Perbedaan Bit dan Byte, Serta Pengertiannya

Bagikan :

perbedaan bit dan byte

bit dan Byte merupakan istilah yang sering kita dengar saat berkaitan dengan internet. Pada umumnya transfer speed (bandwidth) dinyatakan dalam bit, sedangkan kapasitas penyimpanan data biasanya dinyatakan dalam bentuk Byte. Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang perbedaan bit dan byte, alangkah baiknya kita pahami dulu apa itu bandwidth.

Apa itu Bandwidth?

Bandwidth adalah besar kapasitas maksimum dari suatu jalur komunikasi, dan berfungsi mengirimkan data dari server menuju client pada hitungan bit per second (bps). Bandwidth juga dapat dianalogikan sebagai pipa air yang biasa digunakan untuk menghantarkan air ke satu titik ke titik lainnya. Pipa memiliki volume tertentu agar dapat menghantarkan air.

Volume pada pipa itu dapat dikatakan mirip dengan Bandwidth. Sedangkan air yang dihantarkan oleh pipa dapat diibaratkan sebagai data yang ditransfer  dalam internet. Semakin besar volume pipa maka air dapat dihantarkan lebih cepat.

Nah, itu tadi penjelasan singkat tentang Bandwidth, sekarang kita akan membahas pengertian serta perbedaan bit dan byte.

Apa itu bit?

Bit adalah singkatan dari binary digit (bilangan biner). Istilah ini pertama kali ditemukan pada tahun 1947 oleh ilmuwan statistik bernama John W. Turkey.

Bila diibaratkan, bit ini seperti sebuah saklar yang dapat “menyala” atau “mati”. Nilai angka dalam bit adalah “0” dan “1”. Angka “0” biasa digunakan untuk penandaan sistem mati, sedangkan angka “1” sebagai penanda sistem dalam kondisi hidup atau memiliki arus listrik. Dalam dunia elektronik maupun digital, bit dilambangkan dengan huruf “b” kecil.

Kecepatan transfer satuan ini menggunakan bit per second (per detik) dan biasa disebut dengan bps. Salah satu contohnya adalah untuk mengukur sebuah modem menggunakan 60 kbps atau 60 kilo bit per second

Apa itu Byte?

Byte adalah gabungan dari beberapa bit. Lebih tepatnya, 1 bit terdiri dari 8 byte. Istilah Byte pertama kali dikenalkan pada tahun 1956 oleh seorang ilmuwan Amerika bernama Warner Buchholz.

Byte digunakan dalam satuan penyimpanan data dalam sebuah komputer. Satuan byte pun beragam daalam media penyimpanan mulai dari kilobyte (KB), megabyte (MB), gigabyte (GB), terabyte (TB) dan untuk ukuran paling besar dari byte adalah yottabyte (YB) dan satuan ini empat kali lebih besar dari terabyte (TB).

Apa perbedaan dari bit dan Byte?

1. Simbol

Byte dituliskan dengan huruf “B”, sedangkan bit dituliskan dengan huruf “b” sesuai ketentuan Institute of Electrical and Electronic Engineers. Jadi, jika Anda menemukan tulisan 1 KB, artinya adalah 1 kilobyte, bukan 1 kilobit.

2. Penyimpanan Data

bit dan byte sama-sama merujuk ke satuan data yang digunakan untuk komunikasi digital. Namun, karena perkembangan data sudah semakin pesat, penggunaan bit ditinggalkan karena dianggap kurang efektif.

Byte sebagai ukuran yang lebih besar-lah yang digunakan. Baik untuk ukuran data sebuah file atau ukuran kapasitas penyimpanan perangkat seperti CD, flashdisk atau SSD.

3. Kecepatan Internet dan Transfer data

Karena besaran data dihitung menggunakan byte, maka transfer data dihitung dalam byte per detik. Contohnya, 1 MB/s atau 1 megabyte per second. Sementara itu, kecepatan dari jaringan secara umum menggunakan satuan bit per detik. Contohnya, 1 Mbps.

Satuan bit per detik juga yang digunakan oleh penyedia layanan internet Anda untuk menawarkan paket layanan. Katakanlah kalau paket internet Anda 8 Mbps, maka kecepatan transfer rate-nya ada di kisaran 1 MB/s. Jadi, untuk mengunduh file sebesar 10 MB perlu waktu kurang lebih 10 detik.

Bagaimana pengkonversian dari bit ke byte?

Jika satuan yang anda gunakan adalah byte, maka nilai yang ada pada byte harus dikali dengan delapan. seperti yang kita ketahui, 1 byte adalah 8 bit. Begitu juga untuk mengkonversikan dari bute ke bit, dimana 1 bit adalah 1/8 bit. Misalnya berapa byte kah nilai Desimal dari 1 kilo bit? Cara menghitungnya adalah sebagi berikut:

  • 1 byte = 8 bit
  • 1 kilo bit = 1024 bit
  • sehingga 1 kilo byte = 1024 x 8 bit = 8192 bit

begitu juga dengan pertanyaan berikut, berapa bit kah 1 kilo byte? Cara menghitungnya sebagai berikut:

  • 1 byte = 8 bit atau 1 bit = 1/8 byte
  • 1 kilo byte = 1024 / 8 bit = 128 bit

Kesimpulan

Bit dan Byte memang memiliki pengertian yang sama namun cara penulisan berbeda, konversi bit dengan byte cukup mudah untuk dipahami sehingga jika kita melihat angka-angka pada kecepatan bandwidth internet yang kita miliki dapat kita artikan secara langsung. Dengan mempelajari perbedaan bit dan byte pada artikel kali ini Anda dapat mengimplementasikan di kehidupan sehari-hari dalam menggunakan jaringan.

Artikel Lainnya

Mail Server: Pengertian, Protokol, dan Cara Kerjanya

Pada masa modern seperti ini alat komunikasi sangatlah beraneka ragam, dengan menggunakan jaringan internet anda dapat berkomunikasi dengan cepat dan mudah. Contohnya berkomunikasi melalui e-Mail lantas bagaimana alat komunikasi e-mail tersebut bisa bekerja ? Mari kita simak !

Read more »

Mau Konsultasi?

Kami telah melayani berbagai jenis pekerjaan di berbagai kota di Indonesia, 
tim kami siap untuk membantu memberikan solusi setiap permasalahan IT anda.