Bagikan :

Untuk kalian pala pelajar SMK maupun mahasiswa-mahasiswi pasti tidak asing dengan aplikasi yang satu ini. Aplikasi ini menggunakan media localhost pada komputer kita untuk menjalankan fugsi-fungsinya, dengan kata lain kita bisa membuat webserver kita sendiri untuk keperluan pribadi maupun pendidikan. Bagi para pekerja kantoran mungkin XAMPP sangatlah asing tapi tidak sedikit juga perusahaan yang memanfaatkan aplikasi ini untuk keperluan database perusahaan.

Lalu apa sih sebenarnya aplikasi XAMPP ini? Yuk simak penjelasan dari kami!

Pengertian XAMPP

logo pengertian xampp

Singkatnya pengertian XAMPP adalah software webserver yang bersifat open source dalam kata lain bebas untuk diakses maupun diedit oleh pengguna (kita), XAMPP support untuk berbagai macam OS seperti Windows, Linux, maupun Mac OS. XAMPP ini bergerak sebagai standalone server atau bisa disebut localhost, hal ini memudahkan pengguna dalam proses pengembangan webserver.

Sebenarnya XAMPP sendiri adalah sebuah singkatan dari beberapa kata, kata tersebut meliputi :

1.X (Cross Platform)

Artinya aplikasi ini bisa digunakan di beberapa sistem operasi seperti Windows, Linux, dan Mac OS. Dari semua sistem operasi yang ada XAMPP bersifat opensource dan gratis.

2.A (Apache)

Apache merupakan sebuah webserver yang bertugas untuk membuat sebuah halaman website yang berbasis kode pemrograman PHP. Serta memungkinkan dalam mengakses sebuah database terlebih dahulu untuk mendukung halaman website yang ditampilkan.

3.M (MySQL)

Untuk MySQL sendiri adalah sebuah aplikasi server database yang menggunakan bahasa pemrograman SQL. Sedangkan fungsinya adalah untuk membuat sistem penyimpanan basis data secara setruktur.

4.P (PHP)

PHP singkatan dari Hypertext Preprocessor adalah sebuah bahasa pemrograman yang bersifat opensource, serta server-side. Server-side dalam arti bahasa pemrograman ini / script php akan diproses pada server, untuk server yang sering digunakan php meliputi: Apache, Nginx, dan LiteSpeed.

5.P (Perl)

Sedangkan untuk Perl sendiri adalah bahasa pemrograman yang kompatible pada sistem operasi manapun, sehingga memungkinkan bahasa pemrograman ini dapat memenuhi berbagai macam kebutuhan.

Mengapa XAMPP Sangat Digemari Oleh Web Developer?

Setelah mempelajari pengertian XAMPP sekarang kita akan membahas tentang berbagai macam fitur yang dapat dimanfaatkan oleh Web Developer, dengan sifatnya yang gratis maka semua orang termasuk anda dapat menggunakannya. Namun ada juga beberapa kekurangan dari XAMPP.

Untuk memastikan bahwa aplikasi ini memang sesuai dengan kebutuhan maka kita pelajari dulu kelebihannya:

1.Gratis untuk diunduh dan digunakan

Alasan mengapa XAMPP sangatlah digemari oleh Web Developer adalah gratis untuk diunduh dan digunakan, dengan masuk kedalam website official xampp anda dapat mengunduhnya secara gratis. Ada banyak versi dari XAMPP dari php5 sampai php8 tergantung anda mau memilih sesuai dengan kebutuhan yang anda inginkan.

Tapi perlu diingat karena aplikasi ini gratis maka XAMPP memiliki keterbatasan dibandingan dengan aplikasi lainnya yang berbayar.

2.Data yang Aman

Yup, keamanan adalah hal yang paling pentung untuk kita jaga. XAMPP memiliki sistem keamanan yang kuat sehingga kemungkinan kecil para peretas bisa masuk kedalam sistem kita. Selama anda tidak terhubung kejaringan atau bisa disebut offline, maka data kita akan aman.

3.Dapat Digunakan di Berbagai Macam Sistem Operasi

Seperti yang kami jelaskan diatas pada kepanjangan XAMPP, salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah sangat compatible untuk seluruh jenis sistem operasi seperti Windows, Linux, dan Mac OS. Meskipun sistem operasinya berbeda-beda fitur yang ada didalamnya dapat digunakan secara baik tanpa harus mengurangi fungsi-fungsinya.

4.Kapasitas Penyimpanan yang Cukup

Meski kapasitas XAMPP tidak terlalu besar aplikasi ini dapat menampung kurang lebih 60 ribu tabel dengan data milyaran. Untuk anda yang tidak membutuhkan data terlalu besar maka XAMPP adalah aplikasi yang cocok, namun kami sarankan untuk selalu mengecek kapasitas data yang dapat ditampung agar tidak menghambat dari kinerja aplikasi itu sendiri.

5.Proses yang Cepat

Walau XAMPP termasuk aplikasi yang gratis, namun kecepatannya sangat baik. Sehingga para pengguna expert maupun pemula akan merasa nyaman menggunakan aplikasi ini tanpa mengalami masalah atau kesulitan. Untuk memastikan aplikasi ini dapat bekerja dengan baik pastikan juga anda memiliki space cukup pada pc anda.

Fungsi-Fungsi XAMPP

Pada dasarnya XAMPP berfungsi sebagai server local (localhost) yang dapat menampung berbagai macam jenis data website yang dapat dikembangkan sendiri, seperti yang sudah kami jelaskan tentang pengertian xampp. Selebihnya untuk fungsi xampp ada bawah ini :

·         Menguji Kinerja Fitur

·         Menampilkan konten yang ada dalam website yang kita buat kepada orang lain, tanpa harus terhubung ke internet.

·         Memungkinkan anda untuk mengembangkan keterampilan dalam membuat website secara bebas.

·         Dapat anda manfaatkan sebagai prototype website yang akan anda buat sebelum akhirnya dibuat website online-nya.

·         Mengembangkan aplikasi-aplikasi berbasis PHP untuk kebutuhan instansi atau perusahaan.

Cara Instalasi dan Penggunaan XAMPP

Untuk anda yang masih bingung dalam penggunaan XAMPP mari kita simak tutorial yang kami berikan dibawah ini.

Instalasi XAMPP

  • Pertama-tama yang harus anda lakukan yaitu mengunduh paket instalasi pada website resmi dari XAMPP.

    lagnkah instalasi xampp
    Pada gambar diatas ada berbagai macam versi yang diberikan, silahkan pilih sesuai kebutuhan anda. Untuk versi PHP yang disedikan sangat banyak, selebihnya anda dapat membuka link bertuliskan “More Downloads”.

  • Langkah kedua, anda buka hasil download tadi dan akan keluar tampilan seperti dibawah ini lalu klik Next.

  • Langkah ketiga, anda akan di suguhkan dengan berbagai macam fitur seperti dibawah ini, sesuaikan dengan kebutuhan anda.

     

  • Setelah anda klik Next maka akan keluar direktori aplikasi XAMPP yang akan anda install silahkan di isi sesuai keinginan anda.

  •  Terakhir, akan ada proses instalasi tunggu hingga proses tersebut selesai. Dan aplikasi XAMPP siap untuk dijalankan.

Penggunaan XAMPP

Untuk pemula penggunaan XAMPP mungkin akan sedikit lebih sulit, disini kami akan menjelaskan secara singkat langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk menjalankan aplikasi XAMPP.

  • Pertama, kita buka XAMPP Control Panel. Setelah instalasi selesai XAMPP akan otomatis berjalan dibalik layar atau background, untuk mengakses Control Panel nya kita harus klik kanan logo XAMPP pada toolbar dekstop anda.

  • Kedua, anda klik menu yang bertuliskan Show/Hide dan akan keluar jendela seperti dibawah ini.

    cara menggunakan xampp

    Pada jendela ini terdapat fitur-fitur yang sudah kami jelaskan.

  • Langkah selanjutnya adalah klik Start pada fitur yang anda ingin aktifkan, untuk webserver yang anda harus aktifkan adalah fitur Apache & MySQL. Kemudian pada fitur tersebut akan berubah warna menjadi hijau menandakan fitur berjalan dengan baik.

  • Untuk menguji apakah fitur bekerja dengan baik silahkan buka browser anda kemudian isi url dengan ip address localhost 127.0.0.1 . Jika berhasil maka akan keluar tab seperti dibawah ini pada browser anda.

  • Terakhir, kembali kepada anda sekarang aplikasi XAMPP siap untuk digunakan sesuai kebutuhan yang anda inginkan.

Artikel Terpopuler

Artikel Lainnya

Artikel Lainnya

Mau Konsultasi?

Kami telah melayani berbagai jenis pekerjaan di berbagai kota di Indonesia, 
tim kami siap untuk membantu memberikan solusi setiap permasalahan IT anda.