Bagikan :

Wifi adalah jaringan lokal yang tidak memerlukan kabel atau wireless. Wifi menggunakan sebuah sinyal dengan frekuensi tertentu. Frekuensi sinyal yang digunakan saat ini biasanya 2.4 GHz dan 5 GHz. Namun harus diketahui bahwa frekuensi 2.4 GHz dan 5 GHz itu berbeda. Kali ini kita akan membahas perbedaan frekuensi jaringan 2.4 GHz dan 5 GHz. Simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Frekuensi Jaringan

Frekuensi adalah ukuran jumlah terjadinya sebuah gelombang dalam satuan waktu. Satuan yang digunakan pada umumnya adalah hertz, menunjukkan banyak puncak panjang gelombang yang melewqati titik teretentu per detik. Maka, frekuensi wifi dapat diartikan sebagai gelombang sinyal yang digunakan untuk jaringan nirkabel/Wifi. Frekuensi pada wifi saat ini dibagi menjadi 2, yakni frekuensi 2.4GHz dan 5 GHz.

Sinyal frekuensi 2.4 GHz adalah frekuensi yang memiliki daya cakup yang lebih luas dan kuat. Sedangkan, sinyal frekuensi 5 GHz adalah frekuensi yang memiliki sinyal lebih kuat namun daya cakupnya lebih sempit dibanding frekuensi 2.4 GHz.

Frekuensi 2.4 GHz adalah frekuensi yang sudah ada sejak lama kita gunakan. Dengan usia yang sudah lama, frekuensi ini adalah “area bebeas” dimana hampir semua perangkat wireless memakai frekuensi ini. Pengguna frekuensi 2.4 GHz sudah terlalu banyak, sehingga menyebabkan adanya gangguan saat digunakan dalam jangka panjang. Frekuensi 5 GHz adalah frekuensi yang masih tergolong baru dan merupakan jawaban dari banyaknya pengguna frekuensi 2.4 GHz.

Perbedaan Frekuensi Jaringan 2.4 GHz dan 5 GHz

Ada beberapa hal yang menjadi perbedaan frekuensi 2.4 GHz dan 5 GHz. Dibawah ini akan kita ulas satu persatu.

Jangkauan Sinyal

Pertama, yang membedakan antara frekuensi 2.4 GHz dan 5 GHz adalah jangkauan sinyalnya. Sesuai dengan rumus fisika, semakin tinggi suatu frekuensi maka gelombangnya akan semakin pendek, dan berlaku sebaliknya. Maka bisa disimpulkan bahwa jaringan dengan frekuensi 2.4 GHz memiliki gelombang panjang sehingga jangkauan sinyalnya lebih jauh, namun kekuatan sinyalnya lebih lemah dibandingkan dengan frekuensi 5 GHz.

Interferensi pada Perangkat

Perangkat yang memiliki konektivitas Wifi ternyata bisa menimbulkan gangguan pada perangkat nirkabel lain atau yang lebih sering disebut dengan istilah interferensi. Dengan banyaknya perangkat yang menggunakan frekuensi 2.4 GHz maka akan berpotensi mengalami penurunan kecepatan bersamaan berpotensi mengalami penurunan kecepatan pada jaringan yang digunakan karena terjadinya tabrakan antar frekuensi serta channel yang sama. Oleh sebab itu tak sedikit orang lebih memilih jaringan 5 GHz.

Bandwidth atau Kecepatan Transmisi Data

Saat ini kita membutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil. Pada wifi dengan frekuensi 2.4 GHz, transmisi data yang terjadi cemderung lebih lambat karena tingkat interferensinya cukup tinngi. Sedangkan frekuensi 5 GHz dipercaya memiliki bandwidth yang lebih tinggi sehingga dapat memnuhi kebutuhan internet saat ini.

Kompatibilitas Perangkat

Mengingan pengguanaan frekuesi 5 GHz ini terbilang baru, makan tidak semua perangkat bisa terhubung dengan jaringan wifi ini terutama apabila gadget yang digunakan hanya support frekuensi 3.4 GHz. Apabila ada perangkat yang sudah mendukung frekuensi 5 GHz, makan gadget tersebut bisa juga terhubung menggunakan frekuensi 2.4 GHz.

Protokol

Hal terakhir yang membedakan antara kedua frekuensi ini adalah protokol yang digunakan.biasanya untuk frekuensi 2.4 GHz menggunakan protokol 802.11/b/g/n. sedangkan untuk frekuensi 5 GHz protokol yang digunakan adalah 801.11/a/n/aC. Protokol ini merupakan standar yang dikeluarkan oleh IEEE (institute of Electronoc and Electrical Engineer) sebagai informasi mengenai spesifikasi dari teknologi yang dipakai.

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan diatas, kita sudah mengatahui perbedaan frekuensi jaringan 2.4 GHz dan 5 GHz. Untuk smartphone keluaran terbaru sudah banyak yang support dengan frekuensi 5 GHz. Untuk itu marilah kita gunakan frekuensi sinyal dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhan kita agar tidak mengganggu frekuensi perangkat lain dan transmisi data kita lebih lancar.

Sebagai contoh jika kita sering berpergian dan menggunakan modem portable sebagai sumber internet maka lebih baik kita memakai frekuensi 5 GHz karena jangkauan yang tidak begitu luas dan sedikit kemungkinan terjadinya interferensi pada perangkat. Namun, harus dipastikan perangkat anda harus support dengan frekuensi tersebut. Jika kita menggunakan wifi di rumah yang ruangannya luas, sebaiknya menggunakan frekuensi 2.4 GHz untuk jangkauan yang lebih luas, namun dengan sinyal tidak begitu kuat.

Artikel Terpopuler

Artikel Lainnya

Artikel Lainnya

Mau Konsultasi?

Kami telah melayani berbagai jenis pekerjaan di berbagai kota di Indonesia, 
tim kami siap untuk membantu memberikan solusi setiap permasalahan IT anda.