Info Singkat Seputar Kesehatan Komputer


Sebelumnya kita sudah membahas tentang virus malware dan ransomware, kita juga mempelajari bagaimana cara mencegah agar komputer kita terhindar dari virus tersebut .

Apakah anda sudah merasakan sebuah performa komputer yang lebih baik? Sebagian orang mungkin sudah merasakannya termasuk anda, namun sebagian lagi ada yang masih mengalami penurunan performa. Lalu , bagaimana bisa terjadi demikian? Apa penyebabnya?

Mari kita bahas dalam artikel ini ,

Penyebab penurunan performa komputer

Selain virus , penurunan performa komputer juga terjadi karena kesehatan hardware yang semakin lama semakin menurun dari waktu ke waktu. Kesehatan hardware juga sangat berpengaruh dalam performa komputer, setiap hardware memiliki lifetime atau umur pakai. Semakin sering kita memakai komputer kita maka akan berkurang juga lifetime pada hardware tersebut. Maka dari itu kita harus sering-sering mengecek keadaan hardware yang kita miliki.

Bagaimana caranya?

A. Cek langsung dari Windows 10

Windows 10 memberikan kemudahan bagi penggunanya yang ingin mengetahui kesehatan perangkat yang digunakan. Mulai dari kesehatan harddisk, aplikasi hingga masa pakai baterai bisa dipantau dengan mudah dan cepat.

Windows Security memiliki fitur Device Performance & health yang khusus untuk mengetahui kesehatan perangkat yang menggunakan Windows 10.

Cara untuk memantau kesehatan komputer pada windows 10, yaitu :

  1. Buka aplikasi Windows Security
  2. Klik pada bagian Device Performance & health, nanti akan otomatis muncul status kesehatan komputer anda.

B. Di sini kita menggunakan 2 software yaitu HDDSentinel & Aida64 Extreme, HDDSentinel & Aida64 adalah freeware jadi gratis untuk di download. Anda bisa mengunduhnya di url ini.

HDDSentinel : https://www.hdsentinel.com/
Aida64 Extreme : https://www.aida64.com/downloads

Setelah mendownload dan melakukan instalasi kedua software tersebut mari kita cek kesehatan hardware yang kita pakai.

1. HDDSentinel

Adalah software untuk mengecek kesehatan harddisk anda, pada aplikasi ini kita bisa melihat kesehatan harddisk dan suhu pada harddisk. Semakin tinggi suhu pada harddisk kita maka akan semakin memperpendek umur harddisk.

 


2. AIDA64 Extreme

Adalah software untuk mengetahui detail informasi software maupun hardware pada komputer, dengan tampilan yang sederhana para pengguna bisa dengan mudah memahami software ini.

Nah , bagaimana apakah anda sudah mengecek kesehatan hardware anda ?
Jika hardware anda mengalami masalah maka performa komputer anda akan menurun , solusi nya adalah dengan mengganti hardware anda dengan yang lebih baru dan lebih Up to Date . Dengan pemakaian wajar maka lifetime dari hardware anda akan semakin awet juga .