Tingkatkan Keamanan Lingkungan Anda dengan CCTV

Bagikan :

cara instalasi cctv rumah

Tempat tinggal yang aman dapat membuat kita merasa nyaman untuk tinggal dan melakukan aktivitas. Namun kita sebagai manusia juga merasa was-was dengan keamanan disekitar tempat tinggal kita, entah itu Rumah, Apartement maupun Hotel yang kita singgahi. Tidak semua tempat tinggal memiliki tingkat keamanan yang baik, lalu apa yang harus kita lakukan untuk meningkatkan keamanan tempat tinggal kita? Simak artikel kali ini mengenai cara instalasi cctv rumah!

Pengertian Singkat Mengenai CCTV

Semua orang pasti tidak asing dengan peralatan modern yang satu ini, yaitu CCTV. Alat ini memiliki fungsi sebagai camera yang dapat merekam segala kegiatan-kegiatan di lingkungan kita, lalu rekaman tersebut bisa disimpan dengan jangka waktu yang lama sehingga kita dapat melihat kembali rekaman tersebut.

Tentu saja alat ini sangat berguna bagi kita karena dapat meningkatkan keamanan di lingkungan Anda, kita akan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti pencurian maupun kegiatan yang dapat merugikan kita.

 

Mengapa Harus Menggunakan CCTV?

Mungkin banyak peralatan modern yang dapat menunjang tingkat keamanan di lingkungan kita, seperti Alarm. Namun kami menyarankan Anda untuk memasang CCTV karena cara instalasi nya cukup mudah dan harga yang sangat terjangkau, banyak variasi-variasi CCTV yang cocok untuk lingkungan anda.

Ditambah lagi dengan menggunakan CCTV kita dapat melihat gerak-gerik orang disekitar area yang kita sudah pasangi CCTV jadi kita dapat melihat apa saja yang mereka lakukan secara Real Time. CCTV akan terus merekam kegiatan selama beberapa waktu (bergantung dengan kapasitas media penyimpanan yang digunakan) dan rekaman tersebut dapat dilihat kembali.

 

Cara Instalasi CCTV Rumah

Untuk anda ingin memasang CCTV sendiri di Rumah kita ada beberapa tips cara instalasi CCTV rumah, kami akan menjelaskan secara singkat dan padat!

1. Memilih Product CCTV yang Baik

Memiliki Product atau Merek CCTV yang baik sangat kami sarankan, karena beberapa CCTV ada yang memiliki umur tidak panjang sehingga untuk beberapa waktu kedepan anda diharuskan mengganti CCTV tersebut bahkan kemungkinan bisa rusak. Banyak product-product yang bagus dan sangat terjangkau.

2. Memilih CCTV Sesuai Kebutuhan

Apa bedanya dengan point pertama? Point ini kita harus pintar-pintar memilih CCTV sesuai kebutuhan kita. CCTV mana yang cocok untuk Indoor (dalam ruangan) dan outdoor (luar ruangan), serta kita juga harus bisa memilih kualitas dari camera CCTV tersebut. Untuk saat ini banyak yang menggunakan CCTV dengan kualitas camera 1080p atau 2MP karena dapat merekam dengan jelas.

Ada juga CCTV Analog dan IP CAM, apa perbedaannya? Untuk CCTV Analog sendiri menggunakan media penyimpanan DVR atau NVR dan instalasinya menggunakan kabel. Sedangkan IP Cam, CCTV ini dapat terhubung dengan internet menggunakan Wifi dan rekaman tersimpan di media penyimpanan SD-Card, untuk IP Cam kita dapat melihat rekaman melalui smartphone yang kita miliki secara Real Time.

3. Siapkan Media Penyimpanan dengan Kapasitas Besar

Mengapa demikian? Karena semakin tinggi kualitas camera CCTV maka akan memakan kapasitas yang besar juga. Dengan menyiapkan media penyimpanan berkapasitas besar kita dapat menyimpan rekaman tersebut dengan jangka waktu yang lebih lama

4. Tentukan titik yang akan dipasangi CCTV

Menentukan titik-titik mana yang akan dipasangi CCTV, direkomendasikan untuk titik-titik yang jarang dijangkau dan tempat yang sering ada kegiatan.

5. Proses Instalasi yang Benar

Proses instalasi yang benar seperti melakukan pemasangan kabel dan tata letak CCTV yang benar, usahakan kabel yang kita pasang rapi dan tidak bisa dijangkau oleh orang. Karena kerusakan kabel dapat bepengaruh terhadap CCTV yang kita pakai, biasanya kabel yang terkelupas atau cacat menyebabkan CCTV tidak tampil di DVR.

6. Pemasangan DVR dan Konfigurasi yang Benar

Tidak lupa memasang DVR sebagai alat yang bertugas sebagai penampil hasil rekaman, biasanya orang-orang menggunakan monitor komputer atau TV yang dihubungan ke DVR. Konfigurasi DVR juga harus kita lakukan agar hasil rekaman dapat ditampilkan dengan sempurna.

7. Lakukan Ujicoba

Melakukan ujicoba terhadap CCTV dan DVR atau peralatan lainnya apakah berjalan dengan baik, lalu coba untuk mengecek rekaman-rekaman apakah berhasil ter-rekam dengan benar atau tidak.

 

Tingkatkan Keamanan Lingkungan Anda dengan Menggunakan CCTV

CCTV sangat dibutuhkan untuk berbagai lingkungan seperti Rumah, Kantor, Penginapan, Sekolah dan Perkampungan. Dengan menggunakan CCTV lingkungan anda akan aman dan semakin nyaman dalam melakukan kegiatan-kegiatan disekitar lingkungan tersebut.

Terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan adalah keinginan semua orang. Kami Peta Network yang bergerak di dunia IT dan Jaringan, siap membantu memenuhi kebutuhan jaringan anda.

Kami juga Menyediakan Jasa Instalasi CCTV, menggunakan layanan yang sudah kami sediakan dapat memenuhi kebutuhan jaringan anda termasuk ditingkat keamanan. Daripada harus repot-repot untuk memasang CCTV sendiri anda dapat menggunakan jasa Instalasi CCTV dari kami, dengan tim yang berpengalaman di bidangnya dan kepuasan client adalah tujuan utama dari kami. Tunggu apa lagi konsultasikan kebutuhan jaringan anda pada kami!

Artikel Lainnya

Konfigurasi DHCP Server Mikrotik

Bagi anda pengguna internet pasti tidak asing dengan platform website yang dikhusus kan untuk membuatan konten seperti wordpress, blogspot, dan lain sebagainya. Namun pernah gak kalian menyadari bahwa website konten tersebut adalah salah satu contoh dari pada CMS, lalu apakah CMS itu sebenarnya ? Mari simak penjelasan dari kami dibawah ini !

Read more »

Mau Konsultasi?

Kami telah melayani berbagai jenis pekerjaan di berbagai kota di Indonesia, 
tim kami siap untuk membantu memberikan solusi setiap permasalahan IT anda.