Pengertian DDoS, Cara Kerja, dan Cara Mengatasinya

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
pengertian ddos attack

Apa itu DDoS ?

Jika anda adalah seorang pekerja ataupun  pelajar IT, pasti anda sering mendengar istilah DDos attack bukan ? Faktanya, jenis serangan ini bukan hal baru dalam dunia internet. Muncul pertama kali pada tahun 1974, DDoS terus mengalami perkembangan seiring berjalannya waktu.

Jadi apa itu DDoS ? DDoS adalah kependekan dari Distributed Denial of Service atau dalam Bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai Penolakan Layanan secara Terdistribusi. DDoS adalah jenis serangan yang dilakukan dengan cara membanjiri lalu lintas jaringan internet pada server, sistem, atau jaringan.

DDoS adalah serangan yang sangat popular digunakan hacker. DDoS memiliki konsep yang sederhana, yaitu membuat lalu lintas server berjalan dengan beban berat sampai tidak bisa menampung koneksi dari user lain. Salah satu cara Kerja DDoS adalah dengan mengirimkan request ke server secara terus menerus.

Pengertian DDoS

Distributed Denial of Service atau yang disingkat DDoS adalah salah satu jenis cyber-attacks yang menyerang website, layanan online, maupun jaringan dengan cara membanjirinya dengan fake traffic yang sangat banyak.

Ada beberapa gejala yang ditimbulkan oleh serangan DDoS attack, antara lain :

  1. Aplikasi, website, dan layanan online anda menjadi lambat, bahkan tidak bisa diakses
  2. Munculnya traffic yang tidak wajar pada IP Address tertentu, atau pengunjung tersebut mempunyai profil yang serupa
  3. Koneksi internet melambat, sehingga anda kesulitan mengakses fie atau website apapun dalam waktu yang lama
  4. Muncul spam email dalam jumlah banyak

Namun ada beberapa hal yang perlu diingat, bisa jadi gejala diatas bukan hanya karena adanya serangan DDoS, namun karena factor yang lain. Misal ada kendala pada internet atau server, perangkat anda terkena virus, atau memang sedang dalam proses maintenance oleh system administrator.

Oleh karena itu, jika menemui gejala seperti diatas, alangkah baiknya anda teliti mulai dari perangkat anda sendiri, apakah ada virus yang mengganggu kinerja perangkat anda ?. Jika sudah mencoba memantau virus pada perangkat anda namun masih terjadi hal yang sama, maka laporkan kendala pada tim teknis yang sudah professional di perusahaan anda untuk ditelusuri lebih lanjut.

Cara Kerja DDoS

Konsep kerja sederhana DDoS adalah membanjiri lalu lintas network dengan banyak data. Konsep DDoS ini dibagi menjadi 3 tipe penggunaan, antara lain adalah :

  1. Request flooding, adalah teknik yang digunakan dengan cara membanjiri jaringan menggunakan banyak request traffic. Akibatnya pengguna lain yang terdaftar tidak dapat dilayani.
  2. Traffic flooding, adalah teknik yang digunakan dengan membanjiri lalu lintas jaringan dengan banyak data. Akibatnya, pengguna lain tidak bisa dilayani.
  3. Mengubah sistem konfigurasi, merusak komponen dan server

Jika dikategorikan berdasarkan OSI layer, ada serangan pada layer aplikasi, protocol, dan volumetric

1. Application Attacks

Cara Kerja DDoS ini dengan mengeksploitasi layer 7. Yaitu layer di mana server akan menerima dan merespon http request serta memuat halaman website. Dengan mengambil semua sumber daya dari target. Target serangan ini adalah layer dimana halaman website dieksekusi pada server dan mengirimkan respon ke HTTP request.Itulah mengapa application attacks juga sering dikenal dengan layer 7 attacks. Serangan ini lumayan sulit diidentifikasi dan diatasi karena serupa dengan lalu lintas web yang natural. Salah satu contoh serangannya adalah HTTP flood.

2. Protocol Attacks

Protocol attacks atau yang biasa disebut state-exhaustion attacks menyerang kelemahan pada layer 3 dan layer 4. Cara Kerja DDoS attack yang satu ini adalah membuat penggunaan sumber daya server maupun perangkat jaringan seperti firewalls dan load balancers menjadi berlebihan. Serangan ini mengeksploitasi TCP dengan cara mengirimkan paket SYN dengan spoof alamat IP dalam jumlah besar. Setiap koneksi yang masuk ditanggapi oleh server yang menunggu proses koneksi berjalan, namun tidak pernah terjadi. Contoh serangan pada kategori ini adalah Syn flood, Smurf DDoS, dan ping of death.

3. Volumetric Attacks

Merupakan cara Kerja DDoS yang paling umum digunakan oleh para hacker. Tercatat serangan ini sampai mencapai angka 65%. Attacker menggunakan botnet untuk membanjiri bandwidth website maupun server dengan traffic dalam jumlah yang sangat besar. Tujuannya adalah menghabiskan semua bandwidth yang tersedia antara target dengan jaringan internet.Beberapa tipe serangan yang masuk dalam kategori ini adalah UDP flood, TCP flood, DNS amplification, dan NTP amplification.

Cara Mengatasi DDoS Attack

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah layanan anda terkena DDoS, dan jika layanan anda sudah terkena DDoS, antara lain :

  1. Membuat parameter jaringan, dengan menyusun beberapa langkah teknis yang digunakan untukmengurangi efek serangan.
  2. Memperbesar Bandwidth jika masih bisa dilakukan upgrade bandwidth. Cara ini digunakan untuk mengulur waktu agar sistem tidak sampai down sampai penanganan serangan DDoS selesai.
  3. Menghubungi ISP atau penyedia layanan hosting untuk membantu menyelesaikan permasalahan anda yang terkena DDoS. Salah satu ciri serangan DDoS adalah menyerang alamat IP dari sistem, sehingga anda bisa melaporkan kejadian tersebut kepada mereka.
  4. Melakukan identifikasi serangan, biasanya jika anda memiliki server sendiri, tanda – tanda jika sedang terjadi serangan DDoS akan terlihat. Jika diketahui maka anda harus segera melakukan penanganan sebelum terjadi serangan yang lebih serius.
  5. Menghubungi Spesialis DDoS, cara mengatasi ddos attack yang terakhir dengan menghubungi layanan spesialis DDoS yang bisa membantu anda untuk menangani serangan yang terjadi.

Demikianlah cara mengatasi DDoS attack yang bisa saya jabarkan.

Kesimpulan

Bagaimana setelah membaca penjelasan di atas ? Apakah masih bingung tentang apa itu DDoS ? Jadi DDoS adalah teknik penyerangan yang umum digunakan dan mempunyai konsep yang sederhana. DDoS sangat ampuh untuk mengganggu sistem anda.

Demikianlah artikel dari saya, sampai jumpa di artikel berikutnya !

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Artikel Lainnya

Konfigurasi DHCP Server Mikrotik

Bagi anda pengguna internet pasti tidak asing dengan platform website yang dikhusus kan untuk membuatan konten seperti wordpress, blogspot, dan lain sebagainya. Namun pernah gak kalian menyadari bahwa website konten tersebut adalah salah satu contoh dari pada CMS, lalu apakah CMS itu sebenarnya ? Mari simak penjelasan dari kami dibawah ini !

Read more »
pengertian-cms

Pengertian CMS, Fungsi, dan Contohnya.

Bagi anda pengguna internet pasti tidak asing dengan platform website yang dikhusus kan untuk membuatan konten seperti wordpress, blogspot, dan lain sebagainya. Namun pernah gak kalian menyadari bahwa website konten tersebut adalah salah satu contoh dari pada CMS, lalu apakah CMS itu sebenarnya ? Mari simak penjelasan dari kami dibawah ini !

Read more »

Mau Konsultasi?

Kami telah melayani berbagai jenis pekerjaan di berbagai kota di Indonesia, 
tim kami siap untuk membantu memberikan solusi setiap permasalahan IT anda.