Bagikan :

Firewall, Seiring berkembangnya jaman tekonologi pun seamakin berkembang, mulai dari di bidang komunikasi dan lainnya. Kamu mungkin sering mendengar tentang kata firewall, Firewall adalah system keamanan yang memiliki icon  mudah dihafal  yaitu dinding batu bata merah berapi yang menutupi dunia. Dibalik icon yang sangat mudah untuk diingat ternyata Firewall sendiri mempunyai fungsi yang penting.

Penasaran pengertian firewall , fungsi atau cara kerja firewall ? mari simak informasi ini baik baik….

Apa itu Firewall ?

Apa itu firewall ? Pengertian Firewall adalah sistem keamanan komputer yang melindungi komputer anda dari berbagai ancaman di internet.Pengertian firewall sendiri mudah diingat dan dihafal, seharusnya pengertian firewall itu panjang akan tetapi kami singkat agar mudah dipahami. Fungsi firewall adalah sebagai tembok untuk membatasi komputer dari jaringan internet. Melalui Firewall ini lah anda dapat mengatur data , informasi  yang boleh berlalu lalang melalui jaringan internet ke komputer dan begitu sebaliknya.

Firewall terbagi menjadi 2 bagian yaitu hardware dan software, kedua bagian tersebut memiliki pengaturan yang berbeda . Akan tetapi kedua bagian itu memiliki fungsi yang sama yaitu melindungi  keamanan jaringan.

Firewall Hardware

Merupakan perangkat keras yang terdapat pada system jaringan. Contoh dari firewall hardware ini adalah router. Firewall semacam ini memerlukan konfigurasi agar berkerja secara efektif.

Firewall software

Merupakan alat untuk melindungi system jaringan dirumah. Biasanya firewall software ini diciptakan dalam aplikasi yang terpisah ataupun digunakan untuk tambahan anti virus saja.

Apa saja fungsi firewall ?

Selain untuk melindungi keamanan jaringan, ada juga fungsi firewall yang lain. Apa saja fungsi firewall yang lain tersebut ? yuk simak kelanjutannya dibawah ini..!!!

Fungsi firewall adalah :

Mencatat aktivitas user

Maksud dari mencatat aktivitas user adalah ketika user mengakses sebuah data maka firewall akan mencatatnya sebagai dokumentasi. Adanya catatan data tersebut bisa digunakan untuk mengembangkan sistem keamanan komputer.

Mencegah bocornya informasi dari hacker

Selain untuk mencatat aktivitas user , Fungsi firwall untuk mencegah bocornya informasi yang sangat penting di komputer , jadi komputer  akan lebih aman dan dokumen penting kamu tidak akan mudah bocor. Karena firewall berfungsi sebagai penyekat antara internal dan akses luar.

Mengeblock pesan atau konten yang anda tidak inginkan

Firewall juga bisa digunakan untuk mengeblock konten , website atau pun pesan yang menurut anda mengganggu kenyamanan anda. Jika anda mendapatkan pesan misterius kemungkinan besar Firewall anda belum terinstal dengan benar, lalu jika anda ingin mengeblock konten atau website yang sekiranya tidak anda inginkan anda dapat melakukannya secara manual agar konten konten tersebut tidak muncul lagi di komputer anda.

Mengakses Layanan VPN

Fungsi firewall juga dapat mengakses Virtual Private Network ( VPN ). Di layanan inilah kamu dapat mengakses website yang telah diblokir oleh pihak tertentu.

Apa saja jenis – jenis firewall ?

Jenis jenis firewall adalah :

Personal Firewall

Personal Firewall dibuat untuk melindungi device yang tersambung pada akses jaringan yang tidak diizinkan. Firewall jenis ini berfungsi untuk mengamankan device secara total.

Network Firewall

Network Firewall berkerja sebagai perlindungan jaringan secara keseluruhan dari semua serangan. Netwrok firewall memiliki sifat transparan dari pengguna dan memakai teknologi routing untuk menentukan paket yang diizinkan atau tidak. Network Firewall juga memiliki berbagai fitur yaitu :

– Packet Filter firewall

– Stateful firewall

– Circuit Level Gateway

– Application Level Gateway

– NAT Firewall

Bagaimana Cara Kerja Firewall ?

Cara kerja Firewall adalah dengan cara menyaring data jaringan di internet, Iajuga bisa menentukan packet yang boleh diakses oleh komputer.

Firewall memiliki 3 cara untuk mengamankan jaringan. Firewall juga bisa menggunakan salah satu cara tersebut atau mengkombinasi 3 cara tersebut untuk mengamankan jaringan. Simak penjelasan dibawah ini untuk lengkapnya.

Packet Filtering atau stateless

Diproses ini packet diperiksa secara terpisah atau sendiri sendiri. Apabila ada packet yang dianggapnya berbahaya maka tidak diijinkan masuk dan apabila tidak berbahaya langsung diijinkan masuk ke sistem yang diminta.

Proxy service

Diproses ini bertugas sebagai penghubung dengan sistem jaringan. Selain itu juga bertugas untuk memeriksa packet yang akan ditukarkan dalam jaringan sehingga lebih aman untuk diakses.

Stateful inspection

Diproses terakhir ini bertugas untuk mengecek packet source dan membuka isi dari paket tersebut. Jika anda menggunakan ini maka tingkat keamanan komputer anda akan meningkat tetapi perfoma komputer anda melemah.

Setelah mengetahui cara kerja firewall pasti anda ingin mengetahui manfaat dari firewall oleh sebab itu simak dengan baik baik manfaat firewall dibawah ini.

Apa saja manfaat Firewall ?

Firewall memiliki berbagai macam manfaat yang sangat berpengaruh terhadap komputer , dibawah ini merupakan macam macam manfaat firewall

Manfaat dari Firewall adalah :

a.Mengatur lalu lintas jaringan

b.Menjaga data anda agar lebih aman dari pembobolan

c.Melindungi informasi anda dari pengguna yang tidak dikenal

d.Mencatat lalu lintas jaringan

e.Mengatur autentifikasi akses data

f.Menghindari peretasan data dari hacker

Setelah membaca artikel diatas pasti telah menjawab pertanyaanmu tentang pengertian firewall dan lain sebagainya. Sekian informasi yang dapat kami berikan mengenai fairwall. Semoga Artikel ini dapat membantu anda untuk memahami tentang sistem keamanan internet, sampai jumpa diartikel lainnya.

Artikel Terpopuler

Bagikan :

Artikel Lainnya

Artikel Lainnya

Mau Konsultasi?

Kami telah melayani berbagai jenis pekerjaan di berbagai kota di Indonesia, 
tim kami siap untuk membantu memberikan solusi setiap permasalahan IT anda.