Apakah itu CCTV ?

CCTV adalah singkatan dari Closed Circuit Television, yang memiliki arti menggunakan sinyal buatan tertutup tersembunyi atau rahasia , tentu saja berbeda dengan sinyal siaran TV biasa. CCTV menggunakan kamera video untuk menampilkan dan merekam gambar pada waktu dan tempat di mana pun perangkat dipasangkan.

CCTV banyak digunakan untuk sistem keamanan suatu tempat seperti rumah maupun sebuah perusahaan bandara, militer, kantor, pabrik, dan toko.

Adapun fungsi CCTV menurut penempatan posisi kameranya, yaitu

  1. Menakuti Pencuri, biasanya kamera akan dipasang di tempat yang mencolok, seperti gerbang, teras rumah, dsb. Jadi diharapkan pencuri akan langsung melihat bahwa ada kamera CCTV mengintai, yang akan mengurungkan niat pencuri tersebut.
  2. Menangkap Pencuri, biasanya kamera akan dipasang di tempat yang tersembunyi guna merekam wajah pencuri kemudian menangkapnya

C:\Users\Peta Network\Pictures\back-to-base-1.jpg

Sebagai sistem keamaan CCTV terdiri dari beberapa bagian , yaitu sebagai berikut .

Perangkat CCTV .

1. CAMERA

C:\Users\Peta Network\Pictures\CCTV\cctv-outdoor-camera-500x500.jpg

Seperti yang sudah kita kenal camera CCTV memiliki fungsi sebagai pengambil gambar .
Kamera CCTV terdiri dari berbagai macam ukuran yang dibedakan dalam hal performa, kualitas dan pemakaian. Untuk kategori utama meliputi :

  • Camera CCTV Network ( IP CAM )

Merupakan kamera yang menggunakan teknologi wireless ( Tanpa Kabel ), menjadikan IP CAM sebagai kamera yang efektif dan tidak memakan biaya yang terlalu banyak. IP CAM juga memberi kemudahan penggunanya untuk akses dimana saja dan kapan saja.

  • Camera CCTV Analog

Merupakan kamera yang menggunakan kabel sebagai media taransmisinya. Kamera ini sudah banyak dipakai oleh instansi maupun di rumah – rumah. Kabel dari kamera akan menancap semua ke DVR yang telah ditentukan untuk menampilkan rekaman. CCTV Analog saat ini banyak yang sudah mendukung internet. Yang menjadikan CCTV dapat diakses dari mana saja

  • Dummy CCTV / Kamera Palsu

Biasa disebut Fake Security Camera, digunakan untuk menakuti pencuri yang hendak melakukan aksinya. Dipasang di tempat yang mencolok agar para pencuri mengira bahwa kamera sudah merekam wajah dan aksi mereka.

  • Standalone CCTV

Merupakan kamera yang berdiri sendiri tanpa menggunakan DVR. Biasanya kamera ini menggunakan koneksi internet sebagai media transmisi. Dengan menggunakan aplikasi yang sudah disediakan oleh produsen kamera, pengguna dapat dengan mudah mengakses kamera dimana saja dan kapan saja.

2. DVR

C:\Users\Peta Network\Pictures\CCTV\DVR-08-04-HD-DVR.png

DVR ( Digital Video Recorder ) adalah perangkat elektronik yang merekam video menjadi format digital ke media DVD, flash drive USB, kartu memori SD, SSD atau perangkat penyimpanan massal baik lokal atau jaringan lainnya.

DVR dalam bidang keamanan adalah perangkat penyimpan rekaman video CCTV berkualitas tinggi secara terus menerus tidak peduli berapa pun panjangnya. Tergantung pada ukuran hardisk-nya, sebuah DVR mampu merekam selama beberapa hari sampai beberapa bulan.

3. Hard Disk Drive (HDD)

C:\Users\Peta Network\Pictures\CCTV\HDD.jpg

merupakan media penyimpanan data dari gambar video yang telah direkam.Hard Disk Drive dipasang di dalam DVR. Semakin besar kapasitas HDD maka semakin panjang pula proses perekaman yang dapat dilakukan oleh CCTV tersebut.

4. Coaxial Cable

C:\Users\Peta Network\Pictures\CCTV\cctv-coaxial-cables-500x500.jpg

Ini adalah kabel yang merupakan kabel penghantar signal video dari kamera CCTV ke DVR, atau sebaliknya dari DVR ke monitor.

5. Power Cable

C:\Users\Peta Network\Pictures\CCTV\svdcext100vt.jpg

Kabel ini diperlukan apabila kabel kamera CCTV yang disediakan tidak cukup panjang untuk menjangkau sumber listrik terdekat.

6. BNC Connector
C:\Users\Peta Network\Pictures\CCTV\41HKca0ushL._SX425_.jpg

Adalah konektor yang dipasang pada kabel coaxial.

Setelah mengetahui informasi tentang CCTV seperti yang dijelaskan diatas , Apakah Anda berminat untuk menggunakan CCTV sebagai sistem keamaan anda ? .
Kami sangat menyarankan kepada anda untuk menggunakan CCTV karena sangatlah bermanfaat bagi anda sendiri maupun orang disekitar anda .

Jika memang anda sudah mulai memiliki minat untuk menggunakan CCTV , maka anda sekarang bertanya-tanya “CCTV seperti apa yang cocok untuk saya gunakan ?” .

Disini kami menyarankan anda untuk memasang CCTV jenis IP CAM , kenapa ? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut mari kita mengenal sedikit tentang IP CAM sendiri .

C:\Users\Peta Network\Pictures\harga-jual-produk-spesifikasi-review-spc-smartcam-hd-ip-cam-360-moving-camera-cloud-malang.jpg

Prinsip kerja IP CAM berbeda dengan CCTV , jika CCTV mengandalkan sinyal analog sebagai media transmisi data dari video recorder ke penampil utama , maka IP CAM mengandalkan sinyal internet .

Kelebihan IP CAM dibanding jenis CCTV lain yaitu :

  1. Sudut pengambilan gambar yang lebih luas daripada CCTV Analog
  2. Mampu menyimpan hasil rekaman lebih lama sehingga membuat Analisa Video lebih mudah dilakukan
  3. Efisiensi , Jika CCTV Analog memerlukan kabel DVR dan lain lain maka IP CAM hanya memerlukan kabel untuk power supply karena IP CAM memanfaatkan teknologi wireless tanpa ada kabel serta tidak memerlukan DVR . 

Nah maka dari itu kami sangat menyarankan anda untuk menggunakan IP CAM sebagai sistem keamanan anda karena memiliki banyak kelebihan dan manfaat bagi anda .

Jadi , bagaimana apakah anda berminat untuk menggunakan IP CAM sebagai sistem keamanan anda ?