cara kerja VPN

Pasti anda sudah tidak asing dengan kata-kata VPN , nah apakah anda sempat berfikir bagaimana cara kerja VPN sehingga bisa kita gunakan dalam berselancar di dunia Internet ? .

Sebelum menjawab pertanyaan anda mari kita ketahui , sebenarnya VPN itu apa dan apa pengertiannya .

VPN singkatan dari Virtual Private Network merupakan jaringan pribadi dan tidak diakses untuk umum ( Private ) . Tentu saja jaringan pribadi ini menggunakan jaringan internet untuk menghubungkan antar remote-site dengan aman . VPN sebenarnya memiliki fungsi yang sangat sederhana yaitu untuk memberikan hubungan yang aman antara jaringan pribadi yang terhubung melalui internet .

Ada 2 kata yang perlu kita garis bawahi :

  • Virtual ( Network )

Merupakan jaringan yang bersifat virtual. Tidak ada koneksi yang jaringan yang bersifat rill antara 2 titik yang saling berhubungan.

  • Private

Merupakan jaringan yang terbentuk secara pribadi sehingga tidak semua orang bisa mengakses nya . Serta memiliki fitur enkripsi data meskipun lewat jaringan public .

Berikut Cara Kerja VPN :

cara kerja VPN
  • VPN butuh sebuah server yang berfungsi sebagai penghubung antar PC dan Server VPN yang bisa berupa komputer dengan aplikasi VPN Server atau sebuah Router
  • Untuk memulai sebuah koneksi, komputer dengan aplikasi VPN Client mengontak Server VPN , VPN Server kemudian memverifikasi username dan password , jika berhasil maka VPN Server memberikan IP Address baru pada komputer client dan selanjutnya sebuah koneksi / tunnel akan terbentuk.
  • Untuk selanjutnya komputer client bisa digunakan untuk mengakses berbagai resource (komputer atu LAN) yang berada dibelakang VPN Server misalnya melakukan transfer data, print dokumen , browsing dengan gateway yang diberikan dari VPN Server, melakukan remote desktop dan lain sebagainya.

Jadi , menggunakan VPN adalah cara aman dalam berselancar di dunia Internet karena bersifat private dan setiap data yang kita kirim maupun kita terima di enkripsi .