Komputer anda terinfeksi Virus ? Yuk kenali ciri-ciri dan penanganannya !

Komputer bisa dengan mudah terinfeksi oleh virus. Banyak penyebab yang membuat computer terinfeksi oleh virus, mulai dari jaringan computer maupun saat transfer file. Di jaringan computer bisa terjadi saat kita melakukan download, menekan menu-menu download yang terlihat, tanpa menyadari bahwa yang didownload adalah virus. Begitu juga saat transfer file, tidak mengecek terlebih dahulu perangkat yang digunakan apakah terinfeksi oleh virus atau tidak. Semua itu mengakibatkan computer terinfeksi virus yang akhirnya menumpuk dan mempengaruhi kinerja computer. Yuk kenali ciri-ciri computer yang terinfeksi oleh virus

  1. Memory pada drive tiba-tiba menyusut
  2. Banyak file yang rusak / corrupt
  3. Kinerja computer melambat
  4. Computer sering restart sendiri
  5. Beberapa program error, tidak berjalan seperti biasnya
  6. Muncul notifikasi dengan Bahasa aneh
  7. Kemunculan file yang tidak diketahui sebelumnya

Sekarang kita akan membahas penanganan untuk virus yang telah bersarang pada computer kita, yuk simak cara-cara berikut ini :

  1. Dengan Menggunakan Antivirus

Banyak antivirus rekomendasi yang mampu menghilangkan virus dan juga memproteksi computer anda dari serangan virus. Mulai dari antivirus default dari windows 10, yaitu Windows Deffender, atau Avast, Smadav, Kapersky, dll. Jangan lupa untuk selalu update antivirus jika ada pembaruan untuk memproteksi dari virus-virus baru yang muncul.

      2. Mematikan Proses yang tidak normal / mencurigakan melalui Task Manager

Tekan CTRL + SHIFT + ESC untuk membuka menu task manager, cari aplikasi / layanan yang berjalan mencurigakan, setelah ketemu klik kanan kemudia End Task.

  1. Windows Recovery

Konsep dari recovery ini adalah mengembalikan keadaan suatu objek ke keadaan semula / settingan pabrik. Recovery ini hanya berlaku untuk perangkat lunak seperti sistem operas, data yang tidak sengaja terhapus, dsb.

Recovery biasa digunakan jika kinerja computer dirasa melambat dan sering hang. Cara ini juga bisa digunakan untuk menghapus virus yang telah bersarang di computer anda.

  1. Format Partisi

Jika sudah tidak ada data yang diperlukan pada partisi Harddisk anda, Format Partisi mungkin bisa membantu anda untuk memberantas virus yang bersarang di perangkat anda. Cara ini akan menghapus semua data yang ada pada partisi Harddisk anda termasuk virus yang ada pada partisi tersebut.

  1. Install Ulang

Jika ke – 4 langkah diatas masih gagal, maka cara berikutnya adalah Instal Ulang. Dengan menginstal ulang sistem operasi anda, maka tampilan maupun sistem pada computer anda akan terasa seperti baru, virus juga akan hilang mengikuti proses format sistem anda saat install ulang. Sebelum install ulang, lakukan backup terlebih dahulu pada data-data yang dirasa penting.

Sekian penjelasan tentang ciri-ciri & penanganan computer yang terinfeksi Virus. Semoga Bermanfaat !