Mengenal Jaringan Peer to Peer

Bagikan :

jaringan peer to peer

Untuk kalian yang sebelumnya sudah memahami dunia IT pasti tidak asing dengan istilah peer to peer, mungkin anda yang sedang duduk di bangku SMK mungkin pernah mempelajari tentang jaringan peer to peer. Sebenarnya apa sih jaringan peer to peer itu? Peta Network akan menjelaskan secara singkat dan padat tentang jenis jaringan ini yuk kita simak artikel dibawah ini!

Pengertian Jaringan Peer to Peer

Sebenarnya metode yang dapat kita implementasikan di jaringan sangatlah banyak, dan salah satu nya adalah Jaringan P2P ini, jaringan ini terdiri dari beberapa device yang saling berhubungan satu sama lain dalam satu jaringan yang sama antara client dengan server.

Namun khususnya dari jaringan ini tidak terdapat kontrol terpusat yang menyebabkan semua kegiatan dalam jaringan P2P akan bebas dilakukan oleh siapapun, hal ini dapat juga membahayakan kita. Mengapa demikian? Karena virus maupun aplikasi illegal yang dapat mengambil data kita sangatlah mudah untuk masuk ke komputer kita, jadi berhati-hatilah dalam menggunakan metode jaringan ini dan gunakan dengan bijak.

Gambaran Sederhana Jaringan Peer to Peer

contoh jaringan peer to peer

Seperti pada gambar diatas adalah contohnya, komputer satu dengan komputer lain dapat saling berhubungan, jaringan P2P juga tidak hanya menampung 2 device bahkan lebih dari itu juga bisa. Dengan menggunakan beberapa konfigurasi pada setiap komputer kita dapat saling berkomunikasi satu sama lain, dapat mengirim file dari komputer satu ke komputer lain dan saling sharing data. Jaringan P2P juga dapat dimanfaatkan untuk sharing Printer secara offline juga.

Karakteristik Jaringan Peer to Peer

  • Tidak harus memiliki 1 komputer yang berfungsi sebagai server
  • Semua device yang terdapat pada jaringan ini berstatus sebagai server dan client
  • Tidak ada kontrol khusus pada jaringan ini sehingga tingkat keamanan rendah
  • Device tidak harus memiliki spesifikasi yang sama untuk saling terhubung satu sama lain

Perbedaan Jaringan Peer to Peer dengan Client Server

Sebenarnya jaringan P2P dan client server sangatlah umum digunakan dan sedikit sama dalam fungsinya, namun masing-masing jaringan ini memiliki perbedaan yang tidak banyak. Apa saja perbedaan itu?

Peer to Peer

Dengan melihat topologi diatas saja kita sudah mengetahui jika jaringan p2p merujuk ke 2 komputer yang saling berkomunikasi satu sama lain. Namun setiap komputer ini memiliki fungsi dan posisi yang sama yaitu dapat menjadi server dan client sekaligus, kedua komputer ini juga dapat mengirim dan menerima data secara bersamaan.

Client Server

Bedanya dengan Client Server adalah, ada satu komputer yang ditugaskan sebagai komputer server. Lalu untuk komputer-komputer lainnya akan memiliki posisi sebagai client, namun metode client server ini semua kegiatan yang kita lakukan seperti tranfer file dan lain sebagainya akan di kontrol melalui Server. Mengapa demikian? Karena server akan mengatur hak akses dari setiap komputer-komputer client tujuannya untuk memastikan jaringan disekitar berjalan secara normal.

Kesimpulan

Setiap jaringan memiliki banyak metode yang dapat kita implementasikan, tentu setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing jadi kita wajib memilih metode apa yang akan kita gunakan dan pilihlah secara bijak. Dengan membaca penjelasan diatas apakah kalian memahami tentang Peer to Peer? Jika paham, Anda dapat melakukannya atau menguji sendiri Jaringan Peer to Peer menggunakan 2 laptop atau 2 komputer yang saling terhubung menggunakan kabel LAN. Semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya

pengertian firewall

Mengenal Fungsi, Cara Kerja, dan Pengertian Firewall

Kamu mungkin sering mendengar tentang kata firewall, Firewall adalah system keamanan yang memiliki icon mudah dihafal yaitu dinding batu bata merah berapi yang menutupi dunia. Dibalik icon yang sangat mudah untuk diingat ternyata Firewall sendiri mempunyai fungsi yang penting.

Penasaran pengertian firewall , fungsi atau cara kerja firewall ? mari simak informasi ini baik-baik

Read more »

Pengertian Proxy, Cara Kerja,dan Fungsinya

Dalam ruang lingkup jaringan pasti anda sering jumpa maupun pernah melihat kata-kata proxy, yap proxy adalah sebuah sistem yang bekerja sebagai perantara jaringan. Untuk lebih jelasnya mari kita simak artikel tentang proxy berikut!

Read more »

Mau Konsultasi?

Kami telah melayani berbagai jenis pekerjaan di berbagai kota di Indonesia, 
tim kami siap untuk membantu memberikan solusi setiap permasalahan IT anda.