau pun di dalam rumah jika tidak menggunakan wi-fi atau saat wi-fi kamu belum di bayar kan yang mengakibatkan jaringan wi-fi mu lambat, kamu dapat menggunakan jaringan 5G itu sebagai gantinya jika ada. Kamu dapat membuka aplikasi seperti game online, browsing, kamu juga dapat mengunduh file atau sreaming video, dan kativitas lainnya. Kecepatan nya 10 kali lebih cepat di bandingkan 4G, dengan kecepatan rata-rata mencapai hamir 500 Mbps di wilayah yang padat penduduk.

Perangkat keras dan infrastruktur 5G sangat berbeda dengan 4G maka dari itu anada tidak dapat mengkonversi dari 4G ke 5G hanya dengan melakukan pembaruan perangkat lunak.

Saat ini terdapat 2 jenis teknologi jaringan 5G yang di pakai oleh di berbagai negara, teknologi sub-6GHZ dan mmWave.

Jaringan 5G tidak dapat di akses di semua smartphone. Kriteria yang harus di penuhi sebuah perangkat agar dapat menggunakan jaringan 5G adalah medukung band n40. Perangkat yang mendukung jaringan ini adalah perangkat dengan kemampuan teknologi 5G NSA ( Non-standalone ) dengan frekuensi 2300 MHz.

Apakah dampak positif dari kemajuan teknologi?

  • Memudahkan akses mencari informasi dan komunikasi
  • Proses produksi dan layanan lebih cepat
  • Memberikan peluang bisnis dan investasi baru.

Ada juga dampak negatif dari kemajuan teknologi jaringan 5G

  • Bahaya radiasi sinyal yang menyebabkan kurusakan jaringan tubuh
  • Mengakibatkan kerusakan otak yang di sebabkan penuaan dini

Itu hanya dampak negatif jika di gunakan berlebihan, 2 studi baru memperkuat fakta bahwa teknologi ini aman bagi manusia.

Cara Kerja Jaringan 5G

  • Sama seperti jaringan seluler sebelumnya, teknologi ini menggunakan situs seluler yang mengirimkan data melalui gelombang radio.
  • Situs tersebut terhubung ke jaringan dengan teknologi nirkabel atau koneksi kabel.

Untuk saat ini tidak ada pengguna teknologi ini mengatakan jika jaringan 5G bisa membuat baterai smartphone menjadi boros. Tetapi jika pengguna berada di wilayah yang minim sinyal, transmitter smartphone akan bekerja ekstra keras menangkap sinyal dan banyak mengonsumsi baterai. 

Bagaimana menurut kalian mengenai Perkembangan Jaringan 5G di jaman yang sangat modern ini? Bermanfaat atau malah Merugikan kita? Setiap orang memiliki pendapatnya masing-masing.

Pelajari Juga : Perkembangan Jaringan dan Tenaga IT

Artikel Lainnya

pengertian firewall

Mengenal Fungsi, Cara Kerja, dan Pengertian Firewall

Kamu mungkin sering mendengar tentang kata firewall, Firewall adalah system keamanan yang memiliki icon mudah dihafal yaitu dinding batu bata merah berapi yang menutupi dunia. Dibalik icon yang sangat mudah untuk diingat ternyata Firewall sendiri mempunyai fungsi yang penting.

Penasaran pengertian firewall , fungsi atau cara kerja firewall ? mari simak informasi ini baik-baik

Read more »

Mau Konsultasi?

Kami telah melayani berbagai jenis pekerjaan di berbagai kota di Indonesia, 
tim kami siap untuk membantu memberikan solusi setiap permasalahan IT anda.