Server: Pengertian, Fungsinya, dan Jenis-Jenisnya

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Gambar Server

Setiap orang mungkin sering berinteraksi dengan Data, di dunia jaringan maupun teknologi lain. Banyak cara dalam menyimpan data tersebut, entah dari alat penyimpanan kecil seperti flashdisk maupun yang lumayan besar seperti komputer khusus untuk menyimpan data. Tapi, untuk skala perusahaan justru kita butuh menyimpan data atau informasi secara besar dan berkala, lalu apa solusinya? Solusi untuk hal tersebut yaitu menggunakan Server, untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan dari kami pengertian server, fungsi server, jenis server dan komponen server.

Apa Itu Server ?

Server adalah sebuah penyimpanan data terpusat secara bentuk server ada dua yaitu hardware dan software atau virtual machine.Server dalam bentuk hadware meliputi RAM, Processor dengan kapasitan besar dan sistem operasi khusus.

Secara umum, server adalah sistem komputer menyediakan berbagai macam data yang dibutuhkan oleh client. Kemudian data tersebut digunakan untuk berbagai service. Misalnya menampilkan layanan website, email, sampai DNS (domain name system). Dengan itu server bisa digabungkan ke beberapa komputer client.

Fungsi Server Adalah ?

Ini beberapa fungsi server yang harus diketahui untuk mendukung perusahaan

anda : 

1.Memberi layanan komputer client server

Seperti pengertian di atas fungsi server adalah melayani komputer client, baik permintaan data atau aplikasi yang dijalankan oleh client. Oleh karena itu untuk mendukung kinerja client, server harus sistem operasi yang cepat dan aman untuk membuat client dapat bekerja dengan baik.

2.Menyimpan data terpusat

Yang kedua, Fungsi server adalah menyimpan data baik berupa dokumen, file, dan informasi lainnya. Agar bisa menampung data yang banyak maka harus didukung dengan komponen server berkapasitan besar.

3.Menyediakan layanan database

Database adalah kumpulan data yang dikelola untuk saling berhubungan agar memudahkan pengguna atau client mencari dan menyimpan informasi.

Jenis Server

Setelah mengenai apa itu server beserta fungsinya, selanjutnya kita akan membahas mengenai jenis server berikut ini :

1.Game server

Jenis server ini digunakan oleh para pengembang game (developer) game. Game server terdiri dari dua jenis, yaitu game server internal dan eksternal. Untuk kebutuhan internal proses penyimpanannya melalui perangkat komputer sendiri. Apabila untuk kebutuhan eksternal akan disediakan langsung oleh developer game tersebut.

2.Web server

Web server adalah jenis server yang sering kita jumpai di dunia internet contohnya dalam mengakses web berubapa HTTP dan HTTPS, fungsi dari server ini untuk menerima permintaan dari client berupa halaman website.

3.Mail Server

Jenis Server selanjutnya adalah Mail Server berfungsi melayani pengguna dalam bertukar pesan ke sesama pengguna secara elektronik. Mail Server juga dibagi menjadi dua kategori yaitu server surat masuk dan surat keluar.

4.DHCP Server

Jenis Server DHCP memberikan layanan alamat IP secara otomatis (dynamic) kepada client pada jaringan komputer. Sehingga fungsi dhcp server membuat client tidak perlu disibukkan dengan membuat alamat IP secara manual (static) untuk client karena IP tersebut telah diberikan oleh server.

5.Proxy Server

Jenis server selanjutnya adalah memiliki peran sebagai perantara antara user dengan web server. Jadi, Setiap pengguna yang mengakses jaringan internet, akan selalu melewati proxy terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke web server. Server proxy berfungsi sebagai jembatan antara client dan internet

6.Database Server

Seperti fungsi server diatas database server digunakan untuk mengelola kumpulan data dari client. Database juga memberikan data ke client secara bersamaan.

7.FTP Server

File Transfer Protocol server adalah sebuah protokol yang dipakai untuk transfer data dari server ke client, karena memindahkan file semuannya tidak bisa dengan drag and drop maka solusinya adalah menggunakan FTP server.

8.File Server

Biasanya saat sharing file dari komputer satu ke komputer lainnya menggunakan flashdisk, nah bayangkan kalau harus sharing menggunakan flashdisk misalnya 100 komputer client maka akan memakan waktu bukan ?. Dengan File server adalah solusi yang tepat untuk membantu karena data akan disimpan terpusat di dalam jaringan yang bisa di akses ke komputer banyak dalam jaringan kita. Client bisa upload file dan manajemen file di dalam file server.

Komponen Server

Komponen Server adalah perangkat-perangkat untuk  membangun sebuah komputer server. dibawah ini merupakan beberapa komponen server penting yang harus diperhatikan pada saat membangun komputer server diantaranya sebagai berikut:

  • Processor : Komponen server Processor sebagai otak dari komputer, dengan Processor yang mumpuni bisa menangani berbagai permintaan dari komputer klien, tentu dibutuhkan komputer server dengan kecepatan akses prosesor yang bekerja dengan cepat.
  • RAM :  Komponen server ini adalah penyimpanan data sementara, untuk menangani server dibutuhkan kapasitas memori dengan ukuran yang cukup besar sehingga proses multitasking itu dapat berjalan dengan lebih cepat.
  • Hard Drive : berfungsi sebagai media penyimpanan berbagai data komputer klien yang terpusat pada komputer server. Penggunaan SSD adalah pemilihan yang tepat sebagai media penyimpanan data itu akan memaksimalkan performa dan kinerja komputer server.
  • MotherBoard : adalah inti dari server yang bertugas sebagai perantara transmisi data antara processor dengan perangkat lainnya seperti RAM, Ethernet, dan songket komponen lainnya.

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Artikel Lainnya

Mau Konsultasi?

Kami telah melayani berbagai jenis pekerjaan di berbagai kota di Indonesia, 
tim kami siap untuk membantu memberikan solusi setiap permasalahan IT anda.