Apa itu SIPLah? dan Manfaat Menggunakannya

Bagikan :

apa itu siplah

Apa itu SIPLah?

SIPLah merupakan sebuah inovasi dalam pengadaan barang atau jasa di Satuan Pendidikan, yang berfungsi untuk meningkatkan transparansi dan kemudahan dalam administrasi bagi UMKM untuk turut hadir sebagai penyedia barang dan jasa.

SIPLah Sebagai Sistem Informasi untuk Sekolah

Pada tahun 2019, KEMENDIKBUD membuat sebuah Sistem Informasi untuk sekolah agar dapat melaksanakan proses pengadaan barang dan jasa (PBJ). Sistem informasi tersebut dinamakan SIPLah (Sistem Informasi Pengadaan Sekolah). SIPLah dibuat sebagai sistem elektronik bagi sekolah untuk melaksanakan pembelanjaan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah).

Pada tahun 2021, Pemerintah Pusat sudah menyalurkan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) untuk lebih dari 216 ribu sekolah untuk membantu kebutuhan belanja operasional sekolah. Total dana yang sudah disalurkan pada tahun 2021 sebesar Rp 53,4 triliun. Jumlah ini meningkat dibandingkan dana BOS yang dikeluarkan pada tahun 2019 sebesar Rp 51,2 triliun. Dengan menggunakan SIPLah, sekolah bisa melakukan proses PBJ (Pengadaan Barang dan Jasa) secara daring. Selain itu, dengan menggunakan SIPLah, proses PBJ yang dilaksanakan sekolah bisa lebih fleksibel dan aman.

Manfaat Menggunakan SIPLah

Pembelanjaan dana BOS yang fleksibel sangat diperlukan saat ini. Perkembangan teknologi yang begitu pesat menuntut pihak sekolah untuk bisa mengimbanginya. Banyak sekali manfaat jika menggunakan SIPLah, berikut contohnya:

1.Efektif dan Efisien

Dengan menggunakan SIPLah, proses PBJ diharapkan bisa berjalan dengan lebih efektif dan efisien sehingga memudahkan pihak sekolah terpenuhi kebutuhan belanja operasionalnya. Selain itu, jika sebelumnya dana BOS yang disalurkan rawan disalahgunakan karena kurangnya transparansi. Dengan menggunakan SIPLah, harapannya bisa mendorong peningkatan transaksi secara elektronik sehingga transaksinya bisa tercatat dan bisa dipantau oleh pihak-pihak yang berkepentingan.

2.Dokumentasi yang Transparan

Dengan meningkatnya transaksi elektronik yang dilakukan sekolah, maka dokumentasi elektronik dari setiap transaksi tersebut akan menciptakan transparansi dan akuntabilitas keuangan sekolah. Dengan tata kelola keuangan yang baik, diharapkan mampu menciptakan efisiensi anggaran sekolah karena banyaknya pilihan penyedia yang ada di SIPLah. Selain itu, peluang ini tentu akan menjadi kesempatan buat UMKM di setiap daerah untuk memasarkan produknya.

Informasi Mengenai SIPLah

Tanggal 3 September 2021, Kemendikbudristek melalui Pusdatin (Pusat Data dan Teknologi Informasi) telah melakukan penandatanganan Kontrak dengan 18 Mitra SIPLah Periode 2021-2023. 18 Mitra tersebut adalah PT Air Mas Perkasa, PT Bengawan Cable Vision, PT Buka Pengadaan Indonesia, PT Deka Sari Perkasa, PT DataScrip, PT Emaro Online Indonesia, PT Eureka Bookhouse, PT Global Digital Niaga, PT Intan Pariwara, PT Ladang Karya Husada, PT Masmedia Buana Pustaka, PT Mitra Edukasi Nusantara, PT Omah Teknologi Indonesia, PT Pesona Edukasi, PT Sandiarta Sukses, PT Temprina Media Grafika, PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, serta PT Telekomunikasi Indonesia.

Bagaimana Keuntungan Berbelanja dengan menggunakan SIPLah?

Setelah kita mempelajari tentang apa itu SIPLah, sekarang kita akan mempelajari beberapa keuntungan berbelanja dengan menggunakan SIPLah.

  1. Alur pembelanjaan dijamin sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  2. Lebih banyak pilihan mitra pasar dan penyedia.
  3. Lebih banyak pilihan mitra pengiriman.
  4. Memiliki fitur yang lebih lengkap, termasuk pembatalan transaksi, aduan, serta dashboard pemantauan status transaksi.
  5. Membantu sekolah melakukan pengadaan yang transparan, aman, dan mudah.
  6. Turut membuka kesempatan bagi pelaku UMKM daerah untuk berpartisipasi.

Peta Network juga sudah termasuk dalam penyedia barang di SIPLah. Jika membutuhkan perangkat jaringan dan segala aksesorisnya bisa langsung kami layani melalui SIPLah.

Artikel Lainnya

Mail Server: Pengertian, Protokol, dan Cara Kerjanya

Pada masa modern seperti ini alat komunikasi sangatlah beraneka ragam, dengan menggunakan jaringan internet anda dapat berkomunikasi dengan cepat dan mudah. Contohnya berkomunikasi melalui e-Mail lantas bagaimana alat komunikasi e-mail tersebut bisa bekerja ? Mari kita simak !

Read more »

Mau Konsultasi?

Kami telah melayani berbagai jenis pekerjaan di berbagai kota di Indonesia, 
tim kami siap untuk membantu memberikan solusi setiap permasalahan IT anda.