Pengertian Mikrotik, Jenis – jenis, dan Cara Kerjanya

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
mikrotik adalah

Hingga saat ini banyak sekali perkembangan internet dan perangkat – perangkat nya. Brand baru mulai bermunculan seiring berjalannya waktu, mulai dari TP-LINK, D-LINK, Mikrotik, Ubiquiti, dsb. Setiap perangkat memiliki karakteristik nya masing – masing. Contohnya adalah mikrotik, brand yang sudah dikenal berbagai kalangan IT, mulai network engineer sampai para pelajar. Jadi mikrotik adalah sebuah brand berbagai perangkat jaringan mulai dari router, switch, access point, dll.

Untuk saat ini perangkat keluaran mikrotik yang banyak dipakai kalangan network engineer adalah router mereka. Yupss produk andalan mikrotik adalah routerboard mereka. Fitur yang kompleks, mudah dipahami saat melakukan konfigurasi, tampilan yang tidak terlalu rumit, dan harga yang terjangkau untuk standart nya menjadikan mikrotik routerboard sebagai pilihan para teknisi internet.

Pengertian Mikrotik

Pengertian Mikrotik adalah suatu sistem operasi berbasis software yang berfungsi untuk menjadikan sebuah komputer sebagai router. Mikrotik menggunakan linux sebagai os dasar mereka. Sistem operasi ini sangat cocok untuk jaringan komputer berskala kecil maupun besar.

Namun sampai sekarang masih banyak yang belum mengetahui pengertian mikrotik itu sendiri. Jadi jika mikrotik adalah sebuah perangkat lunak maka router adalah perangkat keras nya.

Jenis  Jenis Mikrotik

Mikrotik tidak hanya tersedia dalam 1 macam saja. Mikrotik mempunyai dua jenis produk, yaitu Mikrotik RouterOS dan Routerboard. Berikut ini adalah jenis  jenis mikrotik beserta penjelasannya :

1. Mikrotik RouterOS

merupakan sistem operasi berbasis UNIX yang mampu menjadikan komputer biasa yang mampu menyediakan fitur router, hostspot, bridge, firewall, dll. Karena sangat mudah digunakan, banyak orang menggunakan OS ini untuk membangun router mereka.

2. Routerboard

Routerboard adalah perangkat keras jaringan yang dikembangkan oleh perusahaan mikrotik. Routerboard diinstall RouterOS mikrotik. Meski berbentuk perangkat keras, RouterBoard berukuran mini dan praktis. RouterBoard terdiri atas processor, RAM, ROM, dan memory flash. Harga mikrotik juga tidak terlalu mahal. Harga mikrotik routerboard RB750 antara Rp 600 ribu sampai Rp 750 ribu saja. Ada juga harga router mikrotik dengan spesifikasi yang tinggi dengan harga hingga puluhan juta.

Demikianlah pembahasan kami terkait jenis jenis mikrotik, kita akan lanjut untuk pembahasan selanjutnya, Cekidot !

Harga Mikrotik

Untuk harga mikrotik sendiri bervariasi, tergantung spesifikasi dan perangkat yang dibutuhkan. Misalnya membutuhkan router untuk manajemen jaringan, akses point untuk menambah jangkauan hotspot, dll. Spesifikasi nya pun juga membutuhkan perhitungan yang tepat terlebih dahulu. Mikrotik menyediakan berbagai macam produk untuk itu. Jadi semisal suatu instansi membutuhkan router yang dapat menampung 100 – 150 Client, maka dengan seri RB450GX sudah cukup. Namun jika untuk 1000-3000 client atau bahkan kelas universitas maka disarankan untuk memakai seri RB1100 atau RB CCR.

Dengan harga yang berbeda di setiap seri nya, disini saya akan memberi anda beberapa bocoran harga, antara lain :

  1. Mikrotik RB450GX4, harga 1.750.000,-
  2. Mikrotik RB750GR3, harga 900.000,-
  3. Mikrotik RB941-2nd-TC (hAP Lite), harga 385.000,-
  4. Mikrotik RB1100AHX4, harga 4.240.000,-
  5. Mikrotik CCR1036-12G-4S V2, harga 14.700.000,-
  6. Mikrotik RBcAPl-2nD-Wireless-Indoor, harga 434.000,-
  7. Mikrotik U 5Hnd RBOmnitik, harga 1.335.000,-
  8. Mikrotik Sxtsq 5Nd 5Ghz MiMo, harga 660.000,-
  9. Mikrotik RB2011, harga 1.500.000,-
  10. Mikrotik Embedded Wireless, harga 910.000,-

Cara Kerja Mikrotik

Cara Kerja mikrotik sangat bervariasi tergantung perangkat apa yang kita pilih. Disini saya akan menjelaskan tentang cara Kerja mikrotik routerOS. Yukk simak baik-baik!

Jadi router mikrotik saat ini banyak digunakan di berbagai instansi maupun perusahaan. Dengan berbagai tujuan para pemilik perusahaan ingin membuat sistem jaringan mereka lebih termanage. Mulai dari limit bandwidth untuk beberapa client, mencegah serangan hacker untuk mencuri data mereka, pembatasan kegiatan karyawan yang akan merugikan perusahaan di jam Kerja, dsb.

RouterOS mikrotik adalah solusi terbaik untuk berbagai kebutuhan jaringan mereka. Mikrotik mempunyai software yang akan membantu para network admin untuk konfigurasi router mereka yaitu winbox.

Pertama sambungkan router ke PC/Laptop kita dengan menggunakan kabel atau Hotspot. Kemudian buka aplikasi winbox, maka otomatis akan muncul IP Address default dan MAC Address router. Double click pada MAC Address lalu masukkan pada kolom username dengan “admin”, dan pada kolom password tidak usah diisi, klik enter. Anda akan masuk ke dalam interface dari router yang akan anda konfigurasi. Untuk selanjutnya anda bisa melakukan konfig sesuai dengan kebutuhan anda.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya pengertian mikrotik adalah suatu OS yang menjadikan komputer sebagai sebuah router untuk kebutuhan manajemen jaringan.

Sekian artikel dari saya, sampai jumpa dan sampai bertemu kembali di artikel berikutnya !

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Artikel Lainnya

Konfigurasi DHCP Server Mikrotik

Bagi anda pengguna internet pasti tidak asing dengan platform website yang dikhusus kan untuk membuatan konten seperti wordpress, blogspot, dan lain sebagainya. Namun pernah gak kalian menyadari bahwa website konten tersebut adalah salah satu contoh dari pada CMS, lalu apakah CMS itu sebenarnya ? Mari simak penjelasan dari kami dibawah ini !

Read more »
pengertian-cms

Pengertian CMS, Fungsi, dan Contohnya.

Bagi anda pengguna internet pasti tidak asing dengan platform website yang dikhusus kan untuk membuatan konten seperti wordpress, blogspot, dan lain sebagainya. Namun pernah gak kalian menyadari bahwa website konten tersebut adalah salah satu contoh dari pada CMS, lalu apakah CMS itu sebenarnya ? Mari simak penjelasan dari kami dibawah ini !

Read more »

Mau Konsultasi?

Kami telah melayani berbagai jenis pekerjaan di berbagai kota di Indonesia, 
tim kami siap untuk membantu memberikan solusi setiap permasalahan IT anda.