Kenali Apa Itu SSL dan Manfaatnya Terhadap Website

Bagikan :

apa-itu-ssl

Mungkin sebagian dari kalian sangatlah asing dengan SSL ini bahkan tidak pernah mendengarnya sama sekali. Tahukah anda bahwa SSL sangat berperan penting dalam sebuah website? Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang pengertian SSL beserta cara kerjanya, tidak usah banyak basa-basi mari kita menuju ke topik dibawah ini!

Apa itu SSL?

Pengertian SSL sendiri sebuah singkatan dari Secure Socket Layer jika diartikan adalah sebuah lapisan pengaman, dengan kata lain SSL ini bertugas sebagai pembuat sambungan aman pada website dengan browser yang digunakan oleh pengguna (kita). Setiap pengguna yang mengunjungi sebuah website yang sudah dipasangi SSL maka SSL akan menciptakan sebuah link yang terenkripsi antar session browser dengan web server.

Untuk kita yang memiliki sebuah website usaha maupun bisnis direkomendasikan menggunakan SSL karena sudah menjadi standar keamanan website dan digunakan untuk melindungi jutaan informasi atau data setiap hari-nya.

Mengapa Perlu Menggunakan SSL?

Setelah memahami penjelasan dari kami diatas tentang pengertian SSL, sekarang kita akan menjelaskan tentang alasan kenapa kita wajib menggunakan SSL untuk website kita, Yuk kita simak bersama-sama!

1.Menghindari Pencurian Data

SSL bertugas untuk menghindarkan kita dari pencurian data, SSL akan melakukan enkripsi data kita yang sudah kita kirim maupun terima dengan begitu tidak sembarangan orang dapat mengakses data ataupun informasi yang kita miliki.

2.Menghindari Kesalahaan saat Mengirim Data

SSL juga memiliki fungsi sebagai autentikasi (authentication) artinya SSL akan memastikan kita mengirim data ke tempat yang seharusnya dan tidak ada kesalahan dalam pengiriman data sehingga hacker-hacker tidak sembarangan mengaksesnya.

3.Menjadikan Website Kita Terpercaya

Jika kalian pernah memperhatikan pada sebuah website terdapat notifikasi yang menentukan apakah website yang kalian kunjungi aman atau tidak, contohnya ada dibawah ini.

manfaat ssl

Jika kalian menggunakan chrome disebelah url akan terlihat sebuah simbol gembok yang berarti website yang kalian kunjungi sudah dipasangi SSL dan aman untuk diakses.

Namun, bagaimana jika website kita tidak dipasangi SSL? Maka otomatis chrome akan mendeteksi website kita sebagai website yang tidak dipercaya, notifikasi akan muncul seperti ini.

pengertian ssl

4.Meningkatkan Ranking Website Kita di Search Engine

Mesin pencarian seperti Google akan lebih suka website yang sudah memasang SSL, bahkan Google juga melarang para pengguna untuk mengunjungi sebuah website yang tidak memasang SSL. Dikarenakan website akan lebih aman jika memasang SSL, data atau informasi yang kita kirim maupun terima tidak akan dapat dibobol hacker. Jadi tidak heran mengapa ranking sebuah website akan lebih cepat naik jika dipasangi SSL dan rata-rata website yang memiliki ranking tinggi selalu memasang SSL.

Cara Kerja SSL

Nah setelah mempelajari alasan mengapa kita harus menggunakan SSL sekarang kita akan mempelajari tenteng cara kerja SSL dan bagaimana SSL dapat mengamankan website kita.

SSL akan membantu kita dalan mengamankan komunikasi antara dua jaringan yang saling terhubung, komunikasi tersebut dalam bentuk mengunjungi website, mengirim maupun menerima email, memberi barang secara online, serta data-data penting perusahaan. SSL akan mengenkripsi pertukaran data tersebut sehingga tidak akan ada orang lain yang menggunakan data kita secara illegal.

Sertifikat SSL memiliki dua kunci kriptografi, yaitu Public Key dan Private Key. Public Key berfungsi mengenkripsi data yang akan dikirim, sementara itu Private Key digunakan untuk mendeskripsi data-data yang sudah dienkripsi menjadi data yang formatnya dapat diakses kembali oleh kita.

Jenis-Jenis SSL

Setelah mempelajari cara kerja SSL sekarang kita akan mempelajari tentang jenis-jenis SSL. Pada dasarnya SSL terdiri dari 3 jenis, Apa saja itu ?

1.DV (Domain Validation)

SSL ini sering digunakan para blog perorangan dan website-website kecil. Karena DV hanya memerlukan verifikasi dari domain dan email saja, serta proses validasi dan pemasangannya juga sangat cepat dan itu menjadi salah satu alasan mengapa SSL DV sangat populer dikalangan blogger.

2.OV (Organization Validation)

Umumnya jenis SSL ini sering digunakan pada wesbite bisnis atau organisasi, dikarenakan OV memerlukan verifikasi yang tidak mudah seperti dokumen usaha seperti SIUP, TDP, dan Akta Perusahaan. SSL ini membutuhkan waktu yang lebih lama dalam pemasangan dan validasinya dikarenakan ada proses vetting yang digunakan untuk memastikan bahwa dokumen serta perusahaan atau organisasi adalah asli.

3.EV (Extended Validation)

SSL EV adalah standar validasi tingkat tinggi yang mengkombinasi antara DV dan OV. SSL ini digunakan oleh mereka yang ingin mencapai highest trust level SSL. Biasanya SSL ini digunakan untuk website resmi suata perusahaan, dengan menggunakan SSL EV website perusahaan akan memiliki tanda Secure pada notifikasi dengan symbol gembok bewarna hijau serta nama perusahaan yang sah.

Bagaimana apakah sudah paham dengan penjelasan dari kami tentang pengertian SSL dan cara kerjanya ? Setelah membaca artikel ini apakah kalian akan menerapkan pada website yang kalian miliki ? Semoga bermanfaat dan nantikan artikel kami selanjutnya, Staf Healty!

Artikel Lainnya

Pengertian Proxy, Cara Kerja,dan Fungsinya

Dalam ruang lingkup jaringan pasti anda sering jumpa maupun pernah melihat kata-kata proxy, yap proxy adalah sebuah sistem yang bekerja sebagai perantara jaringan. Untuk lebih jelasnya mari kita simak artikel tentang proxy berikut!

Read more »

Mau Konsultasi?

Kami telah melayani berbagai jenis pekerjaan di berbagai kota di Indonesia, 
tim kami siap untuk membantu memberikan solusi setiap permasalahan IT anda.